Sabtu, 06 Januari 2007

Squ Disiram Air Cucian Kotor

Di antara temen2 di KPP Sidoarjo, ada sebuah cerita lucu yg sering diungkit2 bila melewati sebuah wilayah di jalan antara Sidoarjo-Krian. Suatu hari temenku WC (duuh kok inisialnya jd begini sih, pdhl nama aslinya bagus! udah2 nama asli aja). Suatu hari temenku si Wicaksono berkendara di jalan itu, tiba2 matanya menatap sebuah pemandangan janggal di pinggir kali. Ada orang, lagi jongkok, pake kaos. Biasalah posisi org punya hajat di sungai. Tapi kaosnya itu lho, itu kaos seragam olahraga KPP Sidoarjo!! Dan ternyata yg lagi buang hajat di pinggir kali adalah temen kami di KPP (rumahnya emang dkt2 kali situ). Dan Wicak pun langsung menceritakan berita duka ini ke temen2 di kantor hihihi.




Selanjutnya, kalo kami lewat di TKP (tempat kejadian per-beol-an) situ, temenku yg ketangkep basah pake kaos olahraga itu suka disindir2, diikuti gelak tawa yg lain. Wekekekek aib aib hihihi. Mana dipublish pula di blog.




Tapi postingan kali ini ngga ada hubungannya kok ama prolog di atas. Eh ada ding, soal lokasinya. Jd gini, waktu itu hujan agak deres. Mobilku melaju kencang di jalan Sidoarjo-Krian situ. Bego nya aku adalah, udh jelas jalanan situ sempit, tp kok masih ngebut. Padahal lagi hujan. Hmmh... penyesalan selalu dtg terlambat.




Tanpa disengaja, banku melindas genangan air di pinggir jalan. Jbyuuuuurrr.... air terangkat tinggi. Tepat di depan warung tenda jualan bakso. Kalo di slow motion, aku bs liat waktu itu si penjual sedang menuang kuah baksonya ke mangkok, panci baksonya terbuka sementara di sampingnya ada sang pembeli berdiri ngeliatin bakso bulet2 di dlm panci. Pemandangan selanjutnya aku udh ga liat lagi. Mobilku terus melaju kencang.




Astaghfirulloh. Apa yg baru kulakukan.
Aku ga punya nyali untuk berhenti, kembali ke warung bakso tadi  dan minta maap. Yang jelas mereka pasti basah. Si penjual dan si pembeli jelas basah. Tendanya basah. Dan yang parah, mungkin baksonya segerobak jg kena. Dan itu berarti bisa saja dia batal jualan hari itu.
Astaghfirulloh.
Astaghfirulloh.
Squall Stupid! Iya--
Squall O-on! Iya--




Life must go on. Penyesalan tinggal penyesalan, karena beberapa saat kemudian (ga lama kok, mgkn seminggu atau sebulan kemudian) ada kejadian sejenis yg menimpaku.




Suatu sore sepulang kerja, aku turun dari bus di terminal mojoagung. Lalu nyebrang jalan ngambil sepeda motor di penitipan 24 jam. Keluar dari penitipan, aku lalu belok kanan, jalan di sebelah kanan sambil nengok2 ke belakang krn mau nyebrang. Jelas ga ya deskripsiku? Pokoknya saat itu aku naik motor berada di jalur yg tidak seharusnya alias di kanan jalan.




Tiba2 ada org keluar dari warung nasi di depanku, bawa bak berisi air kotor bekas nyuci piring. Dia ga melihatku, krn arahku emang dari sebelah kirinya, sementara dia membelakangi aku. Aku sempet tertegun, ketika air kotor itu tiba2 disiramkan, byooorrrrr.... tepat di atas kepalaku.




"Lho.." terdengar suara kaget org itu.
Motorku terhenti. Kepala, muka dan badanku basah kuyub kena air kotor. Mungkin seharusnya aku lgsg turun dr motor dan memaki2 org itu, atau ngga, langsung aja kujotos mukanya ala tinju Chris Jan dan kesaktian Mbah Marijohn. Tapi engga. Aku ga gitu. Aku cm senyum2 aja melihat diriku sendiri. Tanpa marah, tanpa dendam. Dan tanpa menoleh ke orang itu, tanpa berkata apa2,  motor kujalankan lagi meninggalkan org itu.




Kejadian yg menimpaku cm hal keciiiil dan remeh dibanding dosa yg kulakukan ama si penjual bakso waktu itu. Ga bisa ditebus,, hiks. Astaghfirulloh. Moga2 kejadian ini ga terjadi lagi, ga terulang kembali padaku, keluargaku dan teman2ku semua.




Eh tau ga, kenapa kita dianjurkan untuk melupakan amal kebaikan yg udah kita lakukan dan mengingat2 kesalahan yg pernah kita perbuat?




Karena amal kebaikan yg udah kita lakukan itu belum tentu diterima Allah SWT, jd ngapain diinget2 lagi. Lakukan dengan ikhlas, titik. Jangan diinget2 lagi, apalagi diperbincangkan ama org lain.




Sedangkan kesalahan harus diingat2 supaya dari kesalahan itu kita bisa belajar sesuatu, mengambil hikmahnya dan tidak mengulanginya lagi.




Tulisan yg agak2 melow dan sok serius ya. Hehehe ngga ada maksud menggurui apa2 lho ya, cm share doang. Ya udah besok posting yg ancrut2 lagi hehehe :P


4 komentar:

  1. wah wah pak haji oma lagi berdakwah neh...ckckckc...sipp..tumben mas..kali ini lo bijak gitu lagi ada sayapnya yah hehehhehe

    BalasHapus
  2. hiks.....
    ichal jadi terharu....
    ;_)

    BalasHapus
  3. Ar, gara2 baca blog loe! bete gue berkurang hari ini

    BalasHapus
  4. widi: tampang gw ky oma y?hoek2
    ichal: suit2
    budi: wow tsanjung neh

    BalasHapus