Kamis, 13 Oktober 2011

Sebuah Cerita Yang Membuatku Cinta

Aku emang tipe org yg seneng bercerita. Kalo bisa sih kukemas lucu. Dulu jaman SMA kelas satu di Jombang, hampir tiap istirahat suka nongkrong ama temen2 sekelas, trs aku yg duduk di tengah bagian cerita2. Joke2 lucu gitu deh. Yang lain ngumpul dengerin, trs ngakak2 bareng. Bahkan pernah suatu hari jam istirahat aku sengaja ga keluar kelas, eh ada temen yg teriak2 di luar, "Yan ayo dienteni arek2 iki." (yan ayo ditungguin anak2 nih, buat cerita2 lg maksudnya hihihi).

Pernah suatu hari ada temen yg nyariin aku, "Sodaraku sakit." katanya kepadaku, "Kamu ngga ada cerita lucu lagi ta? Yuk kita maen ke rumah nya biar terhibur." Astaga, sayang sekali waktu itu aku cm mesem2 dan gak menanggapi permohonannya. Padahal kan seru ya kalo bs bercerita ke orang lain yg lucu2. Barangkali bs sedikit menghibur, pelipur hati yg lara.


Atau kalo ada kejadian lucu yg dialami aku dan temenku, maka ketika anak2 lain minta diceritain, temenku tadi akan bilang, "Koen ae Yan sing cerito, nek koen sing cerito mesti lucu." (kamu aja deh yang cerita soalnya pasti lucu) hwehehehe. Dan hingga sekarang budaya berceritaku ngga pernah berhenti ya. Dari blog ke blog, hingga skrg nulis notes ga penting di facebook.

Ternyata, hobi ku bercerita juga diimbangi dengan kesenenganku mendengarkan cerita orang lain. Aku emg suka mendengar. Suka ketika orang lain berbagi cerita, karena siapa tau aku akan mendapatkan banyak masukan dr cerita orang lain.

Dan di antara cerita2 sehari2 gitu, aku paling suka mendengarkan cerita Mama K soal murid2 ngajinya. Tiap pulang kantor, aku selalu nanya, "Ada cerita apa Ma?" itu sebenarnya maksudku nanya soal murid2 ngajinya yg lucu2 hehehehe.

Di deket rumah kami ada sebuah musholla. Di situ lah tiap pagi sepulang sekolahnya Kevin, Mama K mengajar ibu2 tetangga2 rumah kami. Ibu2 yang sebelumnya sibuk di dapur, atau mgkn rumpi2 ama tetangga, sekarang banyak melewatkan waktunya dengan ngaji dan tadarus Qur'an, alhamdulillah. Mama K banyak bercerita ttg bu ini bu itu, lucu2 ceritanya.

Sedangkan sore hari, sekitar jam empat, Mama K ngajar ngaji anak2 kecil. Kenapa kok anak2 kecil itu ngga ngaji di TPQ Darus Surur, tempat sebagian besar anak2 di kampungku belajar mengaji? Soalnya di TPQ itu muridnya banyak sekali dan udah gede2. Anak2 kecil yang ngaji di Mama K itu emang anak2 kecil banget. Umur 3 tahun sampe 5 tahun gitu deh. Eh tp ada juga ding yang udah SD tp ngga banyak. Mereka manggil Mama K dengan sebutan "Ummi" (ibuku).

Nah namanya anak kecil, sejak jam setengah empat gitu mereka udah pamit dari rumah masing2. Saling dulu2an ke musholla untuk ngaji. Siapa yang dateng duluan ya dia itu yg nomer urut ngajinya duluan. Kadang rebut2an aku dulu aku dulu.
Kebetulan waktu itu ada aku.
"Aku dhisik bah."
"Gaaak aku dhisiiik."

Wah pada bertikai, sehingga terpaksa abah ganteng yg turun tangan melerai mereka. "Udah2 nomer satu Putera, nomer dua Dwi, nomer tiga Rio.." dst aku mengurutkan. Semua pun nurut.

Gak lama Kevin nongol, dan nomer urutpun jadi berantakan lagi.
"Nomer satu Kevin, nomer dua Putera, nomer tiga Dwi, nomer empat Rio.." dst. Semua pun menerima keputusanku dengan senyum2 puas. Eh ga lama kemudian dateng si Laili, telaaat banget. Anak2 kecil lain pada ngakak2 ngetawain Laili. "Laili nomer dua puluh sembilan!" kataku. Padahal waktu itu yg dateng baru tujuh anak kalo ga salah. Anak2 lain pun lgsg ngakak2 guling2.

Jadilah nomer dua puluh sembilan dikenang2 sebagai nomernya si Laili. Bahkan suatu hari aku dan Kevin ke pasar baru berdua, eh Kevin liat angka 29 di pintu sebuah toko, "Pa pa itu kaya nomernya Laili." kata K sambil ngekek2. Hihihihi masih inget aja ama banyolanku.

Eh btw, kenapa Kevin selalu nomer satu, dan anak2 kecil lain ga protes?
Hihihi maklum anaknya Ummi, jd yang lain ga berani protes deh.
"Kenapa sih K kok kamu selalu nomer satu, pdhl datengnya suka telat?" tanyaku suatu hari.
"Lha mama iku lho mesti nyuruh aku duluan." kata K membela diri. Ya sudahlah biarin aja.


Kemaren Mama K cerita ttg murid barunya, cewek kecil umur 3 tahun. Hari pertama ngaji, baru dikenalin hurup alip, "Gini ini baca nya A. Apa?" Tuh anak diem aja.
"Iku lho koyo sampean tuku pentol, lak ono sunduke, iku wocone A."
(itu lho kaya kamu waktu beli bakso kan ada tusuknya lidi, nah itu bacanya A)
Tuh anak tetep diem aja.
"Yo wis ummi ae sing ngaji yo."
(ya udah ummi aja yg ngaji ya)

Mama K pun nunjuk2 hurup2 di bukunya, dan dibaca2 sendiri A..A..A..A..
"Wis mari. Tapi mene sampeyan muni nggih?"
(dah selesai, tapi besok kamu mau bersuara ya?)
Anak itu ngangguk.
"Ayo tos." Mama K menyodorkan telapak tangannya untuk gimme five.
Anak kecil mungil itu tos tangan Mama K.
Hihihihi sueneng aku.

Aku mendengarkan cerita nya Mama K seneeeng banget.
Mama telateeen banget sih kalo ngajar.
Love you, Ma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar