Jumat, 30 Maret 2012

Lagu-lagu Favorit 16 Jam Sehari

Fulan bangun tidur karena alarm di hp nya berbunyi. Nada deringnya adalah lagu favoritnya yg sedang populer saat ini. Fulan kemudian cuci muka, pake sepatu lalu jogging. Kantongin ipod di celana, lalu pasang earphone. Fulan pun berlari kecil sambil dengerin lagu2 top forty yg sedang digandrungi saat ini. Baik lagu Indonesia yg suka nongol di Dahsyat, Ampuh, Inbox, Klik. Ataupun lagu2 barat maupun lagu Korea. Kira2 sejam lah dia lari muter2, kira2 menempuh jarak 8 kilometeran.

Sampe rumah, Fulan mandi. Di kamar mandi Fulan bernyanyi2, bersiul2 lagu favoritnya yg lain.
Setelah rapi jali, Fulan kemudian masuk mobil dan berangkat kerja. Kalo pas bawa mobil, dia puter tuh mp3. Atau kadang dia pilih puter radio FM yg lagunya terkenal baru2. Kalo pas naik motor atau kendaraan umum, Fulan pasang lagi ipod di kupingnya.


Sepanjang jalan ia pun ditemani alunan2 lagu populer, sambil mulutnya berdendang lirih, mengikuti suara penyanyi aslinya, sambil kepalanya agak goyang-goyang, kadang manggut-manggut, kadang nengok-nengok. Tergantung lagunya. 

Di kantor, Fulan kerja menghadap laptop. Begitu duduk dan buka internet, yg dicari adalah download mp3 atau cari lirik lagu. Lalu buka winamp, pilih2 lagu. Playlist mana yg diputer hari ini. Kadang pake earphone, kadang juga pake speaker, lagu membahana di seluruh ruangan. Seisi ruangan ikut menikmati lagu2 baru. Semua orang pun tau, Fulan lah trendsetter musik di kantor itu. Lagu apa yg lagi diputer Fulan, itu lah lagu yg skrg populer dan digemari. Kalo siang waktu jam makan siang, kadang Fulan dan temen2nya sekalian mampir karaoke-an dulu.

Seharian Fulan terhibur oleh lagu2. Bukan cuma tau lagu baru, tapi Fulan juga hafal lagu2 itu di luar kepala. Ngga salah kalo Fulan pun mendapat cap gaul dari teman2nya, dan Fulan bangga akan hal itu. Setelah sore, Fulan pulang. Seperti waktu berangkat, sepanjang perjalanan pun Fulan menikmati lagu2, hingga Fulan sampai di rumah.

Di rumah pun, Fulan nonton tv, ternyata yg dilihat pun MTV, atau Channel [V]. Kenapa gitu? Supaya Fulan bukan cuma tau lagu baru, tapi juga tau video klip nya. Atau kalo ngga gitu, buka laptop lagi puter youtube, cari video clip2. Sampe akhirnya Fulan ngantuk dan tidur. Hingga besok pagi Fulan bangun tidur karena alarm di hp nya berbunyi. Nada deringnya adalah lafu favoritnya yg sedang populer saat ini. Begitu terus.

Dari pagi sampe pagi lagi, kehidupan Fulan hanya di isi lagu-lagu-lagu. Musik-musik-musik. Lagu-lagu-lagu. Musik-musik-musik. Ibarat kata, si Fulan ini bener2 menguasai tangga lagu pop dalam negeri maupun manca negara deh.
Ketika dia galau, dia langsung ingat lirik lagu2 melow. Lalu dia dengerin sepenuh hati. Dan hatinya pun menjadi terhibur. Ketika dia senang, dia langsung inget lirik lagu2 ceria. Lalu dia dengerin sepenuh hati. Dan hatinya pun terhibur.
Musik dan lagulah tempatnya kembali.

Mari kita bandingkan dengan firman Alloh Ta'ala berikut ini:
Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (QS. Al Baqarah: 152)

Ketika Fulan bangun tidur, jogging, dalam perjalanan, ngantor, pulang, hanya lagu yg dia ingat. Ketika dia berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, hanya lagu2 lah yg menemani.

Mari kita bandingkan dengan firman Alloh Ta'ala berikut ini:
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (QS. Ali Imran 190)
 Ups? Siapa itu orang2 yg berakal?

 (Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Ali Imran 191)

Ikhwatal Islam rohimakumullah.
Telinga adalah salah satu tempat masuknya berbagai sumber informasi, yg kemudian masuk terekam di kepala kita. Jika setiap saat telinga ini dimasuki lagu, maka lagulah yg memenuhi isi kepala kita.
Lalu,
bagaimana dengan hafalan Al Qur'an si Fulan?
Dengan kondisi yg begitu duniawi saat ini, sungguh sulit menghafal Al Qur'an jika tidak terus muroja'ah setiap hari. Atau hafalan kita akan lepas seperti onta yg lepas dari ikatannya.
Lalu bagaimana dengan amalan2 sholih-nya? Bagaimana bisa tau yg haq dan yg bathil jika setiap hari tidak pernah belajar dan tidak mengamalkan apa yg dipelajarinya?

Ketika semua orang ditanya apakah menginginkan surga atau neraka, tentu akan jawab surga. Bahkan orang kafir pun ketika ditanya begitu, juga akan menjawab surga.
Namun ternyata kita tidak benar2 berusaha untuk meraih rahmatNya.

Kita lebih sibuk memenuhi waktu 16 jam kita (24 jam dikurangi tidur) dengan mendengarkan lagu-lagu favorit. Kita lupa muroja'ah. Kita lupa menimba ilmu. Kita cuma dapet 'dianggep gaul' doang dari temen2, dan itu ngga akan jadi apa2 ketika nanti ditanya di padang mahsyar, untuk apa umur kita habiskan di dunia.
Mari direnungkan lagi. Selamat berjuang ya akhi wa ukhti fillah. Semoga bermanfaat.
Allahul musta'an.

2 komentar:

  1. ini fulan pasti masih bujangan ini
    bisa milih lagu untuk didengerin sepuasnya
    kalo udah punya anak biasanya lagunya jadi menyesuaikan dgn selera anak


    *katanya sekarang lagu iwak peyek mas yg sedang hot.. :D

    BalasHapus
  2. @hikari: kayanya anak skrg lagu2nya jg ikutin lagu nya org dewasa sih :D
    td pagi kevin crt ttg sepupunya, "Mbak gita itu senengan nya (girlband) blink dan ngapalin Al Qur'an."
    trs aku blg, "kalo km hafalin lagu2, yg ada hafalin Quran mu ilang. kalo km hafalin Quran, lagu2 mu yg ilang. pilih mana?"
    Kevin bilang, "Yo pilih ngapalin Qur'an Pa, gawe sangu di akherat (buat bekal di Akhirat)."

    BalasHapus