Kamis, 19 April 2012

Ngaji Di Langgar Lor

Kalo temen2 main ke kampungku di sini nih, hanya akan menjumpai satu TPA (Taman Pendidikan AlQuran) saja. Yaitu TPA Darus Surur, yg dipimpin oleh Ustad Na'im. Beliau ini lulusan Pondok Langitan, dan saat ini aktif mengajar di MTs Pondok Darul Ulum Jombang.

Dulu, sekitar tahun 2003 gitu deh, kami seluruh warga kampung bergotong royong membangun TPA ini, hingga kami akhirnya punya sebuah bangunan yang layak digunakan anak2 ngaji, di tanah waqaf yg letaknya tepat berada di samping masjid. Saat ini sih kalo ngga salah muridnya seratusan lebih.
Tapi tulisan ini ngga bercerita tentang TPA Darus Surur.

Tulisan ini bercerita tentang anak2 ngaji di langgar lor, sebutan bagi mushola kecil yg letaknya di sebelah rumah kami. Mama K emang seneng ngajar ngaji sejak dulu. Bahkan konon katanya sejak jaman masih sekolah. Ketika kemudian kami pulang ke home base setelah melanglang buana dari luar jawa, Mama K pun kembali ngajar ngaji di rumah. Selain anak2 kecil yg jadi murid ngajinya, ada juga remaja2 dan ibu2 rumah tangga di sekeliling rumah kami yg belajar ngaji dari iqro' sampe khatam Al Qur'an.

Makin lama murid ngajinya kok bertambah. Ruang tamu pun mulai ga cukup. Karena itu lah ngajar ngajinya pindah ke langgar lor. Salah satu ibu2 yg juga muridnya mama K ikut bantu2 ngajar ngaji di situ. Karena kelasnya dibagi dua: anak2 Iqro' dan anak2 Al Qur'an, maka anak2 Al Qur'an juga diberi kewajiban piket untuk bantu ngajar anak2 Iqro'. Jadi selain belajar, juga mengajar. Untuk setoran hafalan surat2 pendek Qur'an juga mereka saling menyimak satu sama lain. Ntar baru disetor ke Mama K atau ke aku.

Lha terus, omsqu bagian apa?
Hihihi aku sih kadang2 aja bantu2. Ngasih tausiyah ke anak2 kecil, bagian mimpin doa, ngajar ilmu hadits kalo hari sabtu dan minggu khusus kepada anak2 Al Qur'an. Hadits ngajar apa om? Ya tentang sanad itu apa, matan itu apa, tentang imam2 periwayat hadits, derajatnya hadits itu apa aja. Biar jadi bekal dasar buat mereka kelak dewasa. Terus setelah itu mendiktekan hadits2 tentang perilaku sehari2, seperti adab makan, minum, berpakaian dsb. Setiap bulan, Insya Alloh diadakan ulangan, sebagai evaluasi atas pelajaran hadits tsb. Yang dapet nilai 100 kukasih roti Sari Roti. Hehehe.

O iya.
Suatu hari di tahun 2009 yg lalu (kalo ga salah), masjid ngadain acara sunatan masal. Pada hari H, anak2 yg sunat itu akan diarak naik becak hias sekaligus diiringi pawai (karnaval) anak2 TPA keliling kampung. Peserta pawai nya adalah TPA-TPA di kampung sekitar, banyak sekali anak2 kecil berbaris. Dan di antara TPA-TPA tersebut, termasuk pula tempat ngaji kami pun diundang. Saat itu lah ketika didata, panitia bertanya kepada kami. "Apa nama TPA (Taman Pendidikan AlQuran) nya?" tanya panitia. Beliau nanya persis di bawah panggung, beberapa saat sebelum pawai dimulai. Anak2 kecil udah pada berbaris pake baju seragam ijo ijo di bawah pohon.
Wadduh, ga ada namanya. @_@ bingung. Sejak awal emang kami ini bukan TPA resmi. Kami cuma orang biasa yg berbagi ilmu agama, ngajar ngaji, ngajar sholat dsb kepada anak2 sekitar rumah. Jadi ya emang ga pake nama2 seperti TPA lain.
Tapi semua peserta pawai punya nama lho. Adduuh apa ya.
Eh iya mushola kita itu namanya apa?
"Baitul Maghfiroh?" jawab Mama K.
"Ya udah, kami TPA Baitul Maghfiroh."



foto bersama di atas panggung sebelum pawai (klik untuk memperbesar)
  
Seorang temen pernah bilang, "Bah, aku pengen bikin TPA." Kenapa? Karena di kampungnya ngga ada TPA, terlalu jauh buat anak2 kecil di sekitar. Nah lho.
Udah langsung aja sikat, laksanakan! Siapa ustadz nya yg bakal ngajar. Kalo belum ada tempat ya di mushola. Atau di ruang tamu rumah kita. Tawarin ke tetangga2 yg mau. Door to door kalo perlu.

Jadi inget nasehat Ustadz Yusuf Mansur tentang seorang pemuda yg baru lulus sekolah agama lalu berniat mendirikan pondok pesantren. Ya udah laksanakan. Tahajud ditambahin, mohon pertolongan Alloh Ta'ala agar dimudahkan dalam melaksanakan niat baiknya. Mohon doa restu orang tua jangan lupa. Ntar santri nya bakal dateng sendiri, Insya Alloh.
Mulai lah dari hal kecil yg kita bisa. Karena kalo nunggu besar, ntar jadi menunda2 mulu, kita malah ngga jalan2.
Berbagi dengan apa yg kita punya walau sedikit.

Ballighu annii walau aayah.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar