Senin, 20 April 2009

Menyatukan Hati Dengan Gurauan

Kedamaian di kampungku mulai terkoyak dan terbelah2 ketika beberapa oknum tokoh masyarakat tiba2 menjadi tim sukses beberapa caleg tertentu dalam ramai nya pemilu beberapa waktu lalu. Jadi muncullah perasaan bersaing, dan saling curiga di antara masyarakat. Sebagian pro dengan Pak Cakup, caleg dari PDI* (maap nih teman2 kalo aku selalu mensensor nama partai, abis gimana ya, kan menjaga kode etik gitu lho). Sebagian lagi pro dengan Pak Dukha dari PAN*** (lho nama partai nya apaan nih hihihihi). Ada lagi yang jd tim sukses Pak Sofwan dari PDI* juga. Ada juga pendukung Mbak Estu dari PDI* juga. Kalo aku sih lebih condong ke Pak Anang dari Partai D yang warna biru.

Kecuali Pak Anang yang temenku itu, ada sebagian caleg2 lain yg melakukan bom2an duit, atau istilahnya serangan fajar, gila2an. Ngasih amplop lima belas sampe dua puluh ribuan. Aku mau lapor ke panwaslu juga bijimane, lha wong mereka temen2ku sendiri, ntar kalo ditangkep polisi kasian. Dan karena bom2an itu lah, caleg paporit ku Pak Anang dapet suara dikit banget di kampung kami. Hiks yg sabar ya boss. Denger2 sih yang dpt suara banyak ya Pak Dukha.


Nah setelah usai rame2 pemilu, suasana terkotak2 dan terbelah2 di kampungku udah mereda. Pihak masjid pun berinsiatif untuk menyatukan kami lagi dgn mengumpulkan semua elemen masyarakat dan mengadakan sunatan massal.

Tokoh2 masyarakat yg tadinya bermusuhan, perang dingin dan bersaing mencari suara buat caleg nya, tadi malam berkumpul membentuk lingkaran di masjid. Kami semua berdiskusi membicarakan rencana bikin sunatan massal ini. Dihitung lah berapa dana yang dibutuhkan, kalo ngga salah butuh duit sekitar sembilan jutaan.
Dan dari kasak kusuk yang kudenger sih, Pak Dukha (salah satu caleg yg katanya berhasil masuk ke kursi dewan) bersedia nyumbang dana separoh dari seluruh kebutuhan dana, wah seru juga kalo gitu.

Aku sbg tokoh masyarakat yg disegani dan dihormati (hoek hoek) kemudian angkat bicara. Semua orang diam dan memperhatikan waktu aku ngomong. "Nanti akan banyak biaya2 tak ter-DUKHA untuk acara ini."
Byaaaa semua orang langsung ketawa ngakak2.

"Semua dana dari masyarakat harus bisa kita CAKUP (raup= bhs jawa), dengan cara yang SOFWAN santun. Yaaa mohon doa ESTU nya aja biar acara ini bisa berhasil."

Jiyahahahahaha para tokoh masyarakat ketawa ngakak2 ga selesai2. Mgkn mereka ngira nya aku bakal serius, ternyata malah nyindir nama2 caleg.
"Jangan cuma di-ANANG2 ya Abah." sindir salah satu orang masjid.
Hihihihi suasana di masjid pun penuh canda dan gurauan sampe selesai rapat.
Alhamdulillah.

1 komentar:

  1. waduh mas, coba mas jadi ikutan caleg, pasti ntar DPR g' rapat2 malah ketawa liat mas orasi. BTW, yang sunatan massal itu mas ikut juga pa?????????????

    BalasHapus