Selasa, 15 Mei 2012

Ajarin Anakmu Memanah (Another Robin Hood's Story)

Rasulullah bersabda, "ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah" (HR Sahih Bukhari/Muslim).

Nah lho. Kita disuruh ajarin anak2 kita memanah. Bisa ngga ya kalo "memanah" dianalogikan ke jaman sekarang dengan olahraga menembak? Mmm.. ngga tau deh. Kebetulan aku dulu hobi airsoftgun. Di rumah masih ada sih AK47 walau dikandangin di gudang.
Kenyataannya sampe sekarang pun aku blm mengajarkan berkuda, berenang ataupun memanah kepada Kevin.
Fiiuuh. *usap keringet* 
Tapi bdw, anyway, aku punya cerita jaman aku kecil seputar panah memanah:
Ceritanya gini, aku punya Pakde, purnawirawan AL, berkumis ala pak raden dan punya Reog Ponorogo. Di rumahnya tuh banyak barang2 antik, barang2 aneh, kaya hewan2 buruan yg diawetkan. Topeng2. Senjata2 dari berbagai daerah. Senapan angin berbagai bentuk, samurai2, golok, tombak2 dll, termasuk salah satunya adalah busur panah. Sebuah busur raksasa yg tingginya melebihi tinggi orang dewasa. Ga tau beliau dpt dari mana, tp yg jelas busur itu keren banget.


Squ kecil selama ini sering ikut kakak2ku nembak burung. Mereka biasanya yg bawa senapan, dan bidik sana sini. Sementara aku cm ngekor doang sambil bawa burung2 mati hasil tembakan. Melas banget. Namanya jg masih kecil, diajak2 gitu aja udh seneng. Dlm hati sih pengeeen sekali2 dibolehin nembak burung. Tapi sekalipun mereka ga ngasih kesempatan. Aku boleh megang senapan itu kalo lagi nongkrong doang, dan ga ada pelurunya tentu saja.

Suatu hari pas lagi nongkrong di rumah sepupuku, eh ada busur panah Pakde ku. Nyandar di tembok, berikut anak panahnya. Busur raksasa yg keren banget ituuuu. Ngapain di sini? Biasanya dipajang di ruang tamu rumah Pakde ku. Wah paling ada yg minjem nih dan dibawa kesini. Waktu itu ga ada org dewasa sama sekali di dekatku. Squ kecil cuma ditemenin beberapa anak kampung kecil2 lain yg ikut2 di belakangku. Dengan otak pengen tau, aku ambil deh tuh busur dan anak panahnya.

"Ayo ayoo.." ajakku ke anak2 lain. Kami rame2 pergi ke belakang rumah. Ke kebon singkong. Anak panah kupasang, busur kutarik. Hmmm kubidik kemana ya? Mataku mulai tengak tengok ke sana sini. Ah itu ajaaaaa. Ada seekor ayam betina gemuk yg lagi jalan2 sendirian, kayanya dia lagi bete deh, abis jalannya nunduk gitu. Si ayam nih jauuuh banget. Mgkn sekitar sepuluh atau dua puluh meter dari posisiku. Jauhlah pokoknya. Akupun membidik2 aja gitu mengikuti gerakan si ayam betina.

Eh..
Tiba2.. Tasss, zwwiiiiiinggggg.
Anak panah meluncur cepat, zzzzzzzzzztttttt.
CRookkk!!!!!! Nancep di kaki si ayam!!!!

Keoooook keook keoook.
Keoook keoook keookk.
Keooooookkkkkkk khhh khhh...

Si ayam menjerit2 sambil lari kesana sini. Di pahanya tertancap anak panah besi panjang. Huuaaaaaaaa, aseeeeemmm. Tidaaaaakk. Semua anak menjerit kaget ketika dijarak yg sejauh itu, anak panah meluncur sangat cepat dan tepat kena sasaran.

Busur lgsg kubuang. Tuh ayam langsung aku kejar, diikuti anak2 lain yg bersorak2 sementara mukaku udah pucat aja. Ayam siapa tuh jd korban kebandelanku. Kalo ketauan yg punya kan gawat bisa2 aku dimarahin. Aku terus mengejar si ayam yg lari kesana sini dengan kesakitan. Larinya jelas susah krn ada anak panah panjang di pahanya. Hppp, akhirnya si ayam kena juga. Gatau aku lupa gimana nyabutnya, tp akhirnya anak panah berhasil tercabut, dan si ayam lari lagi menyelamatkan diri sambil misuh2.

"Ayolah, ayam. Come on. Luka dikit aja gitu lho. Cuma lecet, bentar jg sembuh." kata squ membela diri, "Ga usah manja ah".
Eh si ayam tetep misuh2. Hehehe dialog katrok.

Yeeaaah.
Another robin hood's story.
Ada nyeselnya, tp kok ya ada bangga nya. Busett deh, hahaha.
Squ kecil pun dielu2kan ama anak2 kecil lain karena kehebatannya memanah dengan tepat dari jarak yg sangat jauh.

2 komentar:

  1. hahaha,,,kebetulan aja manah ayam gemuk yg jalannya lamban mas,,,makanya kena :p

    BalasHapus
  2. @innocent: walau udah ibu2 tapi ngga gemuk soalnya seneng olahraga :D

    BalasHapus