Kamis, 03 Mei 2012

Syarat Perpanjangan SIM

Agan-agan semua, hari ini aku mau cerita soal pengalamanku kemaren manjangin Surat Ijin Mengemudi (SIM). Haah, SIM kok dipanjangin? Jadi begini.
Pasti temen2 yg udah punya SIM akan mengalami yg namanya perpanjangan SIM. Betul tidak?
Dan karena kejadiannya itu lima tahun sekali, ketika masa jatuh tempo itu akan segera tiba, maka akan muncul pertanyaan2 pada diri Agan2 semua: syaratnya perpanjangan SIM itu apa aja? di mana bikinnya? lama ngga? berapa biayanya? prosedurnya bijimane?
Bener kan?
Nah karena itu lah aku akan berbagi pengalamanku memperpanjang SIM A dan C sekaligus di sini, siapa tau bermanfaat.
Apa2 yg harus disiapkan dan dilakukan? Mari simak penjelasan berikut:

1. Mandi dan gosok gigi sebelum berangkat. Pake baju yg rapi. Pamit ama orang di rumah, "Pak Bu, ane mau manjangin SIM." Gitu. Ntar kalo ga pamit dikira minggat lho.

2. Siapin KTP dan SIM lama. Yang asli dibawa lho ya. Trs fotocopy masing2 lima kali, trs dipotong kecil2. Kebetulan kemaren aku udah siapin fotokopian dari rumah, tapi kujadiin satu halaman kertas. Akhirnya, begitu sampe di kantor polisi, itu kertas dipotong2 lagi ama petugasnya jadi kecil2.
O iya, kalo Agan males fotokopi sendiri, ya udah fotokopi di kantor polisi juga ada kok.
Bawa bulpen kalo mau.

3. Segera berangkat ke kantor polisi di kota mu. Biasanya sih di satlantas nya.
Kalo bisa siiih, usahakan naik kendaraan pribadi, kuatirnya kalo kaya di sini susah angkot kalo kemana2, jadi lebih baik bawa kendaraan sendiri aja lebih gampang. Baca terus tulisan ini, ntar Agan akan tau kenapa aku nyuruh2 lebih baik bawa kendaraan sendiri.

4. Begitu sampe kantor satlantas, cari tempat fotokopian. Biasanya di koperasinya. Ada tanda neon box gitu bertuliskan nama merk mesin fotocopy nya. Agan kesitu aja, biasanya banyak orang di situ yg pada antri beli map dan fotocopy. Ongkosnya Rp. 2000,-. Karena kemaren aku ga pake fotokopi lagi, akhirnya ama orangnya cuma dipotong2 doang trs dijepret (pake steples) di map. Ongkosnya jadi cuma Rp. 1000,- doang.

Setelah selesai, keluarkan pertanyaan kunci: "Abis ini kemana, mas?"
Inget baik2 pertanyaan ini ya, jangan sampe Agan ga nanya. Kalo mau lebih sopan, ditambahin gini; "Abis ini kemana ya, Mas?" atau kalo mau lebiiih sopan lagi jadi begini: "Mohon maaf, mas. Kalo saya boleh tau, setelah ini saya h`rus kemana ya untuk perpanjangan SIM?"
Kepanjangan ya?
Ya udah terserah lah, tapi Agan kudu nanya begitu. Supaya ama si mas dijelasin kemana.

5. Biasanya, setelah itu, Agan akan disuruh tes kesehatan. Segera pergi membawa map (yg udah disatukan dgn fotokopian KTP dan SIM) menuju ke lokasi tes kesehatan. Untuk aku kemaren, lokasinya agak di luar kantor satlantas, jalan kaki. Setelah masuk, Agan setorin deh map nya ke petugas di situ. Lalu dia akan nyuruh kita duduk di depan papan huruf.
"Tutup matanya satu!" kata petugasnya.
Yang kiri apa yg kanan? Ga jelas. Terserah aja deh tutup yg mana aja. Setelah itu baca huruf2 yg letaknya kecil di kejauhan itu. Mudah2an bisa semua. Soalnya ada petugas yg galak, bentak2 orang yg ga bisa baca. Kasian.

Setelah itu, kita disuruh tes buta warna.
"Ini apa?"
Ngga tau.
Lalu petugas buka halaman berikutnya, "Ini apa?"
Ngga tau juga.
Kayanya orangnya putus asa. Ya soalnya yg ditanyain omsqu, kan emg buta warna hihihi jadi ya ga keliatan apa2. Tapi tetep lolos, selama masih tau warna duit hihihi. Trs kita bayar deh Rp. 22 rebu ke kasir di situ. Kemudian hasil tes nya distaples-kan di map yg tadi. AYo jangan lupa pertanyaan kuncinya diucapkan:
"Abis ini kemana ya mas?"
"Woi yg jelas dong. Mas mas. Mas mas. Ane cewek tulen nih!" kata si ibu2 yg jaga. Hihihi maap Bu.
Tolong Agan perhatikan betul jenis kelamin. Pertanyaan kunci nya menyesuaikan :D

6. Ternyata setelah tes kesehatan, disuruh cap sidik jari. Dan ternyataaaa, lokasinya jauh dari kantor satlantas. Huh menyebalkan. Kenapa sih pelayanan ngga satu lokasi aja. Gini ini kan kasihan yg naik angkot.
Apa? Naik angkot? Kan udah aku bilang tadi, bawa kendaraan sendiri aja. Kalo ga punya, pinjem tetangga dulu. Daripada naik angkot susah dan lama, palagi buat yg harus pindah2 angkutan umum pula.
So aku pun menuju lokasi yg ditunjuk.
(Mudah2an di kota Agan beda ya, ngga kaya di kota ane begini. Mudah2an semua dilayani di satu tempat aja)

Setelah sampe, setorkan map kita tadi ke petugas. Lalu kita akan disuruh duduk dan difoto, jprett jpreett, lalu cap sidik jari. Kemudian bayar Rp. 20 rebu. Hasil sidik jari tadi dijepret pake stapler di map kita tadi.
"Abis ini kemana ya, Mas?"
"Silakan kembali ke satlantas tadi pak untuk foto SIM."
Maka kembalilah kita ke lokasi awal tadi.

7. Sesampainya di kantor satlantas, tanya orang di situ di mana lokasi perpanjangan SIM. Setelah tau, silakan masuk. Ruangannya ber AC dan nyaman. Setorkan map kita tadi ke loket perpanjangan SIM. Setelah dicek ama mbak nya, lalu kita diberi formulir untuk diisi. "Setelah diisi, bayar di loket BRI di situ ya Pak." kata si mbak.
Oke oke.

Lalu Agan cari meja yg enak, dan isi formulirnya. Gampang kok ngisinya. Biasanya disitu udah disediakan petunjuk pengisiannya. Ketika orang2 berebut antri make bulpen yg tersedia, kita mah pake bulpen yg kita bawa dari rumah tadi. Asyik kan?

8. Selesai ngisi formulir, silakan menuju loket BRI. Masukkan map berikut formulirnya.
Untuk perpanjangan SIM A biayanya Rp. 80 rebu. Untuk perpanjangan SIM C biayanya Rp. 75 rebu.
Lho kenapa kok mahalan SIM A? Ya kan SIM A itu rodanya empat. Kalo SIM C rodanya dua.
Halah, ngaco. Ya pokoknya gitu.

Trs bayar deh uangnya ke mbak teller. Setelah selesai dibuatkan kwitansi, lalu map dikembalikan kepada kita. Biasanya tanpa ditanya, Mbak nya akan bilang kemana map ini akan kita serahkan.

9. Dari loket BRI, kemudian aku menuju ke loket III, menyerahkan map dan isinya. "Silakan tunggu Pak."
Lalu Agan duduk deh di kursi sambil menikmati minuman dingin yg disediakan. Ada teh botol dll. Silakan bayar, per botolnya Rp. 2000,-.

10. Ga lama menunggu, Agan akan dipanggil dan dipersilakan masuk ke ruang foto. Di dalem, silakan duduk bersama pemohon yg lain. Ketika tiba giliran dipanggil, silakan Agan maju, duduk, discan dulu jempolnya kanan kiri, lalu tanda tangan, lalu menghadap kamera. Senyum yg manis, JEPREETTT. Selesai sudah. Agan boleh tunggu di ruang tunggu yg tadi sambil minum minuman dingin yg sudah disediakan. Harganya dua ribuan, jangan lupa.

11. Ga lama menunggu, Agan akan dipanggil ke loket yg tadi, dan alhamdulillah SIM udah jadi. Ga usah kaget kalo liat foto di SIM jelek dan keliatan gendut. Punyaku juga gitu kok. Mungkin lensa kamera digitalnya tuh salah, hihihi.

Demikianlah telah kusampaikan cerita perpanjangan SIM A dan C. Semoga bermanfaat. Silakan dihitung sendiri total biayanya.
Selamat berkendara dengan aman di jalan raya. Inget, melanggar lalu lintas itu berarti mengambil hak orang lain. Hati2, karena bisa mencelakakan anda sendiri dan orang lain.

3 komentar:

  1. gak jadi pake inafis-inafis-an ta bah?? dikotamu koq gak satu atap getu sih bah??/ ....wayahe ganti/perpanjang sim C....dikota ku yang lama Ndrajo, kalo yang A masih setahun lagi...

    BalasHapus
  2. koq kemana2 sih, jangan2 kowe ngluyur dulu nih.
    klo ane kemarin perpanjangan SIM A dan C , ambil formulir diisi trus dimasukin loket tinggal nunggu dipanggil masuk Bus....
    di dalam bus langsung deh Rp.185.000,- kali dua tanpa kuitansi, ditanyain data lgi cap sidik jari plus foto.
    Jadi deh 10 menit, tapii.............. nunggunya yang lama 2 jam
    wkwkwkkkkkk

    BalasHapus
  3. @wiwid: lha itu kelemahannya pak wid. moso harus pindah2 lokasi gitu, hadeeuh -_-" kasihan orang yg ga pny kendaraan sendiri
    @anonim: lho kok ada bus nya? wah ini yg perpanjangan sim keliling itu ya? enak beneerrr :D

    BalasHapus