Senin, 07 Mei 2012

Tulisan Yang Bicara (antara Soul dan Kertas Kerja Pemeriksaan)

Agan2 yg baik hatinya dan gemar membaca. Banyak sudah buku bagus yg pernah kita baca, banyak sudah penulis keren yg kita nikmati tulisannya. Dan biasanya, menurutku -dan menurut banyak orang juga-, tulisan yg bagus dan enak dibaca itu (selain tentu aja yg utama adalah "isinya") adalah tulisan yg cara penyampaiannya mengalir seperti air. Dari kata ke kata mengalir. Dari kalimat ke kalimat mengalir. Dari paragraf ke paragraf mengalir.

Dan buat aku yg punya hoby menulis cuap cuap, aku pun berharap tulisanku bisa mengalir seperti air. Enak dibaca dan bisa diresapi isinya oleh pembaca.

Ketika sebuah ide tiba2 muncul di kepalaku, maka imajinasi "aku-akan-menulis-apa" lgsg berlari2an di kepalaku. Penuh sesak. Sesegera mungkin aku akan nulis kerangkanya di notepad (hare gene semua gadget udah dilengkapi ama yg namanya notes, memo dan sejenisnya). Ide dateng bisa dari mana aja. Ada yg tiba2 muncul. Ada yg karena kita lagi baca. Ada yg kejadian sehari2 di sekeliling kita.

Kalo ide yg muncul berupa tulisan yg berbau nasehat agama, aku lgsg inget ke hadits tentang ini dan itu, atau ayat Al Quran yg ini atau yg itu, yg kelak akan aku copy paste teks lengkapnya ke dalam tulisanku. Baru ketika kemudian ada kesempatan duduk manis di depan laptop, baru deh tulisan kubuat, ctek ctek ctek ctek, jari jemari mulai lincah mencet2 tuts di keyboard. Kalo bisa antara ide dan nulis, jgn lebih dari satu hari. Mood nya bisa ilang ntar.

Karena aku ngga punya pakem ilmu tulis menulis, maka apa yg kutulis adalah sama persis dgn apa yg kuomongin. Dengan harapan siiih, "bahasa ngomong" kuanggep akan lebih mudah dicerna oleh pembaca. Coba liat teknik nulisnya Ippho Santosa, yg ternyata sama persis dgn gayanya dia kalo ngomong. Ya kan?
Yeaah, kalo kembali ke aku sih, kayanya aku emg perlu dididik deh. Diajarin tips2 dan teknik2 penulisan supaya lbh baik (ikut workshop penulisan atau workshop blogger sepertinya menggiurkan deh, uhuy, mudah2an someday kepanggil). Tapi ternyata ada jg temen2ku yg pengen kuajarin nulis. Hhihihi, ngajarin apa coba? Well, tapi tentu aja dgn senang hati aku akan berbagi apa yg kutau. Dan tulisanku hari ini, jg termasuk dalam rangka berbagi apa yg kutau.

Oke lanjot.
Rata2 penulis yg bermula dari blogger nih Gan, emang punya gaya2 nulis yg model ngomong seperti ini. Nyerocos aja tanpa pakem. Dan ternyata menarik lho. Coba aja kita baca tulisannya Raditya Dika atau Miund atau blogger2 keren lain. Dan tentu aja beda cara nulisnya dgn Andrea Hirata yg nulisnya memiliki nuansa sastra, atau A. Fauzi yg sejak muda digembleng menulis hingga jadi wartawan Tempo (ketika membaca Negeri 5 Menara, aku lgsg merasa huiihh gini nih penulis yg emang udah digembleng sejak muda). Beda lah ama kita2 yg baru belajar nulis.

Tapi jangan minder ama penulis2 besar itu yaaaa. Kan tiap orang emang punya gaya nulis sendiri2.
Kita ambil pelajaran aja. Dengan banyak membaca tulisan dari berbagai penulis, sebenernya kita udah belajar tuh untuk menulis. Makin banyak warna dan style yg kita tau, bisa jadi akhirnya tanpa sadar ikut mewarnai gaya menulis kita. Kembali aja ke tujuan kita menulis apa.
Satu orang aja yg membaca tulisan kita lalu mendapat manfaat, kemudian terinspirasi utk jadi lebih baik, itu udah jauh lebih mulia daripada satu juta orang membaca tulisan kita lalu menjadi berprilaku buruk karenanya.

Nah kembali ke judul di atas. Setelah tulisanku jadi, baru tuh kubaca ulang dan kumasukin soul.
Soul? Apaan tuh?
Itu istilahku aja sih. Orang lain mgkn punya istilah jg sendiri2 yg artinya sama. Soul itu kumasukin supaya tulisanku yg hampir jadi ini, jadi terasa mengalir dan supaya (mudah2an) enak dibaca. Biasanya walaupun tulisan udah jadi, tapi blm ada soulnya, maka smp skrg pun tulisan itu akan ngendon aja di leptop. Ngga tersentuh dan ngga akan terposting.

Soul itu kaya gimana misalnya?
Mari kita baca kalimat berikut ini:
"Aku seorang kapiten. Mempunyai pedang panjang."

Eh sebentar2.
Bacanya jgn dilagukan dong, kan ini bukan disuruh nyanyi. Ini cuma sebuah contoh kalimat aja buat perbandingan.
Coba sekali lagi ya, tapi kali ini tanpa dilagukan:
"Aku seorang kapiten. Mempunyai pedang panjang."
Nah bagiku, tulisan ini belum ada soulnya. Jadi kalo aku yg nulis nih, kutambahin soul tuh di kalimat di atas. Jadi begini:
"Eh udah pada tau 'kan ya kalo aku seorang kapiten? Nah aku tuh mempunyai pedang. Panjaaang beeuud."
:D
Gitu ituuu yg kumaksud dgn soul.
Intinya sebenernya sama aja antara kalimat pertama dan kalimat kedua.
Tapi pada tulisan yg kedua (yg kukasih soul) tulisanku lebih nyerocos kaya orang bercerita. Bahasa jadi lebih nyantai bertutur dan ngga kaku. Bahkan terkadang tulisanku kutambahin narsis hiperbola seperti si mas ganteng, papa handsome, pemuda tampan. Atau kutambahin backsound, sliiing, jlebb, cuit cuit cuit, dowweeng, ngek ngook dsb.

Itulah sebab semua org yg nulis pasti berharap tulisannya bisa bicara.

Apakah iya semua orang suka ama tulisan yg kaya gitu?
Ternyata engga.
Karena ketika aku nulis penjelasan di Kertas Kerja Pemeriksaan (sehubungan dgn kerjaanku sbg tax auditor), ternyata lagi2 aku memasukkan soul dalam tulisanku. Bagaimana aku bercerita ttg gambaran kegiatan perusahaan yg kuaudit. Bagaimana ketika aku bercerita tentang kronologis pemeriksaan yg kulakukan. Dan biasanya atasanku lgsg coret coret tuh yg menurutnya ga penting dan kepanjangan hahaha. Dan aku jg pernah ditegur salah satu direktur gara2 kronologis yg kuceritain terlalu "kaya-orang-cerita". Hihihihi.

Yah sekali lagi, tiap orang punya style sendiri2.
Banyak2 nulis, banyak2 dikritik orang, banyak2 membaca dan selalu belajar utk jadi lebih baik. Mau kasih soul boleh, ngga jg boleh, tergantung tema tulisan. Soulnya kebanyakan jadi lebay. Tanpa soul jadi kaku dan terlalu resmi. Pinter2 kita aja. Lagian toh ngga semua orang harus suka ama tulisan kita (walau tentu saja kudu optimis mudah2an orang suka). Karena dgn disuka, maka orang betah membacanya. Dan makin banyak yg baca, maka makin banyak orang yg mendapat manfaat dari tulisan kita. Mudah2an, Insya Alloh.

Ini ceritaku.
Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. hihi..stuju ah..trutama soal "soul" itu..sama kayak aku oom..bnyk postingan kupending karena buat aku sendiri gak da nyawanya..gimana buat yg baca yak?..:p

    BalasHapus
  2. @vivi fajar: betul vi. kalo buat kita sendiri aja ga nyaman, ya jgn diposting dulu.

    BalasHapus