Selasa, 02 Desember 2014

Komunitas Bebas Riba

Setelah kemaren2 kita bahas tentang riba dan sekitarnya (bisa diunduh ebook ku Direm Dulu), maka kini kita mulai ikhtiarnya. Bismillah.
 
gambar diambil dari komunitasmmmjember blogspot
Bersama temen2 di instansi kantor kami, kami membentuk komunitas Bebas Riba di group whatsapp. Kami berkumpul dan berencana untuk patungan menolong saudaranya untuk terbebas dari hutang riba, dengan memberi pinjaman tanpa bunga dan tanpa mengambil manfaat. Insyaa Allah syar'i.
Siapa sangka biidznillah dalam beberapa hari sudah berkumpul temen2 donatur lebih dari seratus orang dari seluruh Indonesia. Dari Aceh sampe Papua. Dari Medan sampe Maluku. Dari Pondok Pinang sampai Pangkal Pinang, Kalimantan, Jambi, Palembang, Madura. Masyaa Allah, seluruh Indonesia.

Join jadi donatur dalam komunitas ini ngga ada keuntungan secara ekonomi karena ini bukan investasi bisnis. Keuntungan yg diharapkan adalah terbebasnya satu demi satu sodara kita dari jerat riba. Karena kita semua berada dalam satu perahu yg sama.
Keuntungan yang diharapkan adalah ridho ALLAH, ketika kita mencoba mengamalkan tiga dari empat amalan yg paling dicintai Allah: membantu meringankan kesulitan saudaranya, membebaskan hutangnya dan meletakkan kegembiraan di hatinya.

Saat ini memang hanya intern temen2 di instansi kami saja.
Tapi siapa tau ya ikhwah, suatu saat nanti bisa jadi koperasi BMT syariah. Bisa membantu2 temen2 lain sebanyak2nya dan berkembang. Bukankah perjalanan ribuan kilometer pasti diawali dengan satu langkah kaki. Entahlah nanti mau dikasih nama apa. Pada ngusulin macem2. Apakah Koperasi Hasan Basri (Harapan insan bebas ribawi), atau Yayasan Beri Aku Doku (Bebas riba akibat usaha donatur kumpulkan uang), atau Beri Beri (Berusaha Ikhtiar Bebas Riba), Koperasi Gigit Geraham (Gini gini giat gerakan anti hutang haram), ada juga BRI (Bank Bebas Riba), ada jg usul Ali Baba (Alhamdulillah Bebas Riba) dan lain sebagainya.

Temen2 bisa coba hal yang sama di lingkungan masing2, di kampung, di masjid, di kantor, di pabrik, di pasar.
Kita kuat kalo bersatu.
Muslim united!!
*kepalkan tangan ke udara 

Ada temen bertanya, "Kalo aku ikutan jd donatur di Komunitas Bebas Riba ini, kapan aku bisa dibantu?" Jawabnya tidak tahu.
"Setahun? Kalo setahun aku mau (join)."
Jawabanku tetap tidak tahu.
Itu bukan tujuan awal komunitas ini dibentuk.
Ini tentang membantu orang lain bukan kapan aku dibantu.
Ini tentang gimana kita bermanfaat buat orang lain, bukan bagaimana orang lain bermanfaat buat kita.
Kita semua tau orang yang paling dicintai Allah adalah orang yg bermanfaat buat orang lain. Melalui komunitas ini kita bantu saudara kita. Menukil sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, ".. Allah akan selalu menolong seorang hamba selama hamba tersebut mau menolong saudaranya." (HR Imam Ahmad, juga diriwayatkan Imam Muslim, Abu Dawud, At Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dan jangan hasad jika ada orang lain yg lebih dulu dibantu, karena hasad (dengki) dapat memakan kebaikan seperti api memakan kayu bakar.

Karena dana yg terbatas, skrg blm bisa nolong hutang yg gede2. Anggeplah kita ini perahu penyelamat. Mau nolongin orang2 tenggelam. Daripada semua org celaka, mending kita selamatkan yg paling dekat dgn perahu kita.
Kita jihad dgn harta kita memerangi riba.
Di sini ngga ada aku, karena aku nilainya kecil cuma gopek.
Tapi di sini ada kita, yg dengan bersatu kita jd kuat dan besar.
"Barangsiapa memudahkan satu kesulitan dari saudaranya sesama muslim di dunia maka Allah akan memudahkan baginya kesulitan di dunia dan di akhirat." (HR Ahmad, Muslim dan lainnya)

Ada sedikit nasehat dari Mas Yusmurf salah satu anggota kominitas kepada temen2 yg lain agar meluruskan niat:
Seumpama riba adalah sebuah kolam yg besar, maka komunitas ini terdiri dari dua jenis anggota, pertama orang2 yang masih di dalam air, kedua adalah orang2 yang sudah berada di darat.
Kita sedang bahu membahu, saling berpegangan tangan, menggunakan tali, jaring dsb untuk bisa mengeluarkan semua orang dari air. tapi kalo kita sadari, sebenarnya untuk mencapai tujuan, komunitas ini memerlukan lebih banyak orang yang berada di darat daripada yg masih berada di air..

Orang2 darat yang tidak punya tendensi apapun selain ridlo Allah, niat ikhlas menolong saudaranya..
Ia bisa saja pergi tapi ia tinggal dan mengulurkan tangannya, ia bisa saja tidak peduli tapi ia ingin membebaskan saudaranya..
Sangat kecil kemungkinan anggota yang saat ini sudah tidak punya hutang riba (orang2 darat itu), merencanakan untuk terjerat riba di masa datang, lalu ingin dibantu oleh komunitas ini .. kecuali ada musibah atau ia terpaksa..

So, seperti tulisan teman2 yang lain, mari luruskan niat lillahi ta'ala..

Karena jika terlalu dihitung secara matematis duniawi, saya setor berapa lalu saya dapat pinjaman apa tidak, kalaupun dapat entah kapan urutannya, maka percayalah.. hasil hitungan anda pasti RUGI ..

Sama seperti shodaqoh, (uang kita) 100 - (infaq) 10 = (sisanya) 90, matematis duniawinya pasti RUGI.

Tapi percayalah hitungan Allah tidak demikian..

42 komentar:

  1. boleh juga jadi donatur jika memang rezekinya ada dan cukup untuk di donasikan..

    BalasHapus
    Balasan

    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Assalammu'alaikum, maaf bertanya dimanakah kami dapat minta bantuan pinjaman tanpa riba, mungkin ada alamat komunikasi emailnya.

    BalasHapus
  3. Assalammu'alaikum, maaf bertanya dimanakah kami dapat minta bantuan pinjaman tanpa riba, mungkin ada alamat komunikasi emailnya.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum wr wb...
    Ini beneran.... ? trus gimana cra dapat pinjamannya tanpa riba.. ?

    BalasHapus
  5. Assalammualikum sahabat tampa riba,..

    Saya beralamatkan Di sumatra (jambi)
    Saya ingin menjadi anggota Komunitas tampa RIBA, bagaimana cara nya?

    Terima kasih (ini email address saya adeevran@gmail.com)

    BalasHapus
  6. Assalammualikum sahabat tampa riba,..

    Saya beralamatkan Di sumatra (jambi)
    Saya ingin menjadi anggota Komunitas tampa RIBA, bagaimana cara nya?

    Terima kasih (ini email address saya adeevran@gmail.com)

    BalasHapus
  7. Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada MARET 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 3-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan mengenai situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  8. Halo,
     Saya adalah Mr.ALEXANDER ROBERT, dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM, ini adalah pinjaman Asli yang akan mengubah hidup Anda menjadi bisnis yang lebih baik, perusahaan pinjaman pinjaman, Diberikan dan diberi lisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan. rendahnya tingkat manfaatnya sebanyak 2%.

    Saya adalah Tuan ALEXANDER ROBERT, akan memberikan penghormatan saya kepada semua pemohon yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam urusan bisnis ini karena perusahaan akan memastikan pinjaman Anda terserah Anda, itu juga tidak akan berakhir di sana, kami memiliki tim ekspat yang mengerti hukum investasi, mereka akan membantu Anda, memberikan tip yang akan membantu Anda mengelola investasi Anda sehingga Anda menginvestasikan pinjaman Anda, jadi Anda tidak lagi bangkrut dalam hidup Anda dan tawaran menakjubkan ini hadir dengan pinjaman Anda, Hubungi kami hari ini melalui email alexanderrobertloan@gmail.com

    Layanan kami meliputi:

    * Pinjaman pribadi
    * Amankan Pinjaman
    * Pinjaman tidak dipagari
    * Hasil pinjaman
    * Pelatihan pinjaman
    Pinjaman pinjaman
    Pembayaran pinjaman
    * Pinjaman siswa
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Otomatis
    * Resolusi Pinjaman
    Pinjaman Pembangunan
    Pinjaman pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pendidikan
    * Penunjukan salah

    Silahkan isi formulir permohonan pinjaman di bawah ini dan kembalikan kepada kami untuk melayani kami dengan lebih baik melalui e-mail:
    alexanderrobertloan@gmail.com

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat bekerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelum:
    16) Tanggal lahir:
    Terima kasih,
    Mr ALEXANDER ROBERT (alexanderrobertloan@gmail.com)

    BalasHapus
  9. Kabar baik!
    Nama saya Rumana mahok, warga negara Indonesia, saya tinggal. Prapak rt1 / 2, Kranggan village, Kranggan district, Central Java district. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat konkret kepada seluruh warga negara Indonesia yang mencari pinjaman agar berhati-hati karena internet penuh dengan kecurangan, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, Karena keuangan saya Situasi Tidak begitu bagus dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari arab saudi dan singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya bercerita tentang seorang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Antonia Barry, pemilik sebuah organisasi peminjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Antonia Barry mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

    Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Antonia telah melakukannya dalam hidupku dan keluargaku, aku memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksianku tentang Ibu. Antonia, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Antonia via email: (antoniabarry4@gmail.com)

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (rumanamahok4@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Antonia atas pekerjaan baiknya dalam hidupku dan keluargaku.

    BalasHapus
  10. KacangMasPoker sebagai agen judi poker online terbaik di Indonesia di tahun 2018 ini memberikan berbagai macam promo bonus menarik!

    Dengan Minimal Deposit 10rb dan Minimal Withdraw 25rb
    Proses transaksi CEPAT dan AMAN!
    Layanan Customer Service 24 jam setiap harinya siap membantu Anda
    Melayani transaksi bank lokal dengan BCA, Mandiri, BNI dan BRI

    PROMO BONUS NEW MEMBER 25%

    PROMO BONUS TURNOVER MINGGUAN 0,7% KHUSUS POKER


    Link Alternatif :
    http://www.kacangmaspoker.com
    http://www.kacangmaspoker.net
    http://www.kcmpoker.com

    HUBUNGI KAMI DI :
    BBM : 2AFB9638
    WA : +855-88570-2221
    LINE : KCMBET
    WECHAT : KCMBET


    link alternatif sbobet | agen judi bola | agen judi poker 2018 | dewa poker | agen judi piala dunia 2018 | bandar dominoqq

    BalasHapus
  11. INGIN GABUNG KEKOMUNITAS INI BAGAIMANA CARANYA YA?SAYA INGIN HIJRAH DR RIBA...BUTUH KONSULTASI DAN BIMBINGAN UNTUK BERHASIL HIJRAH

    BalasHapus
  12. Do you need Personal Loan?
    Business Cash Loan?
    Unsecured Loan
    Fast and Simple Loan?
    Quick Application Process?
    Approvals within 24-72 Hours?
    No Hidden Fees Loan?
    Funding in less than 1 Week?
    Get unsecured working capital?
    Email us:urgentloan22@gmail.com
    Application Form:
    =================
    Full Name:................
    Loan Amount Needed:.
    Purpose of loan:.......
    Loan Duration:..
    Gender:.............
    Marital status:....
    Location:..........
    Home Address:..
    City:............
    Country:......
    Phone:..........
    Mobile / Cell:....
    Occupation:......
    Monthly Income:....
    Email us (urgentloan22@gmail.com)

    BalasHapus
  13. Hello Everybody,
    My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

    BalasHapus
  14. Hello Everybody,
    My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of S$250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of S$250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius,via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

    BORROWERS APPLICATION DETAILS


    1. Name Of Applicant in Full:……..
    2. Telephone Numbers:……….
    3. Address and Location:…….
    4. Amount in request………..
    5. Repayment Period:………..
    6. Purpose Of Loan………….
    7. country…………………
    8. phone…………………..
    9. occupation………………
    10.age/sex…………………
    11.Monthly Income…………..
    12.Email……………..

    Regards.
    Managements
    Email Kindly Contact: (urgentloan22@gmail.com)

    BalasHapus
  15. Are You Looking for a loan urgently? Would you like to settle your bills and Purchase property (Investment loan)/ Building loan? I can guarantee you 24 hours loan approval We are a world class Investment company offering all kinds of financial services with flexible repayment terms and a timely closing schedule.Email- (urgentloan22@gmail.com)
    Thank you.

    BalasHapus
  16. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum
    In sya Allah semua dlm lindunganYa
    Dan bisa bisa membwntu sy untuk terbebas Dr Riba

    BalasHapus
  18. Semoga ada yg bisa bantu saya terbebas dari ribah

    BalasHapus

  19. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon:+62 877-8303-2269
    WhatsApp:+62 877-8303-2269
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
      Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7 miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia (BI) karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini melalui llow informasi kontak(e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Data pribadi
    negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon: 62 856-9328-4991
    WhatsApp: 62 856-9328-4991
    https://twitter.com/queen_jamillah
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  22. Bertambahnya situs judi bandarq online yang ada di Indonesia tidak membuat popularitas BabeQQ pun pudar begitu saja, dan bahkan http://babeqq99.ivasdesign.com/12528217/cara-curang-bermain-bandarq-online-dan-manfaatnya semakin memberikan banyak kemenangan dan keuntungan serta bonus kepada setiap membernya.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. There was a re-occurring theme all week long. Managers in every department are hungry for data that
    will give them improved insight into their operations, and they’re frustrated with the difficulty
    of acquiring that data without http://13.251.223.198/

    Situs Judi Deposit Pakai Pulsa - Agen Casino Online | Slot Online | BandarXL

    BandarXL merupakan Agen Slot Pulsa Online Resmi Indonesia Deposit Pakai Pulsa Via OVO, Telkomsel, XL, dan GOPAY di Asia yang menyediakan permainan Situs Slot, Casino Online, Bandar Taruhan Bola Sbobet Terpercaya, Poker Online, Togel, Keno, dan Lotere.

    Agen Slot Pulsa
    Slot Pulsa
    Situs Slot Online Pulsa
    Judi Casino Via Pulsa
    Casino Online

    BalasHapus
  28. Situs Judi QQ Online Terpercaya DuetQQ merupakan agen judi online menjanjikan permainan paling fairplay dan partner Terpercaya PKV games.
    Info situs : http://advstand.ru/bitrix/rk.php?goto=http://94.46.58.31

    BalasHapus
  29. DuetQQ merupakan Situs Poker Online menjanjikan permainan paling fair play 100% player vs player.
    Dapatkan Bonus Cashback 0.4% & Bonus Refferal 20% Di Situs Poker Online Terpercaya DuetQQ. Info : http://advstand.ru/bitrix/rk.php?goto=http://94.46.126.133

    BalasHapus
  30. Situs Poker Terpercaya DuetQQ merupakan agen judi online menjanjikan permainan paling fairplay dan partner Terpercaya PKV games.Info situs : http://advstand.ru/bitrix/rk.php?goto=http://185.196.36.39

    BalasHapus
  31. PartaiQQ adalah Situs Poker Terpercaya Online Indonesia Terbaik. Promo situs PartaiQQ : Bonus Cashback 0.3% Setiap Senin -Bonus Referal 20% Seumur Hidup Minimal Deposit dan Withdraw Rp. 15.000,-
    Info : http://advstand.ru/bitrix/rk.php?goto=http://partaiqq.link

    BalasHapus
  32. bagi anda yang bermain dalam link http://188.114.232.104 dipastikan anda harus bermain dalam permainan dominoqq dimana bisa menguntungkan anda ketika bermain dalam permainan ini.

    BalasHapus
  33. ketika anda bermain dalam link http://185.51.35.48 anda harus mencoba bermain dalam permainan bandarq dimana anda bisa menjadi yang terbaik dan luar biasa ketika bermain.

    BalasHapus


  34. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Data pribadi
    negara: Indonesia
    Nama:Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon:+62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    https://twitter.com/queen_jamillah
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  35. ketika bermain dalam link https://partaiqq.mobi dipastikan anda harus bermain dalam permainan bandarqq dimana anda bisa menjadi yang terbaik dan luar biasa.

    BalasHapus