Kamis, 26 Mei 2011

Dapet Sakit Ati!

Sopir Taxi
Biasanya kalo naik taxi, aku selalu ngobrol tuh ama sopir taxinya. Nanya ini itu lah, basa-basi, atau kadang ya ngobrol serius dengan topik yang berganti2. Nah suatu hari, dalam perjalanan dari rumah kakak di daerah Cimanggis ke stasiun Gambir, aku pun ngobrol ama si sopir taxi. Kali ini aku naik taxi Burung Biru (maap ini nama samaran, soalnya kalo nama aslinya ntar dikira ngiklanin merk taxi ybs).

Dia sambil nyetir lalu bercerita, "Dulu pertama kali saya nyupir taxi di Jakarta nih, Mas, tiap ada mobil lain yang minta kesempatan, motong di depan begitu, pasti saya kasih jalan."
"O iya bagus itu, Pak. Saya juga kadang2 begitu." kataku menimpali.
"Iya, dengan alasan nih, yaah siapa tau lain kali kalo saya butuh, saya juga dikasih kesempatan ama mobil lain di jalan." katanya. "Eh ternyata ya Mas, dari dulu sampe sekarang, sekali pun belum pernah saya dikasih jalan ama mobil lain."


Si sopir taxi tertawa sendiri menyesali kebodohannya, "Abis itu kapok dah Mas berbaik2 ngasih jalan mobil lain di Jakarta. Sekarang mah siapa duluan aja, percuma ngasih jalan juga ga bakal kita dikasih jalan ama orang. Cuma dapet sakit ati!"

Lho kok? Aku mengerutkan kening, menjadi pening, mata terpicing dan kebelet kencing. Ini lah kesalahan dia. Berbuat baik kok berharap dibalas baik ama orang lain. Kalo berharap baik itu berharaplah Allah ridho dengan apa yg kita lakukan. Soal nanti kalo kita diberi kesulitan2, ya mudah2an Allah memudahkan jalan kita dan memberi kita kesabaran dan kelembutan hati. Bukankah setiap kesulitan -bahkan tertusuk duri sekalipun- akan digantikan dengan diampuninya dosa?


Pemuda Tampan
Hayo keburu nuduh ya kalo ada cerita pemuda tampan pasti ini menggambarkan diriku? Hahahaha baca dulu dong ceritanya jgn asal nuduh. Ini cerita tentang beberapa pegawai rendahan yang baru saja bekerja di sebuah kota kecil di ujung Jawa Timur, jauuh dari kampung halaman. Di antara sesama pegawai rendahan dengan gaji tiga ratus ribuan per bulan, ada seorang pemuda tampan yang sudah punya sepeda motor, hasil ngutang duit kakaknya. Otomatis satu2nya sepeda motor itu lah yang jadi pinjem2an temen2nya yg lain.

Dipake kesana sini. Dipinjem kesana sini. Monggo monggo. Bahkan seharian sampe malem pun dipinjem juga si pemuda tampan ini nggak apa2. Tapi yang jd masalah adalah, bensin nya kosong. Ga pernah diganti. Ga pernah diisi. Mau negur juga ngga enak, ga berani, ntar dikira pelit. Mbok yo mereka itu ngerti, kalo namanya minjem ya ngisi lah gantiin bensin. Masa udah minjem seharian, bensin nya juga minta. Dapet apa coba, yg ada cm sakit ati!

Si pemuda tampan ini lalu mengadu ke mami nya yang tinggal di kampung halaman betapa dia sebel ama temen2nya yg ga tau diri pdhl hidup sama2 ngirit mengencangkan ikat pinggang.
Dan si Mami menasehati begini, "Lho, siapa tau itu akan jadi amalmu."
Jlebbb. Dan si pemuda tampan pun belajar utk lebih ikhlas membantu teman2nya sesama orang sulit, meminjamkan motor plus bensin nya.

Gula Pasir
Ada saudaraku yg kala itu hidupnya masih sulit, belum berkecukupan lah. Tapi hampir setiap hari, sahabat suaminya selalu main ke rumah ngopi dan makan di situ. Padahal si sahabat ini secara ekonomi lebih mapan, istrinya pun bekerja. Tapi karena keluarganya tinggal di lain kota, maka sehari2nya si sahabat ini menjadikan rumah saudaraku sbg jujukan, tempat singgah, plus ngopi dengan makan siang gratisan.

Saudaraku yg belum berkecukupan tentu aja menjerit dlm hati tanpa berani ngomong ke suaminya. Ringan tangan ya ringan tangan, tapi kalo tiap hari kan mencekik juga nih lha wong masih kekurangan. Gula pasir sekilo berapa coba. Kopi berapa coba. Arggh. Sakit ati ini, kata dia. Seperti ga ada jalan keluar.

Ia pun mengadu ke aku. Susah emg kalo tamu nya yg ga tau diri. Tapi emg ga ada jalan keluar, kecuali persahabatan bisa jd retak. Dari ceritanya aku langsung inget petuah mami waktu aku muda dulu, "Lho, siapa tau itu akan jadi amalmu." Jlebb. Saudaraku lgsg berbunga2 wajahnya. Teraang sekali. "Iya ya bener juga lo." Bukankah memuliakan tamu itu besar sekali pahalanya. Dan pasti diganti ama Allah kalo kita ikhlas. Alhamdulillah saudaraku jadi ikhlas. Dan sekarang alhamdulillah ekonominya teruuus membaik membaik membaik.

Penumpang Tak Dikenal
Temenku, seorang pejabat eselon IV, tiap hari ngantor bawa Kijang Supernya seorang diri (jaman itu kijang super masih mobil baru, blm ada kijang kapsul bahkan inova). Dan di jalan selalu ada gerombolan pegawai2 di halte yang mencegat bis dengan tujuan mgkn sama searah dengannya. Hingga suatu hari ada satu bapak2 tidak dikenalnya yang numpang karena memang searah.
Ternyata oleh si pejabat (atau perjanjian keduanya), si penumpang tak dikenal ini tiap hari boleh menumpang, janjian dari halte situ dan berangkat bareng. Tapi nggak gratis lho, karena sebulan sekali bayar 40 ribu (kejadiannya jaman dulu, jd uang segitu emang lumayan gede).

Mereka pun akrab, jd teman seperjalanan setiap hari. Kira sepuluh bulan kemudian, si penumpang tak dikenal ini butuh uang dan mau minjem 400 ribu. Si pejabat dgn senang hati meminjamkan. Dan besoknya di halte itu, si penumpang tidak dikenal tidak ada di situ. Begitu pula besoknya, besoknya dan besoknya. Persis membawa pergi uang 40 ribu dikali sepuluh bulannya. Jlebb. Dapet apa selama sepuluh bulan? Duit ilang, temen baru juga ilang. Dapetnya sakit ati.

Padahal kata Rasulullah ”Setiap anggota badan manusia diwajibkan bershodaqoh setiap hari selama matahari masih terbit. Kamu mendamaikan (dua orang yang sedang berselisih) adalah shodaqoh, kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraanya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah shodaqoh, berkata yang baik itu adalah shodaqoh, setiap langkah berjalan untuk shalat adalah shodaqoh, dan menyingkirkan suatu rintangan di jalan adalah shodaqoh” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Kesimpulan
Semua hal emang kembali ke niat kita apa. Ngasih jalan buat mobil lain, niatnya supaya apa. Minjemin temen motor, memuliakan tamu, niatnya apa. Ngasih tumpangan orang niatnya apa.
Kalo kita ringankan kesulitan orang lain, tapi kita gantiiiiii niatnya cm karena ridho Allah, kelak akan dateng pertolongan yg ga diduga2 insya Allah. Addda aja kemudahan2.
Ketika panas2 terik matahari siang bolong, eh mobil mogok di jalan, in the middle of nowhere, ga bisa distarter2. Jleb. Piye iki? Tiba2 ada angkot bison mendekat, "Mas, mau saya tarikin?" tanya sopirnya."Di depan situ ada bengkel." Subhanallah.

Ketika tengah malam naik mobil carteran, saat melalui jalanan berkelok di tengah hutan, lampu mobil mati. Gelaaappp gulita. Mobil jalan pelaan. Kalo berenti menepi takut dimakan macan, digondol genderuwo. Kalo jalan terus pelan2, ya cm nunggu waktu aja ditabrak mobil lain, nabrak pohon atau masuk jurang. Tiba2 ada truk besar di belakang yg menyalakan lampu terang benderang ngasih penerangan. Teruss aja ngikut di belakang, ga mendahului, terus mengantar sampai ke jalanan kota yg berlampu-lampu.
Subhanallah.

Kata Rasulullah, "Barangsiapa yang meringankan dari seorang mukmin satu kesulitan dan kesulitan-kesulitan dunia, maka Allah akan ringankan untuknya satu kesulitan dari kesulitan-kesulitan Hari Kiamat. Barangsiapa yang memudahkan seorang yang mengalami kesulitan, maka Allah akan beri kemudahan untuknya di dunia dan di akhirat. Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim maka akan Allah tutupi (aibnya) di dunia dan di akhirat. Allah akan senantiasa menolong hamba selama sang hamba tersebut menolong saudaranya.“ (HR Muslim)

4 komentar:

  1. Thx sharingnya...

    Izin copas gambar tangan di atasnya, ya...

    Salam YAKIN SUKSES !!!

    BalasHapus
  2. -abe: silakan2 mas, ane juga dpt copas kok ^_^

    BalasHapus
  3. aaaaahhhhhhh jleb 3x

    BalasHapus