Senin, 06 Juni 2011

Masih merasa lebih dari orang lain?

Permisiiiii.. mau nanya.
Siapa yg suka liat org yg sombong?

"Huh amit2 deh tuh orang songong baaanget sih." kata kita sambil pasang tampang bersungut2 ,"Disapa diem aja kaya ga kenal.Awas ga bakal deh nyapa2 lagi." Kita ngomel2 sendiri sebel ama si Fulan sampe kita gatau kalo barusan ada mas2 cleaning-service yg papasan dgn kita menganggukkan kepala sambil senyum, tp kita ngga tau dan cuek. Whatta?
See? Siapa yg sombong skrg?


"Amit2 dah itu Mrs.Songong itu bangga bangeeeettt ceritain rumahnya yg seharga 1 milyard. Diulang-ulang. Diulang-ulang. Pliiiis deh.Ga nyadar apa suka pamer2 kaya gitu?" kata kita sambil ketawa2 ngejek di depan ibu2 arisan, "Mungkin tuh Ibu pengen selevel ama kita-kita, jeung." Trs semua ibu2 lain ketawa. Hellow? Look who's talking now.


"Ya elah liat tuh Fulanah petantang-petenteng kemana2 bawa kamera DSLR mahal, yang lensanya panjang gede harus dipegangin dua orang." kata kita ke orang sebelah, "Hasil jepretannya ga jauh beda ama jepretan tukang foto keliling kampung gitu kok."  Jleb jleb jleb. Dya know this guy?

"Sial tuh ce2 karyawati mall, gue lewat eh dicuekin, liat2 barang malah dikacangin, mentang2 penampilanku biasa2 aja. Yg ditawarin cuma orang2 yg penampilannya borjuis doang." kata kita sambil menggerutu."Blagu banget sih. Ga tau apa kalo gaji ku sebulan sama kaya gaji dia setahun? Sini lo kerja ama gue aja." Hmmh, siapa sebenarnya yg pengen dianggap "lebih" ama orang lain?

Yup.
Kita ga suka liat orang sok atau keliatan sok. Kita eneg liat orang sombong atau keliatan sombong. Tp kalo liat dari cerita di atas (yang bener2 ada di keseharian kita), pertanyaannya jadi diganti  Siapa yg sombong skrg? Look who's talking now dan Dya know this guy? Ya orang itu ya kita sendiri. Aku, squ, kamu, dia, mereka, kita ini yg sbnrnya sombong.

Allah berfirman,
”Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” [QS. Al Israa’:37]

”Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” [QS. Luqman:18]

Dan banyak lagi dalil2 tentang betapa dibencinya sifat sombong itu.
Ya akhi wa ukhti fillah.
Sebenernya yg sombong itu kita.
Jadi setiap kali kita ngatain si Fulan sombong, si Fulanah songong, sebenarnya kita sndiri jg udah sombong tuh.
Sombong merupakan perbuatan yg paaaling dibenci Allah. Iblis dilaknat dan dikutuk ama Allah Azza wa Jalla ya karena kesombongannya kan. Dan ternyata kita semua punya sifat itu :(

Ada bnyk macem2nya sombong. Tapi sombong yang dibahas dari atas tadi ini adalah perasaan merasa lebih dari orang lain. Merasa gajinya gede, lbh gede dari org lain. Merasa good looking, lbh keren dari orang lain. Merasa udh yg paling pinter, lebih berilmu dan berwawasan dari yg lain. Merasa lebih mulia, lebih baik, lebih tinggi derajat drpd orang lain. Dan sebagainya.

Yuk dikoreksi yuk. Kita jadiin kelebihan kita ini jd hal yg positif.
Kalo emg iya kenyataannya gaji kita lebih gede dari orang lain, berarti sodaqoh kita jg harus jauh lebih gede dong dari yg lain. Kalo emg iya kenyataannya kita good looking, ya ayo dimanfaatkan yg positif.
Kalo emg kenyataannya kita lebih berwawasan, lebih tau ilmu ini itu dari yg lain, ya di-share ke yg lain. Dibagi, diajarkan. Ilmunya bukan dibuat petentang-petenteng. Yang jago bahasa inggris, ya diajarkan ilmunya ke yg lain. Yang jago bahasa arab, ya diajarkan ilmunya ke yg lain. Bahkan yg belum bisa bahasa arab pun, pengeeeeeen banget bisa bahasa arab dan kalo udah bisa trs pengen ngajarin yg lain. Percuma juga kalo kita punya ilmu tapi dipake sendiri ga diajarkan ke yg lain (pdhl itu bisa jadi amalan kita yg ga akan putus2 bahkan sampe kita di alam kubur).

So, ga penting ya dianggap lebih ama orang lain mah. Yang penting itu apa yg bisa kita lakukan dgn kelebihan yg dianugerahkan Allah kepada kita ini, untuk dipergunakan secara maksimal agar bermanfaat untuk kebaikan bagi orang lain.
Semoga kita bisa belajar mulai hari ini utk tidak merasa lebih dari yg lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar