Senin, 15 Desember 2014

Bermaksiyat Kala Sendiri



Dalam sebuah kajian, Ustadz Ahmad Zainuddin Lc hafidzahullah berkata, "Imannya ngga jujur!" sambil memberi ilustrasi ketika ada ikhwan berjenggot, bercelana tidak isbal, atau sebutlah seorang akhwat berjilbab lebar yang ternyata di rumah masih menonton acara ngga bener di televisi (sinetron, gosip infotainment, atau musik2). "Imannya ngga jujur!" ketika kemudian ada tamu dateng, lalu tv nya buru2 dimatikan, "wah itu yg dateng temenku ngaji di masjid Astra Sunter." Orang ini ternyata lebih takut kepada temannya ngaji, daripada takut kepada Allah Ta'ala.

Yaa ikhwah.
Di kala bersama orang banyak, tampaklah keshalihan kita. Bahkan orang menyangka kita ini ahli ilmu, subhanallah. Padahal sesungguhnya bukan begitu. Abdullah bin Mas’ud radhiallahu anhu berkata, "Bukanlah ilmu itu diukur dengan banyak­nya (hafalan) riwayat. Akan tetapi pokok dari ilmu adalah ‘Khashyah’ (rasa takut) kepada Allah."
Tapi di kala seorang diri, masuk ke dalam kamar tanpa ada seorangpun yg tau, pintu ditutup, lalu kita bermaksiyat. Seakan lebih takut pada pandangan manusia daripada pandangan Allah Ta'ala.
"Apa ya akhi? Itu, yang di tangan antum!" kata Ustadz Abu Yahya Badrussalam, Lc hafidzahullah saat menjelaskan tentang bab ini.
Gadget. Handphone. Tablet. Blackberry. Laptop. You name it.

Segala apa keburukan bisa dengan mudah kita dapatkan di gadget canggih kita.
Tinggal search aja di google. Cari videonya di youtube. Atau berselancar di situs2 ga bener. Astaghfirullah.
History di browser bisa dihapus, tapi bagaimana menghapus apa yang sudah dicatat oleh malaikat?
Hati2 ya ikhwah, sebab -na'udzubillah- itu bisa jadi penghancur amal-amal shalih kita.


Ada orang yg membawa pahala kebaikan sebesar gunung di hari kiamat. Udah seneng nih dia, lalu kemudian gunung itu hancur tak bersisa. Pahala kebaikan yang sudah dikumpulkannya sirna seketika. Sebab apa? Sebab dia kerap melakukan maksiyat secara sembunyi-sembunyi.

Dalam sebuah riwayat disebutkan:
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Sungguh saya telah mengetahui bahwa ada suatu kaum dari ummatku yang datang pada hari Kiamat dengan membawa kebaikan sebesar gunung Tihamah yang putih, lantas Allah menjadikannya sia-sia.” Tsauban berkata; “Wahai Rasulullah, sebutkanlah ciri-ciri mereka kepada kami, dan jelaskanlah tentang mereka kepada kami, supaya kami tidak menjadi seperti mereka sementara kami tidak mengetahuinya.” Beliau bersabda: “Sesungguhnya mereka adalah saudara-saudara kalian dan dari golongan kalian, mereka shalat malam sebagaimana kalian mengerjakannya, tetapi mereka adalah kaum yang jika menyepi (tidak ada orang lain yang melihatnya) dengan apa-apa yang di haramkan Allah, maka mereka terus (segera) melanggarnya.” (HR Ibnu Majah – 4235, berkata Al-Mundziri: para periwayatnya tsiqot/ kuat-terpercaya, dan dishahihkan oleh Al-Albani)

Dicontohkan dalam perkara ini adalah di kala ihram, seorang muhrim tidak boleh berburu binatang lalu Allah menguji mereka.
Allah Ta'ala berfirman yang artinya,
"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya Allah akan menguji kamu dengan sesuatu dari binatang buruan yang mudah didapat oleh tangan dan tombakmu supaya Allah mengetahui orang yang takut kepada-Nya, biarpun ia tidak dapat melihat-Nya. Barang siapa yang melanggar batas sesudah itu, maka baginya azab yang pedih." (QS. Al Maidah ayat 94)

Ini adalah nasehat untuk diriku sendiri terutama, dan kita semua.
Jika dalam kesendirian dan mulai tergoda untuk bermaksiyat, ingatlah dalil-dalil di atas.
Ustadz Zulfi Akmal hafidzahullah pernah berpesan -kurang lebih-, kau bisa tutup pintu kamarmu rapat2 dan bermaksiyat di dalamnya, sementara Allah Ta'ala tetap mengirimkan oxigen kepadamu untuk bernafas.

Mudah2an bermanfaat.
Ilal liqa'.

15 komentar:

  1. Nancep bgt tulisannya akh.. makasih telah mengingatkan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Halo,
    Saya Ibu Amanda Mealy, Servicer pinjaman swasta. Anda secara finansial turun? Mencari pinjaman untuk memelihara bisnis anda atau membayar tagihan Anda dan hutang? Saya tahu permintaan pinjaman anda harus telah ditolak oleh bank dan lembaga-lembaga keuangan lain namun khawatir tidak ada lagi. Aku memberikan pinjaman keluar melalui transfer bank atau cek akun secara lokal dan internasional untuk setiap orang yang membutuhkan pinjaman dan dapat membayar kembali pada tingkat yang sangat rendah dari 2%. Bagian yang terbaik adalah bahwa ia tidak memerlukan banyak pekerjaan kertas. Aku terdaftar dan disetujui oleh Inggris untuk menyediakan layanan keuangan di seluruh dunia
    anda dapat menghubungi kami melalui email: (amandamealyfinancial@gmail.com). Datang kepada kita sekarang mari kita hidup anda lebih baik.

    BalasHapus
  4. Halo,
    Apakah Anda mencari pinjaman? Anda memerlukan Pinjaman Usaha, Pinjaman Pribadi, Pinjaman Perumahan, Atau apakah Anda menolak pinjaman bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Kamu disini Perusahaan pinjaman Eva Molska kami terbatas untuk memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini via evamolska12@gmail.com

    BalasHapus
  5. Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada MARET 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 3-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan mengenai situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  6. Halo,
     Saya adalah Mr.ALEXANDER ROBERT, dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM, ini adalah pinjaman Asli yang akan mengubah hidup Anda menjadi bisnis yang lebih baik, perusahaan pinjaman pinjaman, Diberikan dan diberi lisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan. rendahnya tingkat manfaatnya sebanyak 2%.

    Saya adalah Tuan ALEXANDER ROBERT, akan memberikan penghormatan saya kepada semua pemohon yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam urusan bisnis ini karena perusahaan akan memastikan pinjaman Anda terserah Anda, itu juga tidak akan berakhir di sana, kami memiliki tim ekspat yang mengerti hukum investasi, mereka akan membantu Anda, memberikan tip yang akan membantu Anda mengelola investasi Anda sehingga Anda menginvestasikan pinjaman Anda, jadi Anda tidak lagi bangkrut dalam hidup Anda dan tawaran menakjubkan ini hadir dengan pinjaman Anda, Hubungi kami hari ini melalui email alexanderrobertloan@gmail.com

    Layanan kami meliputi:

    * Pinjaman pribadi
    * Amankan Pinjaman
    * Pinjaman tidak dipagari
    * Hasil pinjaman
    * Pelatihan pinjaman
    Pinjaman pinjaman
    Pembayaran pinjaman
    * Pinjaman siswa
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Otomatis
    * Resolusi Pinjaman
    Pinjaman Pembangunan
    Pinjaman pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pendidikan
    * Penunjukan salah

    Silahkan isi formulir permohonan pinjaman di bawah ini dan kembalikan kepada kami untuk melayani kami dengan lebih baik melalui e-mail:
    alexanderrobertloan@gmail.com

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat bekerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelum:
    16) Tanggal lahir:
    Terima kasih,
    Mr ALEXANDER ROBERT (alexanderrobertloan@gmail.com)

    BalasHapus
  7. Apakah Anda dalam masalah keuangan? Apakah kamu butuh a
    pinjaman untuk memulai bisnis atau membayar tagihan Anda? Kita
    meminjamkan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal dan internasional dan juga dengan suku bunga yang sangat rendah sebesar 2%.
    Terapkan Sekarang Melalui Email: (leonardodorafinance@gmail.com)
    Terima kasih dan Tuhan memberkati

    BalasHapus
  8. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas pelajaran yang di berikan,, saya rekomendasi share lagi lebih banyak.
    Saya numpang lewat dan promosi ya min ;)

    Agen IDN Poker
    Judi Poker Online
    Poker IDN Indonesia

    BalasHapus
  10. Halo min, salam poker dari saya, izinkan saya share ya diblog anda min,, kunjungi langsung situs judi poker online terpercaya kami...

    Agen Poker Indonesia
    Poker Online Terpercaya
    Agen Poker Resmi

    BalasHapus
  11. Betway US casino app - JTG Hub
    Casino app 군산 출장마사지 offers a huge variety 출장안마 of games. From table games 아산 출장샵 to online sports betting, the 아산 출장안마 Betway US app is available on 울산광역 출장마사지 iOS and Android.

    BalasHapus