Minggu, 13 Mei 2007

4 Ciri Khas Lucu Di Madura

Udah dua setengah tahun aku penempatan di pulau madura yg gemah ripah loh jinawi ini. Banyak sekali hal2 baru yg aku ketahui, yg masyarakat luas belum tau.  Berikut ini adalah hal2 keren dan seru yg perlu temen2 ketahui biar kalo penempatan di sini udah gaul dan ga dianggep kuper.




1. Tau ngga kalo di madura tuh ngga ada TK? Eh udah tau ya? hehehe banyolan lawas. Iya bener, di sini adanya TN, Taman Nak Kanak.




2. Tau ngga kalo di madura tuh tentaranya ga pake baju hijau? Masa sih, squ? Iya, tentara sini bajunya biru. Hehehe orang madura emg kalo menyebut warna hijau tuh biru. So waspadalah jangan salah.




3. Tau ngga kalo di madura makanan pokoknya bukan nasi? Waduh masa sih?? Trus apa dong? Makanan pokoknya tuh nasek*). Hehehehe beda nyebut aja. Kalo kamu di bis ada yg jualan nasi, dia pasti teriak "sek naseeek.."




4. Tau ngga kalo org madura belum pernah ke Surabaya? Halaaah ga mungkin laah, Surabaya ke Madura kan deket banget? Hehehehe, soalnya nyebut Surabaya tuh Surbejeh**). Surabaya kok bs jd Surbejeh ya? Ada lagi. Kalo mau ke kabupaten Bondowoso nyebutnya jg Bendebesah. Huruf Y dibaca jd J, huruf W dibaca jd B. Malah temenku Edwin dipanggil Edbin. Hihihi lucu banget.




Keren kan ya? Pengetahuan baru nih. Anggep aja tambahan pengetahuan umum antar culture di Indonesia. Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Siapa tau kalo temen2 jg punya cerita khas daerah lain yg juga lucu-lucu.


*) huruf E dibaca sama seperti huruf E pada kata enak
**) huruf E dibaca sama seperti huruf E pada kata perih

6 komentar:

  1. Brarti Mz yan dipanggila pak Ardijan dunkz wekekekekeke Alamakjan...;p

    BalasHapus
  2. Waktu tinggal di SBY dulu gw bisa tiap bulan ikut om gw pulang ke bangkalan. Pertama geli aja liat orang maen sepak bola pake sarung, narik becak & motor pake sarung, kalo kesrimpet gimana

    BalasHapus
  3. Cuma di Madura gw liat orang beraktifitas segala macem pake sarung, hehehe...

    Tapi berkesan banget karena mbah di sana kalo mbuat sate uenak, empuk.. & rajungan-nya bikin ngiler lagi nih

    BalasHapus
  4. tyas: kalo gt km jd tijas dong,hehe
    titien: ada kturunan mdr jg dong?iya dsini jg gt,tp yg pelosok,kalo d kota c enggak.

    BalasHapus
  5. Gak, gw gak ada darah Madura, cuma keluarga adik ipar nyokap yang dari daerah itu & gw deket sama mereka semua.
    Nenek moyang saya dari Kediri, Om... permisi..

    BalasHapus
  6. madura...
    satenya enak, potong rambutnya rapi...
    tradisinya beragam....

    BalasHapus