Sabtu, 28 Mei 2011

Apa-apa Yang Menghalangi Kita Untuk Sholat Tahajud

Banyak di antara kita yang lebih mudah bangun malam untuk nonton bola drpd bangun malam untuk sholat Tahajud. Bener ngga? Kadang udah bangun tuh malem2, dini hari, tapi ya ngga ambil wudhu, ga sholat barang dua-empat rakaat. Mending duduk depan tv aja mantengin pemain2 bola. Glory glory, bersorak2 ketika tim kesebelasan nya menang. Bener gitu? Padahal bukannya "hayya alal falaaah" berarti raih kemenangan yg sebenarnya?

Jlebb ada yg kesindir? Hihihihi maap maap, toh yg kesindir ini, abis ini sebelum mantengin tv liat bola, pasti lgsg ke belakang dulu ambil wudhu, trs sholat malem, berdoa, trs balik lagi duduk di depan tv. Insya Allah.Menurutku sendiri nih, ada beberapa hal yang menghalangi kita sholat tahajud. Yang bikin kita jadi males, atau enggan untuk bangun dan sholat malam.




1. Ga kepikiran tahajud sama sekali.


Well, mau ngomong apa kalo gini. Biasanya sih karena kita terlalu banyak mikir duniawi. Jadi niatan utk "ah pengen deeeh bisa tahajud" itu emang ga pernah ada. Angin lalu. Wuuuz, apaan tuh. No reken you. So, kalo emang ga kepikiran buat itu, mgkn notes ini ga akan berguna. Bahkan waktu liat judulnya aja, lgsg males buat ngeklik. Paan tuh.Etapiiii kalo udah ngeklik, dan d dalam hati masiiih ada setitik asa pengen belajar, ayo kita baca berikutnya sampe selesai ^_^

2. Sholat tahajud cuma sholat sunnahI

Ini nih salah satu nya yg bikin kita berat sholat tahajud. Ya kan emg cm sholat sunnah. Ga wajib. Jadi kalo ga dikerjain juga ga apa2, ga dosa ini. Tidur masih enak.Ya sih tahajud emang sunnah.Qiyamul lail itu hukumnya sunnah, sebagaimana Rasulullah sabdakan, “Shalat yang paling utama sesudah (shalat) fardhu, (ialah) shalat lail” (HR. Muslim).
Tapi Gan, ini sunnah yang selalu dikerjakan Rasulullah SAW. Tiap hari lho ya. Bahkan ketika Rasulullah tidak tahajud dalam suatu malam, beliau menggantinya dengan 12 rakaat sholat sunnah di waktu Dhuha. Kalo sebenarnya ibadah sunnah itu baik dikerjakan, tapi tidak dikerjakan juga tidak apa-apa. Sekarang jadi bisa diartikan (kata guru ane dulu), ibadah sunnah itu baik dikerjakan, tapi rugi bila tidak dikerjakan.
Sehari aja ngga tahajud.

Duh,nyesseeeeeellllll.Nyeseeeeeell nya bisa seharian. Coba.
Sampe harus ada nebusnya tuh diganti pake 12 rakaat di waktu Dhuha, baru deh agak legaan. Seakan2 kita udah melewatkan satu waktu terbaik utk bertamu ama Allah.Al-Mughirah bin Syu’bah Radhiallahu’anhu berkata: Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam berdiri (sholat pada waktu malam) sehingga kedua kaki beliau bengkak. Maka beliau ditanya; Bukankah Allah telah mengampunimu dosa yang telah lalu dan yang akan datang? Beliau menjawab: "Apakah tidak sepatutnya aku menjadi seorang hamba yang bersyukur”(HR. Bukhari dan Muslim).

Jaman dulu Aisyah bangun malam2, Rasulullah masih sholat malam. Aisyah tidur, trs bangun lagi, Rasulullah masih sholat lagi sampe kakinya bengkak2. Kalo sekarang istri terbangun malam2, liat suaminya bersila depan tv liat bola, berisik denger "Goooll!!" Trs tidur lagi. Eh kebangun lagi, si suami tetep di depan tv sampe kakinya linu2 bersila, pantatnya panas, karena ga beranjak duduk selama 2x 45 menit. Eh sekali lagi maap ya membandingkan nya ama bola. Soalnya jam segitu (dini hari), aktifitas yg paling sering ada di antara kita ya nonton bola. Bukan dugem, bukan clubbing, bukan ajep2. Ini kayanya udah so old school lah yaaa.

Padahal ya gan, Allah berfirman:“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” (QS. Adz Dzariyat: 15-18).

Nah sedap ngga tuh janji Allah.

Insya Allah kita abis ini ngga meremehkan ibadah sholat tahajud karena cuma ibadah sunnah ya.


3. Tidur terlalu malam

Manusia dewasa kaya kita nih, tidurnya 6 jam udah cukupp. Kalo bayi sih emang 8 jam ya. Kalo anak2 mungkin 7 jam. Tapi kalo manusia dewasa cukup 6 jam. Bahkan orang2 tua, para manula tidurnya cuma 5 bahkan 4 jam aja, udah ga bisa merem lagi. So, kalo ada orang yang tidurnya lengket ama kasur, lebih dari 8 jam, itu berarti pingsan!Ah jarang kok orang tidurnya selama itu kalo ngga ngobat. Tapi sussah squ mau bangun malem. Iya susah karena tidurnya yang terlalu malem. Anggep lah tidurnya standard tiap malem jam berapa? Jam 11 ya? liat tv dulu? atau nongkrong ama tetangga? Biasanya liat tv ya? atau main game, atau internetan. Oke anggeplah jam 11, maka 11+6 berarti jam 5 pagi baru bangun. Gagal deh dapet sepertiga malam terakhir.

Emang the best time nya sepertiga malam terakhir itu kapan?
Yg paling utama sih antara dini hari sampe sebelum berkumandang adzan Subuh. Ada riwayat hadits Zaid bin Sabit ia berkata: Kami makan sahur bersama Nabi kemudian beliau pergi shalat. Ada yang bertanya: Berapa (lama) antara adzan dan waktu makan sahur ? Dia (Zaid) menjawab: kira-kira (selama membaca) lima puluh ayat” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kalo di Arab sih, sekitar sejam-an sebelum adzan Subuh, berkumandanglah adzan Fajar. Jadi itu seakan2 buat ngingetin atau jadi patokan, bahwa ini nih waktunya sepertiga malam terakhir. Jadi kalo subuhnya jam 4 pagi, maka tahajudnya mulai jam 3 pagi.Kembali ke ukuran tidur kita yg cuma 6 jam. Artinya kalo kita mau bangun malem jam 3, maka kita harus tidur jam 9 malem. Deal ya? Meleset2 dikit gapapa lah, disesuaikan ama wilayah masing2. Kalo aku biasanya tidur tuh jam 9. Meleset2nya ya setengah sepuluh. Kalo lagi baca buku bagus ya jam sepuluh, tapi jarang sih. Karena kalo tidur jam 10, aku tetep akan bangun jam 3 tapi dengan masih ngantuk, galau, labil, maksa, dan berat (karena tidurnya cuma 5 jam).

Get the point ya agan? Klo mau bangun jam tiga, tidurnya ya jam 9. Rasulullah juga gitu kok, kalo tidur malah lebih early lagi. Dan apa yg menghalangi kita tidur lebih early begini? Apalagi kalo bukan tv? Iya kan? So mari kita sepakat, kalo benda kotak memukau bernama tv itu emg sungguh memabukkan.

4. Udah biasa ga sholat subuh di awal waktu.

Gimana mau sholat tahajud, gimana mau bangun malem, kalo sholat subuhnya aja santai2. Dipuas2in aja ngebo nya. Ntar sebangun2nya aja lah baru sholat subuh. Malah kadang dijadiin kebiasaan lho, bangun sebangun2nya gitu. Misal bangun tidur jam 6 setiap pagi, trs cek Blekberi, trs duduk di kasur, ambil remote tv, liat tv Oon sebentar, trs terbuai. Trs kucek2 mata, trs ke kamar mandi, wudhu, kemudian gelar sajadah di kamar trs sholat subuh 2 rakaat dalam 1 menit, trs liat tv lagi.Ada yg gitu?Aku pernah baca ttg siksa neraka bagi orang yg suka menunda2 sholat yg kaya gitu. Tapi lupa persisnya, barangkali ada temen yg mau bantu boleh lah sekalian perowinya ya.

Orang yg biasa menunda2 sholat, biasanya juga sulit utk sholat tahajud. Iya bener.Aku pernah ikut rapat sidang dengar pendapat ama Anggota Dewan bersama menteri keuangan, dirjen pajak dan direktur2 eselon II. Duduk ku di tengah pula. Kursinya kayu2 berat yg kalo mau geser akan mendorong kursi2 lain, dan berat banget. Kalo aku mau keluar dari ruangan, berarti aku harus menyapu minggir itu para eselon II. So, ketika waktu sholat tiba, aku cuma bisa gelisah, karena rapat masih terus dilanjutkan, ga ada yg bergeming. Gelisah. Gelisah. Kapan usai. Kapan usai.Kata Ust Yusuf Mansur, "Amit aaaamiit tuh Anggota Dewan. Sholat diundur2 kaya gitu. Kagak mungkin dah yang kaya gitu tiap malem bangun sholat tahajud doain rakyatnye! Apalagi sholat subuh berjamaah di masjid, piuuh!" Itu micropon kena sembur.

Tapi bener juga ya.
Yang paling sulit sholat di awal waktu mungkin emang subuh ya? Trs apa sih kok selama ini bisa bangun pas sholat subuh? Alarm dan kumandang adzan dari toa masjid? Bener ya? Lebih top mana tuh di antara keduanya? Jelas alarm laaaah. Karena alarm bisa kita setel sesuka kita. So, kalo emang tiap hari udah setel alarm jam 4 misalnya ketika masuk waktu subuh, puter deh lima belas menit ke belakang. Lumayaaaan tuh lima belas menit bisa buat sholat tahajud dua rakaat plus berdoa nya. Trs terdengar deh suara adzan.Kalo udah biasa, diputer lagi deh itu alarm jadi setengah jam ke belakang. Jadi jam 3.30 bangun. Lumayaaan bisa sholat tahajud empat rakaat sekalian doa nya. Boleh dicoba tuh, gan!

5. Alarm kurang maksimal

Jiyaaaah, ada2 aja nih squ. Nomer limanya kok bisa pas banget kelanjutan soal alarm. Ya emang disengaja gitu kali hahaha.Ada emang beberapa orang yg udah pasang alarm tapi ternyata ga maksimal membangunkan. Berarti setannya kuat banget tu nyumpetin kuping kita. Clepp. Wuuung, ga denger apappun. Begitu tidur, udah deh di alam lain, kaya yg ga balik2 ke dunia nyata lagi.

Caranya gini. Jgn cuma ngandalin alarm.Ayo berdoa dulu sblm tidur, minta dibangunin buat sholat tahajud. Trs abis itu pasang alarm yg banyak. Jangan cuma satu, tapi dua. Letaknya juga kudu strategis. Kalo terlalu deket, gampang tuh kamu matiin lagi dan tidur lagi. Syukur2 tuh kalo punya alarm yg ada model snooze nya.

Jadi walau udah dimatiin, tapi juragan belum bangun, si alarm akan tetep bunyi sepuluh menit kemudian. Dikeplak lagi, mati. Sepuluh menit kemudian bunyi lagi. Mantap tuh alarm model gitu.Kalo naro alarm nya terlalu jauh, juga ntar malah ga efektif. Ga denger, malah sia2. So naro nya di tengah2 aja. Ga terlalu jauh, tapi ga terlalu deket. Ga terlalu jauh sehingga suaranya ga terdengar, ga terlalu deket sehingga mudah bagi kita utk menjangkau.

Bunyi alarm juga dipilih yg efektif. Ada alarm nya temenku bunyinya suara cewek, "Bangun. Bangun. Baaaangun." suaranya lembut banget mendayu2. Trs kalo dikeplak, dia bunyi. "Selamat pagi." Gak siang ga malem, asal tombol di atasnya dikeplak bunyinya selamat pagi. Nah alarm mendayu2 begini jangan dibeli gan, ga bakal bisa bangun, yg ada malah terbuai.Ada bunyi alarm yg tit-tit tit-tit tit-tit, trs klo dicuekin jadi tititititititititit. Huwaaa alarm model gini bikin sakit jiwa Gan, kaget yg sekaget2nya, nyawa belum sambung udah dipaksa kebangun, mata melotot, panik, kacau, jantung berdegup2 cepat. Pilih deh alarm dengan bunyi yg paling passss buat kita. Ga bikin terbuai tapi juga ga bikin sakit jiwa.


Ada alarm lain yg lumayan gencaaarrr berbunyi di waktu2 itu, yaitu kokok ayam. Kukuruyuk berulang2. Jam berapa tuh? Jam dua, jam tiga, jam empat. Abis itu udah deh ayam2 itu ga berkokok lagi. Kenapa ayam berkokok jam segitu.Pernah ada yg nulis di status FB nya, "Ayaam gilaaaaa, jam segini udah berkokok." Waktu itu sekitar jam dua dini hari dia ngomel2. Padahal itu ayam2 lagi liat malaikat. Mungkin jam segitu banyak sekali malaikat yang turun ya.“Apabila kamu mendengar ayam jago berkokok (di waktu malam), mintalah anugerah kepada Allah, sesungguhnya ia melihat Malaikat.

Tapi apabila engkau mendengar keledai meringkik (di waktu malam), mintalahperlindungan kepada Allah dari gangguan syaitan, sesungguhnya ia melihat syaitan.(HR.Bukhari)Trs alarm gimana squ yg paling efektif? Alarm paling efektif buat bangunin kita adalah pasangan kita. Misal suaminya udh bangun duluan, trs cium2 pipi istrinya. "Cintaa, bangun yuk, tahajud ama papa." Atau istrinya yg cium2 suaminya, "Ayah, katanya mau tahajud. Anterin Bunda ke belakang yuk."

Waaah senangnya. Trus gimana biar pasangan kita kaya gitu? Balik lagi ke tulisanku yang lalu di sini, yg ada 5 Hal yang sebenarnya kita udah tau itu Oke, gan.

Thats it, lima hal yg mgkn bisa bermanfaat.
Sebenarnya di internet banyak tips2 bangun malam yg lain. Yg kutulis ini cuma yg aku tau aja. Kalo masih merasa kurang bisa coba googling baca2 yg lain, sampe dirasa bener2 cocok dan bisa dipraktekkan.
Rasulullah SAW bersabda :“Tuhan kita Yang Maha Luhur dan Maha Agung turun setiap malam kepada langit dunia ketika sepertiga malam terakhir, seraya menyeru : Adakah yang menyeru Ku maka Aku akan menjawab untuknya, adakah yang memohon pada Ku maka Aku akan memberinya, adakah yang beristighfar pada Ku maka akan Kuampuni untuknya” (Shahih Bukhari)

Mulai nanti malem yuk dicoba.

Dan jangan langsung berat2. Mulai lah dikit2 biar bisa istiqamah. Misalnya tahajud dua rakaat, witir satu rakaat. Gitu dulu dibiasain. Ntar nambah, dua dua satu. Ntar nambah lagi. Trs akhirnya kita bisa istiqamah tahajud sebelas rakaat, suratnya satu juz misalnya. Mantep ya. Aamiin.

Dalam kajian ttg istiqamah, Ust Maududi Abdullah berkata, "Syaitan ketika ingin membuat kita tidak mampu berbuat apa2, terkadang dia bukan dengan membatasi kita untuk berbuat. Malah didorongnya kita untuk berbuat. Diberikan kita semangat untuk berbuat. Yang dia tembak adalah ujungnya kita K.O."
Sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, "“Wahai ‘Abdullah, janganlah engkau seperti si fulan. Dulu dia biasa mengerjakan shalat malam, namun sekarang dia tidak mengerjakannya lagi.” (HR. Bukhari)

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga bersabda,“Amal yang paling disukai Allâh adalah yang dilakukan secara rutin (istiqamah) walau pun sedikit”. (H.R. Muttafaqun 'alaih)

Semoga bermanfaat ya Gan.
Ilal liqa'.

12 komentar:

  1. Terimatkasih udah ngingetin, cara penyampaiannya bagus

    BalasHapus
  2. itu alarm yang banguninnya pake cium ituuu...jadi baperrrrr.... masiii jomblooo gini ya ALLAH Minta jodoh

    BalasHapus
  3. Sholeh nih sepertinya squ, Insya Allah. Waktu rapat gelisah karna nunda waktu sholat, i like ur statement. Semoga selalu istiqomah, Aamiin.

    BalasHapus
  4. Pinjaman untuk semua jenis tujuan
    Kami menawarkan jumlah minimum 5.000,00 euro sampai 10.000,00 euro sampai 20 juta euro
    Dengan suku bunga pinjaman 2% rendah
    Periode: sampai 25 tahun tergantung jumlah pinjaman yang Anda butuhkan.
    Pelanggan harus
    lebih dari 18 tahun
    Transaksi ini 100% aman untuk semua pelanggan
    Untuk informasi lebih lanjut tentang kredit, silahkan hubungi kami via e-mail:
    (leonardodorafinance@gmail.com)

    BalasHapus
  5. Saya ingin mengembalikan semua kemuliaan kepada Allah atas apa yang dia gunakan untuk dilakukan oleh Ibu Alicia Radu dalam hidup saya, nama saya Yetty Sunarsih dari Sandakan di malaysia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan sejak itu hidup telah menjadi sangat kasar bagi saya dan keluarganya dan saya telah mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di malaysia dan saya ditolak dan dikurangi karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    pada hari ini yang setia ketika saya melalui internet, saya melihat kesaksian ROBBI bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan saya menghubungi dia untuk bertanya tentang Ibu dan bagaimana benar pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan dia mengatakan kepada saya bahwa benar dan saya menghubungi Ibu Bunda Alicia Radu dan mengajukan permohonan pinjaman dan pinjaman Saya diproses dan disetujui dan dalam 24 jam saya mendapat uang pinjaman saya peringatan di akun saya dan ketika saya memeriksa akun saya, pinjaman saya masih utuh dan saya sangat bahagia dan saya bersumpah bahwa setiap perusahaan yang meminjamkan pinjaman saya akan memberikan deskripsi perusahaan, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com) dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (yettysunarsihs850@gmail.com) untuk informasi dan juga teman saya Annisa Barkarya melalui emailnya :( robbi5868@gmail.com)

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Teleph☎:+62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
      Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus