Senin, 23 Mei 2011

Arti Bacaan Sholat Kata Demi Kata

Kalo aku shalat, setelah mulutku mengucap (membaca) bacaannya, nah hatiku jg berbisik mengikuti artinya. Supaya aku tau nih, ketika aku berdialog ama Allah, apa sebenarnya yang aku ucapkan. Aku iki lho ngomong opo sakjane. Karena itu per kata demi kata, harus hapal artinya. Dengan apal per kata nya, jd lebih menghayati. Beneran deh. Yuk belajar bareng yuk.

Ini urutannya.

1. Doa Iftitah:
Allaahu akbar.. (Allah Maha Besar) kabiiraa (lagi Maha Sempurna kebesaranNya)
Wal hamdu lillaahi... (Segala puji bagi Allah) katsiraa (dengan pujian yang sebanyak2nya)
Wasubhaanallahi.. (Dan Maha Suci Allah) bukrataw..(sepanjang pagi) wa ashiila (dan petang)
Inni wajjahtu... (Kuhadapkan wajahku) wajhiya.. (dan hatiku) Lilladzi fatharas samaawaati.. (Kepada Dzat yang menciptakan langit) wal ardha (dan bumi).
Haniifam.. (Dengan lurus) muslimaw.. (dan dengan menyerahkan diri)
Wamaa ana.. (Dan aku bukanlah) minal musyrikiin (dari golongan orang musyrik)
Inna shalaatii... (Sesungguhnya sholatku) wanusukii... (dan ibadahku) wamahyaaya...(dan hidupku)wamamaati...(dan matiku) Lillahi.. (Untuk Allah) Rabbil 'aalamiin (Tuhan Semesta Alam)
Laa syarika lahuu... (Tidak ada sekutu bagiNya) wa bidzaalika umirtu... (dan dengan demikianlah aku diperintahkan) wa ana... (Dan aku) minal muslimin. (dari golongan orang muslim)


2. Al Fatihah
Bismillaahi[r]..(Dengan menyebut Nama Allah) rahmani[r]...(Yang Maha Pengasih) rahiim (Maha Penyayang)Alhamdulillaahi[r]... (Segala puji bagi Allah) rabbil 'aalamiin (Tuhan Semesta Alam)
Arrahmanir rahiim (Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang)
Maaliki...(yang Merajai) yau middiin (Hari Pembalasan)
Iyyaa ka... (Hanya kepada Engkau) na' budu... (kami menyembah) wa iyya ka... (dan hanya kepada Engkau) nasta 'iin (kami mohon pertolongan)
Ih dinaa[sh]... (tunjukkanlah kami) shirraatal.. (jalan) mustaqiim (yang lurus)
Shirraatal.. (yaitu jalan) ladzina an 'amta... (yang Engkau telah beri nikmat) 'alaihim... (atas mereka) ghairil maghdhuubi.. (bukan jalannya yg Kau murkai) 'alaihim... (atas mereka) walladhaaliin... (dan bukan jalan orang2 yg tersesat) amiin (kabulkanlah doa kami)

3. Surat Pendek
Yang ini artinya tergantung suratnya masing2 agan mau baca apa.
Di sini aku cobain ketik Al Asr aja deh ya kan cm 3 ayat, biar gampang apalin artinya

Wal Asr (Demi Masa)
Innal insaana (Sesungguhnya manusia itu) lafii khusriin (benar2 dalam kerugian)

Ilaa ladziina 'aamanuu... (Kecuali orang2 yang beriman) wa amilush shaalihaati.. (dan orang2 yg beramal soleh) watawaa shaw bil haqqi... (dan nasehat menasehati spy mentaati kebenaran) watawaa shaw bishshabr (dan nasehat menasehati spy menetapi kesabaran)


4. Ruku
Subhaana.. (Maha Suci) rabbiiyal 'adhiimi (Tuhan yang Maha Agung).. wa bihamdih (dan memujilah aku padaNya)

5. I'tidal
Sami' Allahu.. (Allah mendengar) liman hamidah (orang yang memuji-Nya)

6. Sujud
Subhaana.. (Maha Suci) rabbiiyal a'laa (Tuhan yang Maha Tinggi).. wa bihamdih (dan memujilah aku padaNya)

7. Duduk di antara dua sujud
Rabbighfirlii.. (Ya Tuhan ampuni dosaku) war hamnii.. (dan kasihanilah aku) wajburnii... (cukupkanlah kekuranganku/ ada jg yg mengartikan tutupi aibku ya) warfa'nii... (dan angkatlah derajatku) war zuqnii (dan berilah rejeki kepadaku) wahdinii.. (dan berilah petunjuk kepadaku) wa 'aafinii.. (dan berilah kesehatan kepadaku) wafu'anii (dan maafkan aku).

8. Tahiyat
Attahiyyatu[l].. (Segala kehormatan) mubaarakaatu[s]... (keberkahan) shalawaatu[t]... (kebahagiaan) thayyibaatulillaah. (kebaikan adalah bagi Allah)
Assalamu 'alaika... (Keselamatan tetap untukmu) ayyuhan nabiyu (wahai Nabi [Muhammad]) warahmatullaahi.. (dan rahmat Allah) wabarakatuh (serta barokah-Nya).
Assalamu 'alaina.. (Keselamatan semoga bagi kami) wa 'ala 'ibadillaahi[s].. (dan bagi kami hamba Allah) shaalihiin (yang saleh-saleh).
Asyhadu.. (saya bersaksi) alla ilaha.. (bahwa tidak ada Tuhan) illallah (kecuali Allah).Wa asyhadu... (dan saya bersaksi) anna muhammadda[r]... (bahwa nabi Muhammad) rasulullah (adalah utusan Allah).

9. Shalawat Nabi
Allahumma sholli... (Ya Allah limpahkanlah rahmat) 'ala muhammad... (kepada nabi Muhammad) wa 'alaa... (dan kepada) aali muhammad... (keluarga nabi Muhammad).
Kamaa shallaitaa... (Sebagaimana Engkau limpahkan rahmat) 'alaa ibrohima... (kepada nabi Ibrohim) wa 'alaa... (dan kepada) aali ibrohiim... (keluarga nabi Ibrohim.
Wabarik... (Dan berikanlah berkah) 'alaa muhammad... (kepada nabi Muhammad) wa 'alaa... (dan kepada) aali muhammad (keluarga nabi Muhammad).
Kamaa barakta (Sebagaimana Engkau beri berkah) 'alaa ibrahiima... (kepada nabi Ibrohim) wa 'alaa... (dan kepada) aali ibrohiim (keluarga nabi Ibrohim)
[Fil 'aalamiina] innaka hamiduun majiid (Sesungguhnya Engkau terpuji dan Maha Mulia.

10. Salam
Assalamu 'alaikum (keselamatan semoga untukmu) warahmatullah (dan juga rahmat Allah).

Mohon maaf kalo ada salah. Semoga bermanfaat.

11 komentar:

  1. Tq sharenya, moga bermanfaat untuk yg lainnya /',;,;/

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin,
      makasih udah mampir

      Hapus
  2. Ijin copas pak... Berguna banget...

    BalasHapus
  3. Subhanallah, sangat berguna, kebetulan saya memang sedang butuh untuk praktek ibadah syarat sidang skripsi :)

    BalasHapus
  4. makasih om semoga ilmu2x berkah, dengan tau arti bacaan sholat semoga ane bisa makin husyu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. @muhammad aswad : aamiin, makasih doa nya mas,
      waiyyaka

      Hapus
    2. salm kenal Mas.

      Hapus
  5. Balasan
    1. @sungkan: silakan mas, jangan sungkan2 :D

      Hapus