Jumat, 20 Mei 2011

Lima Langkah Yang Sebenarnya Kita Udah Tau

 Si suami kalo ngomong bentak2, curigaan, nuduh2 melulu, main tampar main pukul, ngga pulang2 karena ga betah di rumah, pelariannya cari hiburan di luar rumah. Atau mungkin si istri juga sama aja, bentak2 maki2 suaminya, nuduh2 selingkuh, ini dibilang salah begitu dibilang salah. Ngomong dikit lgsg diserang dengan omelan, langsung keluar tanduknya. Apalagi ngomong banyak, malah lebih dikata2in caci maki sumpah serapah. Salah satu minggat keluar rumah. Atau malah dua2nya yang keluar rumah, menghindari ketegangan yang gak selesai-selesai. Anak-anak nangis liat orangtuanya bertikai, pada pergi kesana kesini. Ujung2nya bercerai. Bahkan ada yg sampe pilih mau bunuh diri aja minum baygon. Bahkan sekaleng2nya dimakan biar cepet mati.


Kalo udah kaya gini, kita ga bisa ngerubah pasangan kita jadi seperti yg kita mau. Ngga bisa. Yuk ngubah diri kita sendiri aja dulu. Kalo kata Mario Teguh, pantaskan diri kita dulu. Udah bener belum?
Jangan2 dia begitu ya karena emang kita yg buruk. Tapi berubahnya karena mengharap ridho Allah, jangan mikir siapa tau kalo kita baik dia jadi baik? Mikirnya gini aja, siapa tau kalo kita jadi baik, trs Allah ridho trs memudahkan jalan keluar bagi semua urusan kita. Ya mungkin salah satunya (kita ngga tau rencana Allah) adalah menjadikan dia baik juga buat kita. Trs abis itu liat diri kita sendiri, apa sih yg kurang dari kita. Huiii ternyata banyak banget ya keburuk2an kita yg selama ini sadar ga sadar kita lakuin. Kalo udah gitu kita ikuti lima langkah2 di bawah ini, mudah2an setelah dijalanin jadi ada perbaikan-perbaikan Insya Allah. Tapi ini semua ga akan jalan kalo sejak awal kita udah merasa baik sendiri. Merasa "ih emang dia yg kebangetan, aku selama ini udah baiiiik, udah nurutt, udah sabar dsb" Mending close aja notes ini sekarang karena akan nyape2in baca :D


Nah ini ada lima langkah2nya yg kita juga sbnrnya udah tau.

1.Perbaiki sholat kita dulu. Kalo udah perbaiki sholatnya makin khusyu' makin yakin kalo sedang berdialog ama Allah, otomatis amal2 baik yg lainnya bakal ngikut. Kalo amalan baik lain belum ngikut yaa mmm.. mgkn sholatnya yg harus diperbaiki lagi. Bukankah sholat itu bisa mencegah perbuatan keji dan munkar?
Aku punya tuh ebook gratisan Belajar Sholat Khuyu' Itu Mudah karangan Mardi Bross. Bagus, sederhana bahasa2nya, tapi Insya Allah bikin kita jd ngerti bagaimana memperbaiki sholat kita. Yang minat tinggal pm aja imelnya ntar ane imelin.

2.Tobat yuk. Setelah sholat khusyu nya jalan, nah pasti jadi bertobat. Yuk udahan yuk. Tobat nasuha ya. Tobat yang sebenar2nya tobat, yg ga akan ngulangin yg dulu2 lagi gitu. Kita pasti jadi ketakutan ama dosa2 di masa lalu.
Nangis2 deh mohon ampun. Ngadu ke Allah.Kalo udah tobat, yang lainnya bakal ngikut jadi baik.
Sejak tobat, mulai deh belajar jaga aurat, jaga najis, jaga lisan, jaga pandangan dan jaga perbuatan.
Allah liat lho, hayo katanya mau tobat, kok masih liat okep? kok masih pake eng-op? kok masih pake ot-pen? Kira2 begitu.

3.Dan ternyata tobat aja ga cukup. Ayo ditebus kesalahan2 yang lalu dengan kebaikan2. Perbanyak sodaqoh, tapi utamakan yg wajib dulu. Yang 2,5% aja itu zakat emang udah wajibnya.Nafkahi orang tua itu wajib. Jgn sampe kita udah sodaqoh ke sana sini tapi ke orang tua kagak pernah ngasih apa2.
Kalo orangtuanya masih mampu, bahkan lebih kaya dari kita, tanyain deh ke beliau soal kewajiban menafkahi begini. Biasanya ortu yg udah mampu akan jawab, "Aduh papa ama mama mah udah cukup, udah buat kamu dan keluargamu aja dulu, beneran, papa mama ikhlas." Nah kalo yg kaya gitu mah, tetep sisihin penghasilan kita berapa gitu, trs sedekahin deh ke fakir miskin/anak yatim, tp niatkan atas nama Papa Mama, insya Allah nyampe buat bekal mereka juga di akhirat, amiin.

Yang wajib lain apa lagi? Segerakan membayar utang itu juga wajib. Kalo angsuran udah dipotong rutin per bulan ya udah, ga bisa disegerakan lagi (kecuali kita menyisihkan nabung emas buat ngejar tuh kreditan), tapi yang dimaksud di sini utang2 selain yg begitu. Jangan sampe kita udah sodaqoh ke sana sini, bleng bleng gede2an, tapi telat sehari bayarin gaji mbak yg di rumah. Atau telat seminggu bayarin bon-bonan utang di warung sebelah.

Kalo yang wajibnya udaaaaah, baru deh perbanyak sodaqohnya. Yang dulu cm 2,5% doang, ya lebihin dong jadi 10%, dan bertahap naik naik naik lagi. Utamakan kanan kiri kita dulu. Tetangga depan belakang samping kanan kiri. Trs keluarga2 kita yg masih kekurangan. Ngasih makan orang miskin, keluarga muslim, hadeeeeuuh pahalanya gede bener. Sama kaya pahalanya tujuh kali haji. Padahal pahala haji itu sama kaya,, hadeeuh udah deh bayangin ndiri dah.

4. Belajar Hidup Sederhana. Kalo udah dapet nikmatnya sholat, nikmatnya sodaqoh, pasti idup jadi lebih sederhana. Jadi lebih zuhud nih ceritanya hihihihi. Ya belum yg zuhud2 beneran laah, cuma belajar hidup sederhana. Karena bakal mikir tuh, misalnya, "Eh ternyata sodaqoh ku kemaren tuh senilai ama bensin mobilku tiga hari!
Uang segitu udah bisa nyenengin sodaraku lain ya. Ah kalo gitu selama ga hujan2an naik motor aja ah. Kan lumayan duitnya bisa disisihin sodaqoh." Nah kan jadi lebih sederhana hidupnya, tidak bermegah2an lagi.

5.Setelah yang wajib, mulai deh ibadah2 sunnah pasti ngikut. Adab2 Islami yang baik2 pasti ngikut juga. Ngaji, hafalan, belajar, dan mengajarkan Al Qur'an, sholat2 sunnah, tahajud, duha, puasa2 sunnah dan lain2 otomatis bakal jadi rutinitas sehari-hari.

Kalo kelimanya ini udah dijalanin hati akan jadi lebih lembut, terjaga emosinya ga gampang marah, jadi ikhlaaaas ama apapun, jadi sabar dan makin sabar. Kalo kelimanya udah dijalanin tapi masih belum ada perbaikan, ya yang sabar, ayo diperbaiki lagi dari nomer satu lagi. Bukankah kita mengharap ridho Allah dengan apapun jawabanNya nanti.

Bukan berarti seperti mau kita, kalo kita udah belajar baik nanti suami bakal jadi baik, atau istri bakal langsung jd baik. Ya belum tentu. Karena jawaban Allah ama doa2 kita bisa dalam bentuk yang macem2. Cintai Allah di atas segala2nya, bukan di bawah cinta kita kepada suami atau kepada istri atau kepada anak2.

Tulisan ini ngga ada maksud menggurui sama sekali. Siapa lah seorang omsqu yang you-know-who-i-am. Aku cuma mau share bantu temen mencarikan jalan keluar, yang barangkali sedang dirundung masalah dalam rumah tangganya. Atau bisa juga buat siapapun temen2ku yang belum juga menemukan tambatan hatinya, lima langkah yang sbnrnya kita semua udah tau ini bisa dicoba. Mohon maaf bener2 kalo ada yang salah, mohon dikoreksi2, aku ngga papa. Kita semua emang lagi belajar.

Buat yang nanti udah menerapkan ini, jangan berhenti di kita sendiri. Kalo baik, sebarkan ke yang lain, ke keluarga, orangtua, anak, cucu, adik, kakak dll.

Kewajiban kita utk menasehat2i saudara2 kita yang lain. Jangan takut riya. Riya' itu bisikan setan.
Niat kita engga gitu kok. Setan aja yang berusaha belok2in, kita mah cuek2 aja. Setuju ya?Bismillah, ayo dimulai sekarang.

1 komentar:

  1. Pinjaman untuk semua jenis tujuan
    Kami menawarkan jumlah minimum 5.000,00 euro sampai 10.000,00 euro sampai 20 juta euro
    Dengan suku bunga pinjaman 2% rendah
    Periode: sampai 25 tahun tergantung jumlah pinjaman yang Anda butuhkan.
    Pelanggan harus
    lebih dari 18 tahun
    Transaksi ini 100% aman untuk semua pelanggan
    Untuk informasi lebih lanjut tentang kredit, silahkan hubungi kami via e-mail:
    (leonardodorafinance@gmail.com)

    BalasHapus