Rabu, 28 September 2011

Hisab Diri Sendiri Via Microsoft Excel

Assalamualaikum.
Celingak celinguk. Ada orang ngga nih?
Hari ini aku mau bagi2 ilmu dikiiiiiiittt karanganku sendiri, jadi karena ini karanganku sendiri maka sah2 aja untuk dihajar babak belur, ditambah2in dikoreksi2, diacak2 silakan. Mohon maaf kalo banyak kekurangannya.Yang baik silakan disedot. Kalo jelek ya udah abaikan aja.

Jadi gini,
Ketika dulu aku rajin2nya fitness, diet, bodybuilding, pengen punya badan sixpack kaya Vino Bastian, untuk mendisiplinkan diri, aku bikin diet schedule di Microsoft Excel. Aku tulis tuh makanan apa aja yg kumakan dlm sehari dan berapa kalorinya. Trs sebanding gak dgn olahraga yg kulakukan hari itu dan berapa kalori yg dipakai utk itu. Jadi kaya balance sheet gitu, kanan kiri harus seimbang. Eh bukan seimbang sih, i mean, kalo bisa (karena waktu itu lg dlm upaya menurunkan bodyfat) kalori yg kupakai harus lebih banyak daripada kalori yang masuk.


Akibatnya, well, dari aku yg berat 76kg dgn bodyfat 23%, bisa turun jadi 61kg dgn bodyfat 18%.
Tentu aja dgn disiplin yang tinggi. Terimakasih sekali lagi buat diet schedule ku.

Selain soal diet, aku jg bikin sendiri di Microsoft Excel, tentang keuanganku sehari2. Berapa take home pay yang kuterima, buat ini ini ini, buat itu itu itu. Berapa jatah bulananku, trs kuabisin buat apa aja. Semua tercatat rinci. Syaratnya, ya aku harus disiplin memantau dan mengisi file ku itu supaya manfaatnya bisa kita peroleh. Kalo ga disiplin, ya percuma buat2 begituan. Bener kan ya?

Nah sekarang kenapa ga kita buat yg kaya gitu, balance sheet di Microsoft Excel, tapi tentang kebaikan2 dan keburukan2 kita. Emang boleh itung2an gitu? Ya boleh dong, kan untuk evaluasi. Sebenarnya banyakan mana sih dosa yg kita perbuat dgn amalan soleh yg udh kita lakuin. Jangan sampe tabungan amal kita kalah banyak ama tumpukan dosa2 yg terus aja kita perbuat. Umar bin Khattab r.a. mengatakan: Hasibu anfusakum qabla anthasabu. Yang artinya: “Hisablah dirimu sendiri sebelum kamu dihisab di hadapan Allah SWT.

Allah berfirman “yaa ayyuhaalladziina aamanuu ittaquullaaha waltanzhur nafsun maa qaddamat lighadin waittaquullaaha inna allaaha khabiirun bimaa ta'maluun."

Yang artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. . ( QS. Al Hasyr: 18)

Tuh, ada kata "memperhatikan apa yang telah diperbuatnya"
Setuju ngga, kalo di ayat itu kita disuruh evaluasi.
Trs kenapa harus disandingkan antara kebaikan dan kesalahan?

Rasulullah SAW bersabda, "Bertakwalah kamu kepada Allah di mana pun kamu berada, iringilah kesalahanmu dengan kebaikan niscaya ia dapat menghapuskannya dan pergaulilah semua manusia dengan budi pekerti yang baik.” (HR. Tirmidzi).

Nah masalahnya sekarang, kita ga bisa ngitung kebaikan kita. Karena semua amalan soleh yg kita lakuin belum tentu bernilai pahala, belum tentu Allah ridho. Siapa tau masih ada riya nya, aja ujubnya dll. Tapi kalo ngitung perbuatan salah itu bisa banget, soalnya udah mutlak deh salah, ga boleh dilakuin dan dosa. Karena itu mgkn sebaiknya list yg kita bikin ini berisi tentang kebiasaan2 kita yg buruk aja. Sekaligus ama amalan2 baik yang seharusnya kita lakukan tapi tidak kita lakukan, itu kita masukin dalam list, kita anggep aja sbg kelalaian.
Setiap pelanggaran, kita kasih bata merah satu. Kita warnain cell (bujursangkar) kecil di sampingnya warna merah. Semakin banyak kita berbuat kesalahan / kelalaian, semakin banyak deh bata merahnya. Dgn gitu kita bisa evaluasi harian. Wew, kemaren bata merahku total ada 68. Hari ini cuma 40. Eh besok lusanya cuma 17 bata merah. Alhamdulillaaaaah, tiap hari berusaha menjadi lebih baik! Gituuuu!

Syaratnya apa? Harus niaaaat pengen baik, isi dengan jujur dan disiplin. Tanpa ketiganya, ga akan bisa bermanfaat. Dan setelah bikin, rahasiakan dari siapapun. Karena ini hanya utk dirimu sendiri. Bukan ajang pamer kebaikan, bukan ajang membuka aib sendiri. Jelas ya?
Kira2 seperti ini listnya. Bikinnya pake Ms Excel ya. Poin2nya silakan ditambah2in sendiri sesuai masing2 orang yg tau kebiasaan2 buruknya sendiri2.

2 komentar:

  1. bikin sendiri aja mas didik, disesuaikan dgn kebutuhan dan kebiasaan, hehehehe.

    BalasHapus