Rabu, 25 Januari 2012

Most Wanted: Laki-laki Pengertian

Pada jaman dahulu kala, seorang ibu menasehati anak gadisnya yang mulai beranjak remaja. Dia bilang, "Pilihlah laki-laki yang pengertian sebagai jodohmu kelak." Dan si gadispun menceritakan nasehat itu kepada teman-temannya yang lain.
Setelah ia beranjak dewasa, begitu juga teman2nya yang lain, mereka pun telah berumah tangga dan memiliki anak perempuan. Mereka pun menasehati hal yang sama kepada anak gadisnya masing2. "Pilihlah laki-laki yang pengertian sebagai jodohmu kelak." Dan anak gadisnya pun menceritakan hal itu ke semua teman-temannya. Dan setelah dewasa, ia pun menasehati anak gadisnya dengan nasehat yang sama. Begitu terus menerus. Hingga saat ini, kita semua tau, selain laki-laki sholeh, mapan, setia dsb, salah satu ciri laki-laki ideal yang diidam2kan banyak perempuan adalah laki-laki yang pengertian.

Kenapa coba, laki2 pengertian itu begiiiitu diidam-idamkan?
Udah ketebak ya.
Yup, karena memang perempuan susah dimengerti. Dalam lautan dapat diselami, dalam hati perempuan siapa yang memahami. Emang susah untuk mengerti dan memahami apa sebenernya yang diinginkan perempuan.

Coba kita tengok ttg obrolan suami istri berikut ini.

Mama: Papa, aku gemuk ya
Papa: Engga Ma
Mama: Iya ah, aku gemuk
Papa: Engga kok Ma
Mama: Iyyyaaaa, aku gemuk
Papa: (menghela nafas) Iya mama gemuk
Mama: Tuh kaaan, papa udah ngga sayang lagi ama aku
Papa: #$%&^%$#@!

Atau yang ini.
Ummi: Abi ngga kepengen poligami?
Abi: Engga Mi
Ummi: Masa sih? Ah pasti abi pengen. Iya kan?
Abi: Engga Mi
Ummi: Iya kan?
Abi: Engga kok Mi
Ummi: Ngaku aja deh, abi pengen poligami kan sebenarnya?
Abi: (menghela nafas) Iya Mi
Ummi: *sambit ulekan

Atau yang ini.
Bunda: ayah sarapan apa?
Ayah: susu Lmen
Bunda: sarapan apa?
Ayah: susu Lmen
Bunda: ini aku bikin nasi goreng. Ayah sarapan apa?
Ayah: nasi goreng
Bunda: ayah tuh perutnya makin maju aja
Ayah: #$%&^%$#@!

Itu contoh2 (fiktif) tentang betapa sulitnya perempuan untuk dimengerti. Dan itu udah begitu umum. Sampe2 banyak film yang diproduksi dengan judul tentang inginnya wanita dimengerti.
Dari IMDb search aku dapet nih judul2 film nya:
1. What a Girl Wants (2003)
2. What a Girl Wants (2001)
3. What Women Want (1920)
4. What Woman Wants (1993, judul asli: Ce que femme veut)
4. What Women Want (2000)
5. What Women Want (2003 tv series)
6. What Women Want (2003, produksi nigeria)
7. What Women Want (2000)
8. What Every Woman Wants (1919)
9. What Every Woman Wants (1954)
10.What Every Woman Wants (1962)

Bahkan kalo ga salah ada versi Hongkong nya juga lho dengan judul sama. Mungkin sebentar lagi ada versi bolywood nya, dengan cerita sama persis, cuma ditambahin singing and dancing,pohon dan taman berikut penari2 yang mendadak muncul, ama kamera yang ngesyut zoomjauh deket muka orangnya. Tapi intinya sama ttg what girl want.Dan mungkin selain yg di atas, masih banyak lagi film (dan judul2 lagu) bertema sejenis.

Ikhwatal Islam rohimakumullah.
Karena itu lah tugas bagi laki2 untuk mengerti dan memahami kaum hawa. Karena perempuan dibuat dari tulang rusuk yang bentuknya melengkung, maka janganlah memaksakan untuk meluruskannya, karena yg begitu akan mematahkannya [1].

Pernah denger ngga, -cuma perumpamaan aja sih- konon perempuan itu hatinya satu sementara hati laki-laki itu sembilan. Kalo patah hati, hati perempuan yang cuma satu itu langsung remuk, prekk, rontok berkeping-keping. Dan untuk menyembuhkannya butuh waktu, dirangkai satu satu, dilem lagi sedikit demi sedikit pake lem UHU. Sementara kalo laki-laki patah hati, langsung remuk, prek, rontok berkeping2, tapi masih ada delapan hati yang lain sebagai cadangan. Itu sebab laki-laki galau nya ngga lama. Paling lama seminggu lah, trs udah cari kesibukan lain sbg pengalih kesedihannya.

Tapi kadang, banyak laki-laki yang bukan cuma dibuat jadi bingung ngadepinnya, tapi juga jadi ngga sabaran karena sumpek dan jengkel.
Ya wajar sih.
Sifat cewek yang susah dimengerti tapi selalu pengen dimengerti ini emang udah bawaan dari sononya. Tapi kalo cinta, yang begitu2 kan jadi selalu bisa dihadapi dengan baik, dengan ngemong, dengan perhatian dan pengertian tadi. Ngga kemudian jadi membenci. Kalo ada sifatnya yg ini buruk, kan masih ada sifatnya yg lain yang baik [2].

Karena laki-laki adalah pemimpin bagi perempuan, maka bagi istri patuhilah nasehat suami. Bahkan begitu besarnya penggambaran kewajiban seorang istri untuk patuh dan taat kepada suami hingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Kalau sekiranya aku (boleh) memerintahkan seseorang untuk sujud kepada orang lain maka akan aku perintahkan seorang wanita untuk sujud kepada suaminya.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Begitu lah akhi wa ukhti fillah. Bagi laki-laki, tanyakan pada diri sendiri dan tanyakan juga pada pasangan kita bagi yg sudah menikah, (aku ntar nanya ke mama K ah) apakah kita sudah termasuk laki2 yang pengertian terhadap perempuan? Karena laki-laki yang sempurna keimanannya adalah yang paling baik sifatnya terhadap perempuan [3]. Sedangkan bagi yang perempuan, sudahkah menjadi seindah2nya perhiasan dunia. Karena tidak ada perkara yang lebih bagus setelah bertakwa kepada Alloh, selain istri yang sholihah yang taat kepada suaminya [4].
Wallohu a'lam.

=====

[1] Dari Abu Hurairah r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Berwasiatlah engkau semua kepada kaum wanita dengan yang baik-baik, sebab sesungguhnya wanita itu dibuat dari tulang rusuk dan sesungguhnya selengkung-lengkungnya tulang rusuk ialah bagian yang teratas sekali. Maka jikalau engkau mencoba meluruskannya, maka engkau akan mematahkannya dan jikalau engkau biarkan saja, maka ia akan tetap lengkung -bengkok- selama-lamanya. Oleh sebab itu, maka berwasiatlah yang baik-baik kepada kaum wanita itu." (Muttafaq 'alaih)

Dalam riwayat kedua kitab Shahih Bukhari dan Muslim disebutkan demikian: Nabi s.a.w. bersabda: "Wanita itu adalah sebagai tulang rusuk, jikalau engkau luruskan, maka engkau akan mematahkannya, dan jikalau engkau bersenang-senang dengannya, engkaupun dapat pula bersenang-senang dengannya tetapi di dalam wanita itu tentu ada kelengkungannya."
Dalam riwayat Muslim disebutkan: Nabi s.a.w. bersabda: "Sesungguhnya wanita itu dibuat dari tulang rusuk yang tidak akan melurus pada suatu jalan selama-lamanya untukmu. Maka jikalau engkau bersenang-senang dengannya, dapat pula engkau bersenang-senang dengannya, tetapi di dalam wanita itu ada kelengkungannya dan jikalau engkau luruskan ia, maka engkau akan mematahkannya dan patahnya itu ialah menceraikannya."


[2] Dari Abu Hurairah r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Janganlah seorang mu'min lelaki itu membenci seorang mu'min perempuan, sebab jikalau ia tidak senang dari wanita itu tentang suatu budi pekertinya, tentunya ia akan merasa senang dari budi pekertinya yang lain, atau dari budi pekerti yang selain dibencinya itu." (Riwayat Muslim)

[3] Dari Abu Hurairah r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Sesempurna-sempurnanya kaum mu'minin perihal keimanannya ialah yang terbaik budi pekertinya diantara mereka itu [29] dan yang terbaik diantara kaum mu'minin itu ialah yang terbaik sifatnya terhadap kaum wanitanya." Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan ia mengatakan bahwa ini adalah hadits hasan shahih.

[4] Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Tidak ada perkara yang lebih bagus bagi seorang mukmin setelah bertakwa kepada Allah daripada istri yang shalihah, bila ia menyuruhnya maka ia menaatinya, bila memandangnya membuat hati senang, bila bersumpah (agar istrinya melakukan sesuatu), maka ia melakukannya dengan baik, dan bila ia pergi maka ia dengan tulus menjaga diri dan hartanya.” (HR. Ibnu Majah)

2 komentar: