Senin, 17 Juni 2013

Ruwet Kusut Tapi Indah

Semua berawal dari kegemaranku membaca buku2 komiknya Vbi (dibaca vebi) Djenggotten. Lucu2 dan mendidik, menyajikan Islam dalam keseharian kita dengan gambar dan cerita yang lucu-lucu. Nah karena aku suka, maka aku pun pengen orang lain juga suka. Aku pun sering share2 buku yg udah kubaca di Pesbuk maupun di Instagram. Mungkin hal itu membuat beberapa temenku tertarik untuk pengen baca juga. Pengen punya juga. Pengen beli juga. Maka ada beberapa temen yg nitip aku minta beliin, karena di kota tempat tinggalnya sangat sulit mencari komiknya Vbi.

Aku termasuk beruntung karena berada di kota besar, di mana banyak toko2 buku yang mudah terjangkau, sebutlah Gramedia misalnya. Tinggal ngesot dikit ama kayang dan koprol, lalu naik metromini sebentar, maka sampailah ke mol terdekat. Ya, walaupun aku juga kesananya naik motor. Masa ngesot. Itu cuma pengandaian aja hihihi. Ntar dikira enelan lagi!!!


Jadi ketika tau ada buku Vbi terbaru yg terbit, aku pun langsung hunting ke Gramedia.
"Mas nyari bukunya Vbi Djenggotten yg terbaru dong." kataku. "Itu yang Islam Sehari-hari."
Mas nya lgsg ngeh, "Oh iya iya ada baru dateng." Lalu dia nengok ke temennya, "Eh ambilin bukunya FBI, itu yang komik, FBI bukunya FBI!"
Dowweeeeng, Vbi dibaca FBI.
Tapi kata Vbi sendiri, itu emang udah klise sejak dulu dibaca salah begitu hihihihi.

Nah ceritaku kali ini adalah cerita tentang betapa ruwetnya titip menitip bukunya Vbi Djenggotten.


Sebutlah namanya Ririn, yg nitip beliin aku bukunya Vbi ini dan itu. Pokoknya mau semua. Tapi sepertinya yang paling sulit kupenuhi adalah buku 33 Pesan Nabi.
 Buku itu memang buku langka. Vbi sendiri -kalo tidak salah- bilang kalo penerbitnya sedang ada masalah sehingga buku itu memang sedang tidak diproduksi lagi. Yah, aku pun bingung, bagaimana aku bisa memenuhi permintaan Ririn. "Ntar deh kalo aku ke gramedia kucariin ya, siapa tau di sini masih ada." Rencanaku sih mau kucariin buku2 Vbi yang ada aja di toko buku.


Sebutlah namanya Retno, seorang temen lain yang ikut nguping dan nyimak temen2 yg lagi pada ngobrolin komik Vbi di forum Shalahuddin. "Eh itu mereka lagi ngomongin komik apaan sih? Apa aja judulnya?" Kayanya Retno penasaran pengen beli juga. Kebetulan dia ini jg seneng baca.

Sebutlah namanya Kajol, seorang temen lain yang nitip aku beliin buku2nya Vbi. Aku pun menjanjikan "iya iya kalo ke Gramedia ya." Tapi ternyata Retno tiba2 bilang kalo dia lagi di toko buku dan menawarkan siapa aja nih yg titip buku2nya Vbi? Akhirnya banyak yg titip ke Retno. Sedangkan kepadaku, Kajol hanya titip buku langkanya Vbi yang pembeliannya hanya dilayani via pm ke Vbi-nya sendiri. "Adanya apa aku beli deh om." kata Kajol kira2 begitu.

Sebutlah namanya Arynur, seorang temen lain di Forum Shalahuddin yang punya bisnis onlen kitchen gadget dan gundam bekas (hihihi ngga ngga, suaminya kan penggemar gundam, siapa tau kalo bosen bakal dijualin ama istrinya).

Sebutlah namanya Rudimar, suaminya Ririn ini temenku sekelas dulu di kampus, yang ternyata sekarang ini posisinya sekantor dengan Kajol. Dalam cerita ini, aku ga berhubungan sama sekali dengan Rudimar. Aku cuma pernah dikasih tau ama Ririn, kalo suaminya sekantor ama Kajol.

Sebutlah Miss Fulanah, orang baik yang tidak diketahui namanya. Semoga Allah Ta'ala senantiasa menjaganya.

Permintaan yang pertama kali bisa kupenuhi adalah permintaannya Kajol. Kebetulan melalui Vbi himself aku beli Married With Brondong plus tandatangan. Dan Kajol pun dapet deh buku langka ini. Ceritanya lucu dan romantis. Sedangkan permintaan Kajol yang lain, dipenuhi oleh Retno.
Kebetulan Retno ini anak baru di Forum Shalahudiin. Dia belum banyak kenal temen2 di forum itu, termasuk dengan Kajol, mereka baru kenal. Tapi karena saat itu Retno sedang di toko buku, maka ia pun menawarkan diri siapa mau nitip? Maka temen2pun banyak yg nitip buku ke dia. " Aku beli ini" "Aku beli itu"

Eh kok jadi pada titip Retno ya?
Aku pun inget Ririn. "Mmm, apa kutitipin Retno sekalian aja ya, hihihi, mumpung ada yg nawarin." pikirku sambil pasang mimik jail, mata ngelirik atas, bibir mecucu.
"Retno, aku titip juga dong beliin buat temenku!!" pintaku tiba2. Dan alhamdulillah Retno pun bersedia membelikanku entah buat siapa, Retno ngga nanya.

Sayang beberapa buku permintaan temen2 ngga ada di toko buku yg itu. Tapi ada seorang mbak2 sebutlah Miss Fulanah, sesama pembeli di toko buku itu yang tiba2 menginformasikan, "Coba di toko buku yang sana itu, Mbak, sepertinya masih ada stock kalo di sana." Waah, baiknyaaa. Maka Retno pun ngacir ke toko yang ditunjuk dan buku pesanan kami2 pun berada dalam genggamannya, alhamdulillah.
Rata-rata sih mereka membeli buku2 komik Vbi yang bernuansa Islam. Ngga tau deh mereka beli 101% Indonesia atau engga. Lucu juga nih.


Retno pun menginformasikan ke aku kalo buku yang kupesan udah di tangan. Lalu aku bilang kalo buku itu sebenernya bukan buat aku. Itu buku pesenan temenku namanya Ririn. Rencanaku di awal, biar Retno paketin lgsg ke alamatnya Ririn aja, ngga usah pake ngirim ke alamatku.
Retno kaget. "Ririn? Ririn istrinya Rudimar?"
Howaaaa ternyata Retno kenal baik ama Ririn dan Rudimar.
Masyaa Allah, ngga nyangka!

Lalu Retno bilang ya udah ntar buku2nya dipaketin ke Kajol aja, biar ama Kajol dikasihin ke Rudimar buat istrinya. Kajol pun bersedia dititipin. Eh trs tokoh Arynur di atas, kok belum diceritain kaitannya? Engga, emang ga ada. Arynur cuma sering bilang kalo dia ini temen sekelas nya Vbi di arsitek Unibraw. "Tapi ngga kenal." katanya. Hihihihi.

Howaaaa. Lega sudah.
Akhirnya, happy ending.
Memang agak ruwet titip sana titip sini, tapi akhirnya semua bisa pegang dan baca buku yg diinginkan. Terima kasih buat terjalinnya ukuwah yang begitu indah. Terima kasih buat semua pihak yang terlibat. Terima kasih juga buat Vbi Djenggotten atas karyanya, semoga istiqomah. Barakah ilmu dan umurnya.
Buku terbarunya yang juga ngga kalah bagus adalah Lima Pesan Damai.
"Lha omsqu kapan bikin buku komik juga?" tanya sebagian temen2

Hahahahahaha.
Jadi malu.
Ya someday lah. I dunno. Mgkn aku lbh fokus ke nulis aja.
Ilal liqo'
^_^


6 komentar:

  1. Ruwet kusut sampe aku nggak ngerti ceritanya sebenernya gimana hahaha....
    Tapi aku jadi penasaran pengin beli bukunya Vbi ini... (kupikir dulu bacanya Abi, cuma liat sekilas :))
    Ntar kalo ke Togamas beli ahh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mama neyou: ga bakal nyesel kok, bagus, bermanfaat

      Hapus
  2. ririn, retno, kajol, arynur, miss fulanah.. kok cewek kabeh yo Om... *salah fokus*

    BalasHapus
  3. Arrrggghh mau..mau...mau bukune Vbi jugaaa, mesen aaah :p

    btw komiknya mas kan banyak, dikumpulin smua dari yg jadul2 kan bisa jadi berapa buku tuh hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @fatika: iya begitu, bahannya kuambil dr tulisan2 dan gambarku yg dulu tp kukemas baru

      Hapus