Kamis, 11 Juli 2013

Celoteh-Celoteh Kevin

Ini adalah sebagian tulisan2ku yang tercecer di thread "Celoteh Anak-anak" di Forum Masjid Shalahuddin DJP. Sebagian lucu2an aja sih hihihi. Mungkin dia lupa dengan dialog2 ini. Mungkin juga aku yang lupa dialog2 kami sehari2.
Dengan ditulis begini dan memindahkannya ke blog, akan jadi kenangan kelak kalo dia besar nanti.
Siapa tau.
Insyaa Allah.

asep, K, bani dan tika


27-12-2010
Kevin: Aku ngga mau main ke Kidulan
Aku: Kenapa,K?
Kevin: Suka dikatain,"anak e sopo iki kok ngganteng?" (anaknya siapa ini kok ganteng)
Aku: Doweeeng O_o Oalah... Nasib kita sama,nak.

***

20-10-2012
Kevin suka pada salah satu ayat di surat Al Fajr yang selalu diulang-ulang oleh Imam Masjidil Haram di rekaman mp3 murotal Al Qur’an yang sering mereka dengarkan di mobil.

“Kenapa Pa, kok orang itu bacanya diulang sampe dua kali.” tanya Kevin yang duduk di jok belakang mobil. “Artinya apa Pa?”

“Orang ini Imam Masjidil Haram, K.” kata Mama K.

Aku lalu menjelaskan, “Ini surat Al Fajr, K. Ayat dua puluh tiga. Yang dibaca dua kali itu,"Wa jiiiii-a yauma idzim bi jahannam.Wa jiiiii-a yauma idzim bi jahannam." Artinya, pada hari itu diperlihatkanlah Jahanam. Lalu dilanjutkan dengan suara bergetar, "Yauma-idziy yatadzakkarul insaanu wa annaa lahudz dzikroo." Artinya, pada hari itu teringatlah manusia, tetapi apa gunanya ingatan itu (lagi)?”

“Nanti neraka jahannam itu akan diperlihatkan ke semua mahluk di padang mahsyar.” ceritaku, “Kan serem tuh. Neraka jahannam marah, menggelegar. Suara gelegarnya menakutkan semua orang. Semua nggak ada yang sanggup berdiri, bahkan Nabi-nabi pun berdiri di atas lututnya. Saat itu lah manusia-manusia pada nyesel ama dosa-dosanya waktu di dunia, duh ngapain dulu suka bohong, ngapain dulu suka nyuri dan lain-lain.” kataku menjelaskan kira-kira inti ayat itu, “Tapi kata Allah, ya udah percuma, buat apa diinget-inget lagi. Kan udah terlambat.”

“Nah mumpung kita semua masih hidup nih. Masih bernafas. Belum kiamat. Belum di padang mahsyar.” Kira2 begitu nasehat Mama K, “Di ati-ati mulai sekarang. Nggak boleh sombong, nggak boleh bohong, nggak boleh nakal, nurut ama Papa Mama.”

Kevin terdiam di jok belakang. Mencoba mengerti.

Di lain hari dia bilang, "Aku merinding e pa nek pas iki"
(dia merinding bulu kuduknya pas ayat itu)


***

19-11-2012
Kevin nanya, "Pa, ketel itu apa?" (sambil baca buku pelajaran)
Aku: ketel itu lebat K, misalnya jenggot ketel, rambut ketel. Emang kalimatnya gimana?
Kevin: ... memasak menggunakan ketel...

Krriik.. krriik.. kriik

***

2-1-2013
Mami ku beli kalender masjid kubah emas, ada foto pemiliknya bu haji Dian di kalender berkacamata hitam.
Aku: Ini ta K foto yg punya (masjid)?
Kevin : (dgn mimik serius) Iku paling fotone sing njogo sandal iku lho Pa.
Aku: .... [hening]

***

Aku lgsg laporan ke keluarga, orang2 pada ketawa.
trs kevin tetep ngotot, karena dia yg kusuruh bagian nitip sendal ke ibu penjaga penitipan sandal pria yg dia maksud.

Katanya, "iya kok, tinggal ditambahin kacamata item aja!"
Masih ngotot ternyata -_-"

***

19-2-2013
Lagi nyimak muroja'ah nya Kevin, dia ada yg kelupaan, blank gitu, lalu aku meneruskan (maksudnya membantu ingatannya). Eh dia seperti keberatan dibantu begitu banyak.
"Ya Allah.." katanya sambil menghela nafas. "Sing ngaji iku aku opo Papa?" tanyanya dgn nada kesal ("yang ngaji itu aku atau papa sih?)

"Wkwkwkwk o iya iya maap maap, terusin." kataku.


***

6-3-2013
Aku: tok tok tok
K: sapak?
Aku: enyong
K: arep napak?
Aku: nyilih duwit
K: dulinan napak?
aku: dulinan manuk

*dengan logat ngapak wanna be
sampe apal menirukan salah satu ceramah lucu ust abdullah zaen di radio rodja

***

11-3-2013
hape nya kevin di sms, "yank, kirimin aku pulsa, yank, ini nomerku yg baru."
trs aku bilang ke kevin kalo itu penjahat, penipuan itu.
kata Kevin, "lha yo, kok eruuuuh nomerku."
Kujelasin panjang lebar, dan Kevin tetep berkomentar sama, "Kok eruuuh nomerku"
(Kok bisaaaa tau nomer hp-ku)

***

3-4-2013
+pa pijetin pa
-emoh
+ntar aku melas lho
-eh, ntar melas gimana?
+ntar aku nglentru' lho (nglentru' = loyo, lunglai, lemah)
-ooo, yayaya, sini

(ancaman nya agak aneh)

***

8-5-2013
Kevin: (lagi mainan batre abc gendut dan dinamo tamiya) nanti kalo aku udh punya listrik
Mama K: apa, K? Punya istri?
Kevin: listrik, ma. Ntar kalo...
Papa K: apa? Punya istri? Ya nanti K, kalo udah gede
Kevin: listrik listrik, Paa!! (wajah serius)

***

17-6-2013
Kevin diijinin ikut kajian tafsir, dia seneng banget.
"pa boleh bawa transformer?"
"iya boleh."

***

17-6-2013
Aku: K tadi kajiannya tentang apa?
K: ha-ha ha-ha ha-ha (ketawa malu)
Aku: (serius) tadi itu lho, yg km simak tentang apa?
K: Abus salam?
Aku: Hwe,... Abus salam siapa???
K: hahahahaha, ga tau, kok abus salam, hahahahaha
Aku: hahahahahahaha

***

Hi, K

4 komentar:

  1. lucu-lucu Bah
    yang pertama paling ngakak
    aku juga lagi ngumpulin cerita anak-anak
    yang dari fesbuk tak pindahin ke blog semua
    hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. @hikari: itu yg pertama bakal kukomikin kayanya :D

      Hapus
  2. paling lucu yang "Listrik, listrik, Paa!!"
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @dian: wkwkwk ho-oh, tampangnya sebbel banget

      Hapus