Selasa, 09 Juli 2013

No Pain No Gain

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda,"Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. An-Nasa’i).

Umar bin Al-Khattab berkata,"Ajari anak-anakmu berenang, memanah dan naik kuda".

gaya dadaa
Aku bisa renang sejak SMP.
Waktu itu badanku emang keciiiiil beud. Kelas 1 SMP tuh tinggiku cuma 135cm, dan ga nambah banyak2 di kelas2 berikutnya. Sighs.
Nah, karena dengan berenang -konon- semua otot2 akan terlatih dan bikin badan tambah tinggi, maka aku pun rajin berenang sejak itu. Alhamdulillah agak tambah tinggi waktu SMA dan lulus SMA, jadi setinggi rata2 teman sebaya lah. Bahkan setelah kerja dan berkeluarga pun aku rutin renang seminggu dua - tiga kali. Pokoknya seneng banget ama yg namanya berenang. Yang kukuasai sih renang gaya dada, sedikit gaya bebas, sedikiiit gaya punggung dan sak ndulit gaya lumba2. Ah kalo kamu sih gaya dadaa ama gaya batu? Ya kan? Hayo ngakuuu! (mekso)

Tapi itu dulu.
Akhir2 ini aku emang males nyebur air lagi. Males buka baju di depan umum hihihi. Soalnya badan udah jumbo, malu ah buka2 perut. Ya kalo dulu jaman perut masih rata. Jadi, kalo Kevin berenang main2, aku cuma anterin aja di tepian kolam. Wah Kevin ini semangat banget kalo main air, wisata di waterpark2 gitu, ketawa haha hihi ama anak2 kecil lain. Palingan prosotan2 ama naik ban. Sedangkan belajar berenang nya masih belum dimulai2.
Pernah suatu hari Kevin dan anak2 kecil datengin aku, "Pa, ban nya diambil orang."
Grrhh, ada2 aja.
Masih ada aja ya orang dewasa yg sok2an ama anak kecil?
Trs kusamperin deh tuh satu keluarga yg lagi main2an ban nya Kevin.
"Kembaliin ban nya!" kataku dgn wajah dingin.
"O iya maap maap." baru deh mereka pada tergopoh2 kembaliin. Nyebelin amat.
Anak2 pun bersuka ria lagi.

Tapi ya cuman begitu doang kalo ke kolam. Ada sih rencana Kevin mau kami kursusin berenang.
Cuman rencana2 doang, gatau kapan terealisasi.


Beberapa bulan lalu, kami sekeluarga main ke apartemen kakak di daerah Cibubur. Kevin dan sepupunya, Ndo, berenang di kolam renang gratisan di tengah apartemen. Dari pinggir kolam aku teriak2in Kevin tentang bagaimana meluncur. Setauku pelajaran pertama berenang adalah meluncur dan mengambang. Dan alhamdulillah saat itu Kevin bisa meluncur sendiri, hanya berdasarkan aba2 dari pinggir kolam! Cool!!

ndo dan K
Hari minggu kemaren, kami main lagi ke kolam renang yg sama.
Dan kali ini, Kevin, Ndo dan mama K memaksa2 aku untuk nyebur ke air.
"Ayo, Pa, diajarin Pa." desak Mama K. "Mumpung sepi kolamnya."
Oke lah, aku pun nyebur ke air dengan berkaos dan celana pendek. Jadi masih menutup aurat, alhamdulillah, walaupun kaosnya lepek nempel di badan.

Kevin dan Ndo pun kuajarin meluncur. Suuuuuurrrr... enaaaaak lihatnya. Done! Lalu Kevin lanjut kuajarin gaya dada. Mulai dari gerakan tangan sekaligus ambil nafas pake mulut. Done!! Wow! Great, Kevin! Padahal kupikir ambil nafas begitu cukup sulit lho bagi pemula. Tapi ternyata Kevin bisa melaluinya dengan cepat. Alhamdulillah.

Lalu berlanjut lagi dengan gerakan kaki seperti gaya katak. Belum bagus sih gerakannya, tapi Kevin udah bener2 berenang. Hihihi, amazing liatnya. Kevin berenang sendirian dan bergerak maju sedikit2. Senangnya hatiku! Alhamdulillah sekitar tiga jam-an lah ngajarin, membuahkan hasil. Dia pun jadi pede karena selalu mendapat pujian. Bahkan kupeluk dan kutepuk2 punggungnya di kolam.
"Kenapa Pa nepuk2 punggung?"
"Oo, itu artinya Papa bangga ama kerja kerasmu." kataku.

Ngga keitung deh Kevin gelagapan tenggelem, minum air, mukok2 (pengen muntah). Lalu semangat lagi, mencoba lagi dan lagi. "No pain, no gain!" kataku ke Kevin supaya dia semangat. Bahkan Kevin juga menyemangati sepupunya "Ayo Mas Ndo, jangan banyak becanda." Hahaha sepupunya ini emang lucu banget, bergaya snorkling segala pake sedotan susu ultra.

Alhamdulillah akhirnya memang no pain no gain beneran. Saat memamerkan gerakan renang gaya bebas ke mereka, aku pun berenang kenceng ke seberang. Karena merem, aku ngga nyadar kalo udah nyampe tembok, tanganku tetep terayun ke depan dan jariku mukul tembok kenceng banget, PraaAAakKss! Hiiyyaaaaaaaaa. Uuuugghhhhhhhh. Nyut-nyut-nyut. Mau pengsan saking sakitnya.
Kayanya kesleo nih, bengkak sekarang telunjukku. Hiks.
Mudah2an cepet sembuh nih, soalnya ada janji minggu ini ada kerjaan bikin komik. Tiap hari kuoles2in counterpain. Jangankan buat gambar, buat nulis aja kaya nulis resepnya dokter cakar ayam.
#curcol

Eh tapi hatiku senang.
Good job, K.
Jempol dari Papa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar