Rabu, 29 November 2006

Movie Director Wanna Be

Klo temen2 ada yg sempet pernah baca pekerjaan apa yg kutulis di profile ku di Friendster-ku yg dulu, (selain sebagai PNS) aku  jg nulis sbg Movie Director Wanna Be. Yups, itu dia. Pengen banget jadi sutradara. Bikin film beneran. Hehehe, bukan cm bikin film pendek lucu2an kaya film2ku kmrn yg udah kalian liat selama ini, hehe. Tapi sebenarnya yg kmrn2 itu jg kan emg aku lg belajar bikin film sederhana.


Mgkn kalo berkaca ke film holywood agak ketinggian kali yaaa. Ke film indonesia aja deh. Betapa jeniusnya sutradara2 kita. Kaya baru2 ini, aku liat vcd-nya Jomblo. Dari ceritanya emg udah bagus. Aktor2nya pun bermain sangat bagus (terutama pemeran utamanya si agus ringo). Dialog2nya sederhana dan wajar banget. Tapi yg paling angkat topi ya ama Hanung sutradaranya itu. Salah satu adegan yg menurutku jenius adalah ketika adegan Olip ngajak kenalan si Asri di kantin (maap ya buat yg belum liat). Di situ, tiba2 adegan dihentikan (dipause) Trs muncul mouse yang memberi pilihan bagaimana sikap cewek kalo diajak kenalan ama cowok. Persis kaya style nya windows di komputer kita. Trs cursor mouse berbentuk panah td mem-blog lutut si Olip yg keliatan tembus pandang tulang2nya gemetaran. Trs memblog perutnya Olip yg keliatan lambungnya berbentuk terompet pencet, teoottt.. Animasi yg cool!


Bikin efek kaya gitu aku bisa lah (hahaha gaya bgt). Tapi ya cm bikin doang, ngikut2 karya orang lain, hehehe ga kreatif. Yg berat ya ide-nya itu lho. Darimana muncul ide kaya gitu? Jenius banget kan? Efek2 di film itu bagus banget deh pokoknya.


Pernah aku scr kebetulan kenal ama fotografer, lulusan amrik, org chinnese, umurnya sepantaran ama aku. Dia ngerti bgt soal teknik2 pencahayaan. Di studionya, dia sempet tepuk tangan waktu liat vcd film2ku. "Ayo squall kita bikin film pendek lagi. Lo boleh pake alat2 gue (dia pny lampu2 dll). Let me be your Art Director in your next movie."


Waah aku semangat ada yg dukung. Danaku waktu itu ada 5 juta. Kayanya cukuplah bikin film pendek durasi 30 menitan. "Ini emg hobi yg mahal, hambur2in duit aja. Klo bisa, sumday lo bikin hobi yg bisa datengin duit." kata dia. Well, gtau lah, namanya jg hobi menggebu2. Paling engga aku bs ikutin lomba2 film indie kek, apa kek. Akupun mulai menggarap film ku. Ceritapun kutulis. Agency2 model pun kujelajahi, nyari talent buat ikutan di filmku.


Ternyata mereka (model2) bersedia bayar lho buat ikutan. Oleh agency2 aku dikenalkan ke para model, mulai yg cantik ampe yg ganteng, "Ini lho sutradara-nya." Halah2. pdhl sutradara-sutradara-an, lha wong bikin film jg buat hobi. Malah ada agency2 yg nelpon minta ketemu, krn pengen modelnya ikutan casting-ku. Huuiiii... ga nyangka, kuasa yg aku punya besar bgt. Ga kebayang deh gimana rasanya jadi Raam Punjabi dan raksasa2 showbiz lainnya menghadapi model2 yg pengen terkenal begitu. They'll do anything lho biar bs ngetop.


Ada ibu yg punya agency bilang, "kayanya model2 di sini kurang sesuai deh dgn karakter yg mas inginkan. Tapi saya yakin anak perempuan saya bisa." Lho ternyata ngunggul2in anaknya sendiri. Ada juga mas2 (punya agency lain) yg ngomong sama kaya si ibu tadi, tapi nawarin adeknya yg cakep berbody aduhai. "Adek saya pernah main sinetron di rcti. Ini foto2nya." ternyata peran jadi kuntilanak, yeee mana keliatan mukanya dibedakin tebel gitu. Belum lagi agency yg ini ngata2in agency lain. Waaah ruwet. Lha wong aku cm nyari model buat ikutan proyek film indie gitu aja kok udh kaya gini ruwet-nya. Mana setelah dicasting, actingnya lebih ke treatikal, ga natural kaya yg aku mau. Payah deh.


Akhirnya aku ga memilih siapapun dr semua model yg ikutan casting. Ga ada yg cocok. Sampe skrg film omong doang ini ga diterusin lagi krn aku trs pindah ke madura. Duit 5 juta nya jg udah abis gtau buat apaan, ga jelas gitu. Sayang bgt. Sampe skrg jg masih bnyk yg nanyain, "Ga bikin film lagi, squall?" Iya nih, pengen banget. Tapi blm ada ide yg cool. Ntar deh kalo ada wangsit, hehehe, kalo pas mood gitu, tiba2 mengalir gitu aja. Kdg muncul ide cerita. Trs lgsg kutulis. Tp kalo mood ilang, cerita td cm tinggal cerita doang. Kerjaan di kantor bnyk menyita waktu, tenaga dan pikiran. Hiks.. ga gampang emg jd sutradara. Mimpi tinggallah mimpi (sok mellow. ga pantes hehehe).


2 komentar:

  1. ancurt!
    ancurt banget!
    kLo gw yg ikutan cating filimnya, keterima gak yah???

    sekelebatan jg gpp kok...

    BalasHapus
  2. @reno: lo peran pembantu aja ren

    BalasHapus