Kamis, 05 September 2013

Kembalikan Uang Saya

Assalamu'alaikum.
Ini lho, kemaren pas lagi ada acara keluarga, tiba2 salah satu saudara ada yang membacakan broadcast messg dari BBM, tentang franchise sebuah restoran terkenal berinisial S yang dikait2kan dengan babi. Tau dong soal ini? Kebetulan di ruangan itu semua orang pada tau. Selain memang broadcast messg nya dibaca kenceng, dan semua telinga mendengarkan.
Begitu kena kata BABI nih, langsung deh pada heboh ketakutan. Rasanya pengen jauh2 deh dari hal2 yang berbau babi. Tapi benarkah berita yang beredar itu? Atau cuma hoax?
Konon pihak restoran sudah mengklarifikasi bahwa mereka tidak pernah buka franchise. 
Tapi dari kedua berita itu mana yang benar mana yang salah aku juga ngga tau. Wallahu a'lam. 
Nah sebelum kita bahas lebih lanjut soal makanan, aku mau bahas soal pelayanannya dulu.
Lho kenapa bahas pelayanan?
Karena pelayanan termasuk di dalam harga yang sudah dibayar oleh konsumen.
Menurut Basu Swastha (1986: 147) Harga diartikan sebagai jumlah uang (kemungkinan ditambah barang) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya. Aku ulangi ya: barang beserta pelayanannya. Nah tuh catet.

Jadi, kalo kita membeli makanan di sebuah restoran, maka harga yang kita bayarkan adalah harga makanan plus pelayanan yang diberikan.
Sebelum isu babi ini beredar, kami memang pernah makan di sana beberapa kali.
Dan pelayanannya memang payah.
Coba bandingkan dengan rumah makan lain. Pelayan akan menyambut, dengan senyum dan sapa. Sebagian malah membukakan pintu (kalau ada pintunya). Lalu menanyakan berapa orang, kemudian mengantarkan kita akan duduk di mana. Buku menu disajikan. Begitu kan?
Tapi kalo dateng ke restoran yang kita bahas ini, boro2 deh ada yg menyambut, menyapa dan senyuman hangat. Yang ada nih, kita yg berusaha keras "diperhatikan" oleh mbaknya (atau mas nya) yg mondar-mandir di sekitar kita.
"Mbak.. mbak..." Dicuekin.
"Mas.. mas.." Dicuekin.

Setelah manggil2, cari perhatian biar dilihat, kalo perlu lambai2kan tangan, berdiri2, akhirnya didatengin juga. Alhamdulillah, fyuhh, perjuangan bo!
Baru deh kita pesen. Ini ini dan ini itu.
Ama Mbak nya kemudian dihitung. Lalu kita bayar dan uangnya dibawa pergi ama si Mbak.

Setelah itu lamaaaaaaaaaaa nunggu.
Tik tok tik tok.
Ini bener2 lama lho ya (bahkan ada yg bikin kartunnya tuh di internet, si konsumen nunggu sampe tua, jenggotan dan ubanan).

Lalu ada meja sebelah dianterin makanan, kita liatin.
Lalu meja yg sana dianterin makanan, kita liatin.
Tiap ada mbak lewat bawa makanan, kita berharap itu makanan kita.
Tapi trnyata bukan.

Meja yg itu dan yg itu jg belum dilayani.
Banyak muka2 laper dan melas.
Meja yang itu kayanya datengnya duluan kita deh, kok dia dilayani duluan.
Mulai halusinasi, saking lapernya, hahaha.

Fyuuh
Akhirnyaaaaa dateng juga si mbak ngasih nota (yang udah kita bayar tadi), dan nota tsb dia tempel di meja kita, lalu dicontreng2 bahwa ini udah tersaji, itu udah tersaji di meja. Pdhl belum, meja masih kosong.

Grrrhhh mau naik darah. Sabar sabar sabar.
Lha gimana ga sebel, makanan blm tersaji kok udh dicontreng2, ini meja drtd juga kosong.
Etapi bbrp saat kemudian baru makanan yg dicontreng2 tadi dateng, hihihi.
Datanglah (akhirnya) berupa makanan dan minuman. Tapi makananku belum.
Lalu kucek bon nya, lho, makanan pesenanku kok ga ada tertulis d situ?
Ngek ngok.

Lalu aku berdiri ke kasir.
"Ini kenapa kok bla bla bla.." tanyaku.
"Oh iya pak maap maap nanana nanana."
Waaah bakal nunggu dua jam lagi kalo kaya gini.
"Kembaliin uang saya." kataku.
"Maap pak.. bla bla bla.."
"Kembaliin uang saya. Ngga usah cari gara2"
*kalem

Akhirnya kami pulang bawa duit dan ga bakal kesana lagi. Trauma.
Nah itu tadi ceritaku soal pelayanannya yang payah. Moga2 suatu saat lagi restoran itu bisa memperbaiki mutu pelayanannya, meskipun dengan menaikkan harga dan nambah pelayan.

Sedangkan soal kehalalan, yang jelas masyarakat muslim memang resah di luaran sana. Halal? Haram? Syubhat? Maka biar yang berkompeten yang bicara, yaitu: MUI di situs resmi mereka.

4 komentar:

  1. "Sebelum isu babi ini beredar, kami pernah makan di sana BEBERAPA KALI."
    Emang enak banget ya Om, segitu pelayanannya gak banget kok gak kapok ke sana? Gak jelas pula kehalalannya.. Eh aku belum baca link yg dikasih deng.. (MUI).
    Btw S itu apa? S******? Yang banyak ada di rest area tol cipularang bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mama: Iya enak dan murah hahaha, jadi dikuat2in dan belum kapok. Tapi yg terakhir itu memang bikin trauma.
      Eh tol cipularang? Ga hapal aku ke daerah situ :D

      Hapus
  2. aku juga beberapa kali makan di situ
    dan kok nggak pernah ya ngerasain pelayanan yg lama itu
    baik di pekanbaru, maupun di lampung sini
    pelayanannya standar lah, nggak ada yg bikin emosi
    makanya sering heran baca2 cerita pelayanannya lama gitu
    apa cuma terjadi di restoran yg di pulau jawa ya?

    soal angciu dan minyak babi itu, temenku yg orang batak (dan aku tau dia makan babi) malah nggak percaya
    sambil guyon dia bilang "kalo beneran pake babi, rasanya pasti istimewa. lha ini biasa banget gitu kok"
    :D

    tapi memang jadi waswas sih sejak ada isu ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @hikari: wah jangan2 emg hanya di jawa ya saking crowded nya gitu kali.
      mudah2an abis ini mereka memperbaiki mutu dan kehalalan nya biar ane bisa mampir lagi :D

      Hapus