Rabu, 15 Juni 2011

Menjaga Wudhu Itu Mudah

Assalamu'alaikum ya akhi wa ukhti fillah rohimakumullah.
Dalam rangka belajar pengen jadi lebih baik dan lebih baik dari sekarang, udah banyak jg nih yang kita bahas, kita pelajari dan Insya Allah udah kita praktekin bareng2. Di antaranya adalah dengan membiasakan amalan-amalan harian dalam kesehari-harian kita. Seperti sholat fardhu di awal waktu dengan berjamaah di masjid/ musholla, banyak bersedekah, tilawah & menghafal Al Quran, sholat sunnah Qobliyah & Ba'diyah, sholat Dhuha, sholat Tahajud, puasa sunnah dan lain sebagainya. Semoga kita diberi kemudah2an dan ke-istiqomahan oleh Allah SWT dalam mengamalkannya, amiiin.


Nah yang hari ini kita bahas adalah tentang menjaga wudhu.
Bentar2 squ, kok judulnya nggaya banget sih menjaga wudhu itu mudah. Eh itu kan doaku harapanku (berbau2 sinetron). Boleh kan?

Yuk lanjut.
Dari Abu Hurairah radiallahuanhu, ia berkata bahwa ia pernah mendengar Rasulullah bersabda : “Sungguh umatku kelak akan datang pada hari kiamat dalam keadaan (muka dan kedua tangannya) kemilau bercahaya karena bekas wudhu. Karenanya, barangsiapa dari kalian yang mampu memperbanyak kemilau cahayanya, hendaklah dia melakukannya (dengan memperlebar basuhan wudhunya)” (HR. Bukhari Muslim)

Bahkan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW mendengar bunyi terompah langkah kaki Bilal r.a. di surga. Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam mendapati pagi pada suatu hari, maka Beliau memanggil Bilal dan berkata :”Wahai Bilal dengan apa engkau mendahului aku ke surga?, sesungguhnya aku memasuki surga tadi malam maka aku mendengar
suara langkah engkau di depanku”
, maka Bilal menjawab :”Tidaklah sama sekali aku beradzan kecuali aku sholat dua rakaat dan tidak pernah sama sekali aku berhadats kecuali aku berwudhu” (Riwayat Ahmad dan dishohihkan oleh Al-Albani dalam Shohih at-Targib no 95)

Menjaga wudhu berarti kita gak pernah dalam kondisi batal wudhu.
Setiap kali batal wudhu, ya wudhu lagi. Batal lagi, ya wudhu lagi.
Ah susah squ!! Capek bolak balik ke belakang ambil wudhu nya.

Eh ntar dulu. Image nya aja keliatannya susah. Tapi coba dibaca dulu deh tips2 di bawah ini.
Aku coba tulis dalam beberapa langkah. Kalo langkah pertama udah bisa, coba langkah kedua, kalo udah bisa cobain langkah ke tiga trs langkah keempat, begitu seterusnya.

Banyak ya hal2 apa aja yg membatalkan wudhu yang harus kita jaga. Di antaranya ada yg disengaja emg membatalkan ada juga yg emg ga sengaja. Kalo emg sengaja membatalkan wudhu, misal tidur dan menyentuh kemaluan sendiri tanpa penghalang (bnyk pendapat soal ini) ya berarti udah tau konsekwensi nya, kalo emg niat mau menjaga wudhu ya harus wudhu lagi.

Nah yang dibahas umum di sini adalah batal wudhu dalam keseharian kita yang ga sengaja, seperti kentut, buang air kecil dan buang air besar.

Lalu bagaimana dengan menyentuh lawan jenis? Apakah harus wudhu lagi? Banyak pendapat tentang ini, ada yg bilang batal wudhu, ada yg bilang tidak batal, dan semua ada dalilnya. Tapi tetep deh kalo bersentuhan dengan wanita lain mending kembali ke hadits yang ini: Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh apabila kepala salah seorang dari kalian ditusuk dengan paku dari besi itu lebih baik baginya daripada harus menyentuh wanita yang tidak halal baginya.” (HR. Ath Thabrani)

Lha kalo di rumah bagaimana squ, untuk yang suami istri? Batal wudhu dong?
Ya kalo suami istri hot2an (hmmppff bahasa nya) ya jelas batal wudhu gapapa. Tapi misalnya ngga hot2an, misal mau berangkat kerja, trs istri cium tangan suami ya ngga batal wudhunya.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Salam pernah sholat dan Nabi Shallallahu‘alaihi wa Salam menyentuh kaki ‘Aisyah ketika Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Salam akan sujud (Hadits shohih Bukhori Muslim).

‘Aisyah juga pernah menyentuh Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam yang sedang sujud sholat, beliau berkata "Aku kehilangan Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam pada suatu malam, maka akupun mulai mencarinya dengan kedua tanganku. Maka tanganku berada (menyentuh) pada kedua kakinya yang tegak dan beliau dalam keadaan bersujud. (Hadits shohih Muslim no 486 dan An-Nasai 1/101).Dan Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam tidak membatalkan sholatnya.

Menjaga wudhu berarti sesering mungkin kita wudhu dalam sehari semalam, yaitu meninggalkan kegiatan yang sedang kita lakukan, lalu jalan ke tempat wudhu dengan ikhlas mensucikan diri, buka kran, air mengucur mengalir, lalu ambil wudhu, lalu melanjutkan kegiatan berikutnya.

Trs berapa kali kita tuh kita bolak balik ke belakang, harus ambil wudhu?
Hayaaaah, kesannya berat amat sih bilang bolak balik ambil wudhu nya.
Berikut ini aku siapin bbrp langkah yg kita coba belajar satu per satu. Yuk cekidot.

Langkah Pertama kita perhatiin dulu dalam 24 jam wudhu2 yg udah pasti2 kita lakuin. Wudhu2 yg ga mungkin engga kita lakuin. Ada berapa kali? Lima kali ya yg jelas. Itu udah pasti tuh. Wudhu untuk sholat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Dan karena ini udah pasti bagi kita yang mau menunaikan sholat fardhu, maka kelima nya ngga usah dibahas lagi.

Langkah Kedua kita cekidot sholat2 sunnah kita yang biasa dan rutin kita kerjain apa. Tahajud, Dhuha dan Sholat Qobliyah & Ba'diyah. Bener ya? Berhubung Sholat Qobliyah & Ba'diyah mengiringi sholat fardhu, kayanya emang ga perlu ambil wudhu lagi, so berarti yang kita bahas di sini cuma wudhu untuk sholat Tahajud dan Dhuha. Tuh nambah lagi dua. Berarti sekarang kita udah dapet tujuh kali wudhu dalam sehari semalem: wudhu untuk Tahajud, Subuh, Dhuha, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Setuju ya?

Nah kalo dua langkah di atas itu emang udah biasa kita kerjain, maka langkah2 di bawah ini merupakan kebiasaan-kebiasaan baru yang mungkin selama ini belum kita coba kerjakan. Selangkah demi selangkah ya.

Langkah Ketiga, ambil wudhu ketika mau tidur malem dan ketika bangun tidur keesokan harinya. Mari dibahas satu2. Ketika kita mau tidur, kan ke kamar mandi dulu tuh, pipis, sikat gigi, dan cuci muka pake sabun. Seger dan fresh. Nah mumpung lagi di belakang, udah berbasah2 juga, kenapa ngga buka kran, krucuk2 ambil wudhu sekalian? See? Bisa ya? Mudah kok ya?

Kemudian ketika bangun tidur malem juga gitu. Howaaem, badan dilurus2in dikenceng2in otot2 lengan pundak dan kaki. Biasanya abis bangun tidur, trs minum air, trs ke kamar mandi? Pipis? Cuci muka? Nah sama kaya tadi, mumpung di belakang udah berbasah2 juga, kenapa ngga sekalian wudhu? Untuk yang udah menjalankan Langkah Kedua, tentu saja wudhu ketika bangun tidur bukan jd masalah sama sekali, karena itu sekalian wudhu untuk sholat Tahajud. Nah kalo gitu, sekarang kita udah wudhu berapa kali dalam sehari semalem? Wudhu untuk bangun pagi kemudian Tahajud, Subuh, Dhuha, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya dan mau tidur. Delapan kali. Setuju ya?

Langkah Keempat adalah selalu ambil wudhu setiap abis mandi. Oke, sehari mandi berapa kali? Dua kali ya? Mandi pagi dan mandi sore. Soal jam sih tiap orang beda2, tapi rata2 mandi emang dua kali sehari. Nah mumpung udah basah2an jugaaaaaa, setelah mandi seger, handukan, kenapa ngga langsung menuju kran, buka kran, krucuk krucuk, ambil wudhu deh. Jadiin kebiasaan sehari2. Gimana? Bisa dicoba ya. Karena setelah dicoba, maka sekarang kita tanpa terasa udah ngelakuin sepuluh kali wudhu, rutin dalam sehari!

--Cut sebentar sampe di sini---

Kalo Langkah Pertama dan Kedua itu biasa kita lakuin. Langkah Ketiga dan Keempat itu hal rutin baru yang akan mulai kita jalani. Maka langkah2 berikut di bawah ini sama sekali ngga rutin. Ini mulai sulit. Kalo kita bisa melaksanakan berarti alhamdulillah, tapi kalo ngga bisa, heii, kita udah punya sepuluh kali wudhu rutin dalam sehari. Dan jangan salah, itu juga udah alhamdulillah banget lho.

Sekarang yuk kita liat illustrasi berikut sehubungan dgn empat langkah di atas:

03.00 Pak Fulan bangun tidur, lgsg ke kamar mandi, pipis
03.05 ==wudhu==1
03.06 Pak Fulan sholat Tahajud
04.00 ==wudhu==2
04.10 Pak Fulan ke musholla untuk sholat Subuh
06.00 Pak Fulan mandi
06.30 ==wudhu==3
07.00 Pak Fulan berangkat kerja, cium istri (ngga batalin wudhu)
10.00 ==wudhu==4
10.02 Pak Fulan sholat Dhuha
11.30 ==wudhu==5
11.45 Pak Fulan sholat Dzuhur
14.30 ==wudhu==6
14.50 Pak Fulan sholat Ashar
17.00 Pak Fulan pulang kantor terus mandi
17.15 ==wudhu==7
17.20 ==wudhu==8
17.30 Pak Fulan sholat Maghrib
18.30 ==wudhu==9
18.36 Pak Fulan sholat Isya
21.00 Pak Fulan pipis, sikat gigi mau tidur
21.10 ==wudhu==10
21.14 Pak Fulan tidur

Sehubungan dgn illustrasi di atas, ternyata ada jeda waktu kosong antara wudhu yg satu dengan wudhu yg lain. Jeda paling lama (sekitar 4 jam-an) adalah antara wudhu mandi pagi dengan wudhu Dhuha, wudhu Dzuhur dengan wudhu Ashar, wudhu Ashar dgn wudhu mandi sore. Masa2 itu lah masa rawan terjadinya batal wudhu kentut, buang air kecil dan buang air besar.

--Oke lets lanjoot---

Langkah Kelima adalah ambil wudhu setiap kali abis buang air (besar maupun kecil). Oke, ternyata makin kesini makin susah ya? Engga engga. Hari gini kan udah ga ada toh orang yang pipis sembarangan di pinggir jalan? Pipis di bawah pohon? pipis di ban mobil nya sendiri? pipis di tembok? So orang skrg udah makin beradab, kalo pipis ya di kamar mandi. Berarti berbasah2an lagi. Dan sama juga kaya yg di atas2, kalo udah terlanjur basah2an ya kenapa ngga sekalian puter kran, trs ambil air wudhu. Jadiin satu paket soal itu.
O iya, ga perlu nahan2 buang air kalo emang udah waktunya. Ntar ente malah sakit.

Itu kalo di rumah gampang squ, lha kalo di kantor? Ya biasain hal baru, kalo ke kamar mandi copot sepatu, pake sendal, trs abis buang air kemudian wudhu, trs kembali ke meja trs pake sepatu lagi. Lha kalo di toilet mall atau kamar mandi umum yang ga ada kran nya gimana squ? Katanya dulu pernah bilang usahakan kalo wudhu jangan di kamar mandi, takut kena percikan najis?
Well, kalo posisi lagi di kamar mandi, ya siram dulu lantai dan tembok2nya, baru abis itu wudhu. Yah semoga kita dimudahkan Allah SWT dalam proses belajar ini.

Nah ini langkah terakhir.
Langkah Keenam adalah ambil wudhu sehabis kentut. Hmpppff. ini emang yang tersulit karena berdasarkan penelitian dari institut kentut internasional (hahaahha ngarang bgt) setiap orang kentut 8 sampe 20 kali. Ini hasil googling dari berbagai sumber. Dulu aku pernah baca rata2 8 kali. Pernah baca juga kalo cowok rata2 17 kali sehari. Ada juga yang menyebutkan 20 kali. Well, kita bikin garis besar aja deh antara 8 sampe 20 kali. Nah lho buat agan2 yg mengidolakan Syahrini, atau Vicky Zhu "auuu auuuu bening beud" atau yang cewek2 mengidolakan Super Junior, atau Justin Bieber "iih unyu unyu banget siih", mereka itu kentutnya 20x sehari hahahaha. Masih ngefans? Ups, tetep ya ternyata, ga pengaruh (tepok jidat).
Nah mari ngga usah protes soal berapa kali jumlah kentut kita ini. Yang protes berarti kentutnya lebih dari 20 kali sehari wkwkwkwkwk.

Seperti halnya buang air, kentut juga fitrah manusia, sementara menjaga wudhu itu sunnah. So ga perlu nahan2 demi ga batalin wudhu. Bisa sakit ente kalo nahan kentut. Kalo mau kentut ya udah kentutin aja. Justru rejeki (buat diri sendiri bukan buat orang lain hihihihi). Misalnya di tengah2 masa rawan (yg 4 jam-an tadi) tau2 kentut, dutt. Sementara jarak wudhu berikutnya masih jauh. Yaa alhamdulillah, berarti kita dikasih kesempatan wudhu lagi, berguguran lagi dosa2 kita. Enak kan? Ada gitu skrg yg mensyukuri nikmat bisa kentut? Banyak lho pasien2 di rumah sakit yang belum boleh pulang dirawat sebelum kentut dulu.
"Kapan pulang dok?" tanya seorang ibu yang lemah, abis dioperasi.
"Ntar nunggu kentut dulu." kata pak dokter.
Nah lho, betapa sebagian dari kita sangat nunggu2 kentut. Kok kita yg sehat malah nahan2 kentut.

Yupz demikian lah tulisan panjang ini selesai juga.
Sekali lagi, langkah satu dan langkah dua itu biasa. Langkah tiga dan empat adalah kebiasaan baru. Itu udah cukup buat kita2 yg mau belajar. Nah untuk step berikutnya, baru kita coba belajar yang langkah lima dan enam.
Semoga tulisan ini ada manfaatnya. Kritik, saran, perbaikan, koreksi dan tambahan sungguh diharapkan supaya jd lbh baik.
Selamat belajar, jadi lebbbih baik dari kemaren.
Satu langkah lagi Gan, mendekati Allah.

17 komentar:

  1. mantep om..
    saya coba..

    BalasHapus
  2. oyot dan silent, semangat menjalankan yaaa

    BalasHapus
  3. Subhanallah.. sangat menginspirasi.. terima kasih :)

    BalasHapus
  4. @greenchocolategirl: alhamdulillah, semoga dimudahkan utk mengamalkannya aamiin

    BalasHapus
  5. makasih om squ ilmunya....Mudah2an kita bisa ngamalinnya dan istiqomah ngejalaninnya......belajar ..belajar...dan belajar....menjadi lebih baik lagi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @juragan rian: aamiin, semoga istiqomah ya Gan

      Hapus
  6. Keren penjelasannya. Makasi inshaAllah istiqomah

    BalasHapus
  7. Wah bagus sekali infonya. Sangat bermanfaat. Syukron atas tips nya ya. 😊

    BalasHapus
  8. jazakallah akh,mudah2an istiqomah amiiiinnnn

    BalasHapus
  9. jazakallah akh,mudah2an istiqomah amiiiinnnn

    BalasHapus
  10. Terimakasih banyak bang, karena blog ini saya jadi nambah niat untuk mendawamkan wudhu saya

    BalasHapus
  11. terima kasih atas triknya...

    BalasHapus
  12. Saya ingin mengembalikan semua kemuliaan kepada Allah atas apa yang dia gunakan untuk dilakukan oleh Ibu Alicia Radu dalam hidup saya, nama saya Yetty Sunarsih dari Sandakan di malaysia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan sejak itu hidup telah menjadi sangat kasar bagi saya dan keluarganya dan saya telah mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di malaysia dan saya ditolak dan dikurangi karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    pada hari ini yang setia ketika saya melalui internet, saya melihat kesaksian ROBBI bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan saya menghubungi dia untuk bertanya tentang Ibu dan bagaimana benar pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan dia mengatakan kepada saya bahwa benar dan saya menghubungi Ibu Bunda Alicia Radu dan mengajukan permohonan pinjaman dan pinjaman Saya diproses dan disetujui dan dalam 24 jam saya mendapat uang pinjaman saya peringatan di akun saya dan ketika saya memeriksa akun saya, pinjaman saya masih utuh dan saya sangat bahagia dan saya bersumpah bahwa setiap perusahaan yang meminjamkan pinjaman saya akan memberikan deskripsi perusahaan, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com) dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (yettysunarsihs850@gmail.com) untuk informasi dan juga teman saya ROBBI via emailnya :( robbi5868@gmail.com)

    BalasHapus
  13. Saya ingin mengembalikan semua kemuliaan kepada Allah atas apa yang dia gunakan untuk dilakukan oleh Ibu Alicia Radu dalam hidup saya, nama saya Yetty Sunarsih dari Sandakan di malaysia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan sejak itu hidup telah menjadi sangat kasar bagi saya dan keluarganya dan saya telah mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di malaysia dan saya ditolak dan dikurangi karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    pada hari ini yang setia ketika saya melalui internet, saya melihat kesaksian ROBBI bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan saya menghubungi dia untuk bertanya tentang Ibu dan bagaimana benar pinjaman dari Ibu Alicia Radu dan dia mengatakan kepada saya bahwa benar dan saya menghubungi Ibu Bunda Alicia Radu dan mengajukan permohonan pinjaman dan pinjaman Saya diproses dan disetujui dan dalam 24 jam saya mendapat uang pinjaman saya peringatan di akun saya dan ketika saya memeriksa akun saya, pinjaman saya masih utuh dan saya sangat bahagia dan saya bersumpah bahwa setiap perusahaan yang meminjamkan pinjaman saya akan memberikan deskripsi perusahaan, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com) dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (yettysunarsihs850@gmail.com) untuk informasi dan juga teman saya ROBBI via emailnya :( robbi5868@gmail.com)

    BalasHapus
  14. e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663
    Telephone..Number:[+60]1123759663
    email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia
    [[[[di atas adalah data peribadi saya]]]]]
    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"
    [[[[Berikut adalah data peribadi saya]]]]
    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus