Kamis, 17 Oktober 2013

Laa Ba'sa Thahuurun Insyaa Allah

Aku kalo batuk emang lamaaaa sembuhnya.
Dan aku sebel ama obat batuk, soalnya bikin auwantok poooool!!!!
Kalo aku minum obat batuk siang, maka ngantuknya sampe sore. Pulang kerja naik motor itu kaya oleng, berhalusinasi, kaya mau merem. Pokoknya bahaya banget.
Kalo aku minum obat batuknya pagi, maka ngantuknya sampe siang. Sepanjang hari jadi letoy, ngantuk dan ga semangat kerja, maunya mereemmm aja. Pokoknya jadi ngga produktif.
Kalo aku minum obat sore, akhirnya sampe rumah ngga bisa ngomik dong. Ngga bisa main ama anak istri, bawaan nya pengen ngebo aja. Sholat isya' jadi kudu merem.
Akhirnya, batuk ku ngga kuobatin, grok grok grok.


Kapan hari di kantor aku batuk-batuk. Gruok gruok gruok.
Lalu temenku tiba2 nyamperin.
Eh ngapain nih orang? Tiba2 kok berdiri di samping cubicle ku.
Dan dia berkata,
"Laa ba'sa, thahuurun, insyaa Allah."

Besok paginya aku jogging, Kevin batuk2.
Lalu kuelus punggungnya, "Laa ba'sa, thahuurun, insyaa Allah."
"Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membuat dosa mu bersih, insyaa Allah." (HR. Bukhari)



Kebaikan itu menular ya.
Karena didoakan, jadi mendoakan.
Yuk doa yang shahih yang dihafalkan, diamalkan dan diajarkan kepada yang lain.

***

Lha kalo syafakallah / syafakillah  itu dari mana?
Kan udah umum tuh, kalo ada temen yg sakit trs pada ngucapin "syafakillah yaa ukhty." atau "syafakallah yaa akhy."

Wah aku ngga tau.
Kalo itu konon bunyi lengkapnya begini "Syafakallah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman."
(Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit setelahnya).
 Tapi, aku ngga tau sumber doa tsb dari mana. Wallahu a'lam.

10 komentar:

  1. sama dengan aku , kalo batuk lama sembuhnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @tohari: coba minum madu batuk, obat herbal.
      eh aku juga kata temenku

      Hapus
  2. aku juga baru tahu om kalau doanya begitu, setahuku baru syafakallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. @masichang: nah syafakallah itu drmana aku gatau, kok googling sumbernya dibilang dari doa di film AAC -_-"

      Hapus
  3. Balasan
    1. @bunda3R: laa ba'sa. thahuurun insyaa Allah

      Hapus
  4. Syafaakallah itu waktu aku belajar Bahasa Arab, itu semacam doa dalam bentuk kata seru yg artinya "Semoga Allah menyehatkanmu", kang. Semacam "Shabaahannuur", "Mabruukun", "Lailatuka-s-sa'iidah", dll. Hehehehe

    Jangan lupa mampir di blog aku ya kang aurorajingga.blogspot.com ��

    BalasHapus
  5. Doa itu diambil dari hadits shahih yg diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim..

    ‘Abdul ‘Aziz dan Tsabit pernah menemui Anas bin Malik. Tsabit berkata pada Anas saat itu, “Wahai Abu Hamzah (nama kunyah dari Anas), aku sakit.” Anas berkata, maukah aku meruqyahmu (menyembuhkanmu) dengan ruqyah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Tsabit pun menjawab, “Iya, boleh.” Lalu Anas membacakan do’a,

    اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

    ALLAHUMMA RABBAN NAAS MUDZHIBAL BA’SI ISYFI ANTASY-SYAAFII LAA SYAFIYA ILLAA ANTA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAN.

    Artinya:

    “Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” (HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

    Wallahu a'lam

    BalasHapus
  6. Blognya baik, isinya juga baik, dan membuat orang lain ingin jadi baik.

    Tapi sayang sekali ada komentar yang berisi iklan macam ini. Afwan, mungkin akan jadi lebih baik kalau komentarnya difilter dan disetting agar diapprove dulu sehingga gak langsung tampil. Sayang banget soalnya.

    BalasHapus
  7. Pinjaman untuk semua jenis tujuan
    Kami menawarkan jumlah minimum 5.000,00 euro sampai 10.000,00 euro sampai 20 juta euro
    Dengan suku bunga pinjaman 2% rendah
    Periode: sampai 25 tahun tergantung jumlah pinjaman yang Anda butuhkan.
    Pelanggan harus
    lebih dari 18 tahun
    Transaksi ini 100% aman untuk semua pelanggan
    Untuk informasi lebih lanjut tentang kredit, silahkan hubungi kami via e-mail:
    (leonardodorafinance@gmail.com)

    BalasHapus