Jumat, 16 Mei 2014

Aku Dan Komik VI: Menggenggam Mimpi

Aku dan Komik adalah seri tulisanku di blog ini yang menceritakan dari awal bagaimana aku dikontrak penerbit hingga akhirnya komik Pengen Jadi Baik bisa terbit dan beredar di pasaran. Bagi yang belum baca seri ini sejak awal bisa search Aku dan Komik di field kosong di kanan atas.
Owkay?
Yuk aku lanjutin ceritanya sekarang di episode keenam (dan ini adalah episode terakhir).

============

Sampe mana ceritanya?
Sampe komik udah terbit dan kuambil dari penerbit yaaaa?
Eit ntar dulu. Aku mau cerita dulu sedikit ke belakang.

Jadi begini.


Gambaranku itu acak adut, gan. Oret2an aja. Ngga bagus. Jangan kamu bandingin ama komikus2 lain yg keren2. Engga, gambaranku ya gitu2 semau gue aja hihihi. Ketauan kalo ga pede ya jd komikus wkwkwk. Eh tapi jangan takut menggambar ya teman2. Practise make perfect! Udah pokoknya gambar aja. Syukur2 kalo ada yg suka dan mengapresiasi. Kalo ada yg kritik ya gapapa itu bisa memotivasi mu utk berkarya jadi lebih baik. Siapa tau suatu ketika gambarmu bisa bagus.


komik2 awal mas vbi
Ketika Mas Editor memintaku membuat komik, maka ostosmastis kiblatku adalah komik2nya Mas Vbi Djenggotten. Kebetulan kami berada di penerbit yg sama, maka seperti itu lah kira2 aku harus buat. Kuperhatiin tuh detil gambarnya satu per satu. Apalagi di rumah udah ada banyak koleksi komik2 Mas Vbi.

Oh iya. Aku dan istriku suka sekali dengan salah satu komiknya Mas Vbi (bersama Mb Mira istrinya) yang berjudul Married With Brondong. Kenapa suka? Karena based on true story!
Nih kukasih tau: Cerita yg berdasarkan kisah nyata, itu membuat pembaca seakan2 kenal langsung dengan si penulisnya.

Dan tentu saja aku berharap -karena komikku juga based on true story tambal sulam- pembaca kelak juga akan merasa suka dengan komikku sebagaimana aku menyukai Married With Brondong.


Gaya gambarku dan Mas Vbi memang berbeda. Kami punya style sendiri2, namun walaupun gaya gambar kami jelas beda, tapi setidaknya aku faham lah bagaimana nanti aku diminta menggambar.

komik indonesia lainnya
Apakah dari komik Vbi aja cukup? Engga!
Aku kembali studi banding dengan komik2 Indonesia lain. Kuperhatikan bagaimana goresan tangan mereka, dan sukses membuatku makin minder, sigh hahahaha.

Aku ga bandingin ama komikus luar negeri lho ya. Aku berkaca ke temen2 di Indonesia aja deh.
Oh iya, banyak sekali komik2 Indonesia yg aku borong. Haus rasanya ama komik Indonesia. Aku beli komik2 nya K.Jati, komik2nya Sheila, majalah ReOn, komik antologi, si Juki, komik2 Cendana Art, Wahyu Hidayat, Beng Rahadian, Beny, Mice dan lain sebagainya. Aku juga googling2 komik Indonesia dengan berbagai style masing2 untuk membuka wawasan, seperti Ardian Syaf (komikus DC comic), atau komik Masdimboy yang kocak abis itu.

Aku waktu itu sempet melongo lihat karya2 pencil art nya mas Ardian Syaf gambar batman. Walaupun kami namanya sama2 Ardian, tapi kami beda style. Mas Ardian Syaf ini real banget, sementara gambarku kartun2 aja. Eh tapi alhamdulillah mas Ardian Syaf bilang suka ama karya2ku, katanya, "Lucu dan menusuk kalbu." Hahaha. Cool!
Nah dalam rangka 'bercermin' dari karya2 komikus lain nih, kalo aku merasa gambar nya masih di bawah skill ku, aku merasa: "asyeek ada temennya" (lol). Kalo aku merasa gambarnya masih di atasku, maka aku dengan suksesnya minder (tepok jidat) tapi pengen bisa berkarya bagus seperti itu.
Hingga suatu hari, temenku di kantor bercerita tentang komik luar negeri yang komikus nya terkenaal banget, padahal katanya "gambarnya biasa2 aja."

komik guy delisle
Wah apaan nih?
Ternyata temenku nawarin komik karya Guy Delisle. "Coba liat deh." kata dia. Waaaah keren! Gambarnya sederhana banget lho, coret2an, tapi lucu dan menarik. Guy Delisle ini komikus terkenal. Aku jadi merasa bersemangat. Seakan2 dalam hatiku bilang gini, "Lha itu si Guy aja gambar oret2an aja komiknya bisa terkenal di dunia.(diterima masyarakat, maksudku)." Hahahaha. Aku jadi merasa terpacu dan pede.Cemungudh beybeh.

Ada satu lagi komikus idolaku yg menurutku skill nya super keren abis yaitu Motulz. Dia itu kalo bikin gambar latar detiiiillll banget, alamak. Keren kaaaali! Maka aku pun memadukan style gambarku sendiri dengan berusaha keras (kalo bisa) menggambar gambar latar sedetil karya2nya Motulz (walaupun akhirnya juga ga bisa detil kaya dia huhuhu T_T).

gambarnya motulz
Ya mudah2an suatu ketika bisa sekeren Motulz. Demikianlah pengakuanku tentang pengaruh gambar yang masuk dalam style ku menmggambar dari komikus2 Indonesia.
Sedangkan untuk komikstrip @pengenjadibaik yang kuposting seminggu sekali itu, ada temen yg bilang aku ter-influence oleh gambarnya Tintin (Herge). Ya mungkin juga. Ibuku juga bilang gambarku kaya gambarnya Tintin. Bisa jadi. Anak kecil mana sih yg ga suka Tintin? Kayanya wajar juga kalo aku terpengaruh sedikit sedikit.

(Noted: Komikstrip @pengenjadibaik mulai kugarap usai aku menyerahkan seluruh naskah komik kepada penerbit. Dalam masa2 menunggu bukuku terbit itu lah komikstrip hadir.)

nyambut gawe, nak Ahmad
Oke yuk lanjutin ceritanya hingga akhirnya komik sudah di tangan. Buku pertama pun kuberikah kepada istriku. Mama K pun baca cekikikan. Halaman demi halaman dibuka, ketawa2 terus. Hyahaha hyahahaha gitu. Kok bisa? Karena selama proses menggambar tujuh bulanan itu, Mama K sengaja ga mau liat apa yg sedang kukerjain. Biarin, katanya, entar aja liatnya kalo udah jadi. Dan begini deh hasilnya, dia ketawa ngekek2 ga selesai. Oh iya, Mama K juga banyakan foto2nya sih. Katanya mau promosiin bukuku ke temen2nya. Baca, ketawa, foto2, share. Hihihi. Eh dia juga nangis terharu. Jadi ga cuma ngakak doang :D

Buku2 yang masih diplastikin pun kuangkutin ke dalem. Semua dipretelin dan ditandatanganin sekeluarga (permintaan pembeli memang begitu). Jadi yang tandatanganin aku, Kevin dan Mamanya di pojok kiri atas.

Karena sifatnya jualan, maka aku pun udah bilang sebelumnya, bahwa Kevin dan Mama K akan dapet "bagian" berupa fee nandatanganin, hihihi. Kevin bilang minta ini dan minta itu. Ganti2, tapi akhirnya dia memutuskan ntar fee nya mau dibeliin helm. Oke deh akhirnya kami setuju bahwa setelah dia tandatanganin buku2 yg udah dipesen pembeli, Ahmad Kevin pun mendapatkan hadiah helm. Kalo Mama K dpt hadiah apa ya? Ah pengen tau aja lo, wkwkwk.

Atas upahnya nyambut gawe (bekerja) lah maka dia mendapat hadiah. Trs Kevin minta lihat2 gambar helm
di google. Aku bilang, "Emoh, ntar kamu pengen yg mahal!"
Dia protes dgn suara ditekan (cemet) gitu, "Siapa Paaaa yang pengen yg mahaaal?"
Kujawab, "Kamuu. Iya kamuuu!" (ketularan Dodit Mulyanto).
Hihihi. Akhirnya itu helm dibawa kemana2. Tidur dibawa. Nonton tv dipake. Kok mirip aku dulu jg gitu.

Oke lanjot.
Buku pun kupromosikan melalui twitter dan facebook. Kuumumkan pula bahwa selain buku bisa diperoleh lgsg dari penerbit (kalo beli banyak dapet diskon), buku juga bisa diperoleh di Gramedia, Gunung Agung, Togamas dan Tisera. Tapi seminggu dua minggu kok belum juga bukuku nongol di Gramedia? Banyak lho temen yg udah nyari dan stock nya 0.
"Ada om nama bukunya di list nya kalo di-search, tapi stocknya: 0." Dikira bukunya udah kehabisan.
Ya bukan kehabisan, kan buku baru terbit. Itu berarti bukunya memang belum didistribusikan ke toko tsb.

"Gitu itu yg punya hubungan ama Gramedia itu omsqu atau penerbitnya?" tanya seorang temen.
Jadi begini yg kutahu. Penerbit major (dan distributornya) biasanya udah punya link dengan toko2 buku ternama, termasuk Gramedia, Gunung Agung, Togamas dan selainnya. Jadi itu udah jadi urusan mereka. Bukan urusan penulis. Tugas kita hanya berkarya dan mereka mengontrak kita utk itu.

Beda dengan penerbitan self publishing ya.
Kalo self publishing, kaya buku2ku sebelumnya, karya kita hanya dijual secara online atau kita sendiri yg mengusahakan (kerjasama dgn menawarkan buku kita kpd distributor yg sudah punya link ke Gramedia -misalnya-).

Untuk bukuku ini, di halaman belakangnya tertera nama perusahaan distributornya. Mgkn tujuannya agar perusahaan itu ikut dikenal. Dan bagi penulis self publishing atau pun penerbit2 lain yg mau menjual bukunya se Indonesia bisa juga menghubungi distributor tsb untuk menjualkan bukunya ke toko2 buku terkenal. Kurang lebih begitu, cmiiw.

Dan setelah satu hari sudah usia komikku resmi terbit, alhamdulillah banyak respon positif. Alhamdulillah. Segala puji hanya untuk Allah Ta'ala. Berikut nukilan komentar, testi dan reaksi beberapa pembaca:

Baguus. Inspiratif. Nulis (huruf korea) Yong Jae-nya juga bener. Mana buku kedua?
-Dea, pelajar SMU, Jakarta

Anak2 pada baca buku. Buka halaman ngakak. Buka lagi ngakak lagi.
-Bu Vivi, ibu rumah tangga, Jombang

Sukaaaaa om sukaaaa, suer. Aq gak kebagian baca, dua buku dipinjem sana sini, alhamdulillah, hihihi. Ini temen sebelahku ga brenti2 baca n ketawa,wkwkwk. Komik Pengen Jadi Baik tu ringan tapi sarat makna,penuh nasehat tp tak ada kesan menggurui,mak jleb tp ga bikin sakit hati.
-Atina, pegawai negeri, Semarang

Lucu. Bagus banget.
-Henny, guru SD, Jakarta

Brebes mili (mata basah) waktu ____ [edit spoiler]. Itu beneran ya, Bu? (nanya ibunya).
-Amel, siswi santri ponpes Tambakberas, Jombang

Pia bilang seneng banget, lucu. Dibaca sampe malem jam sepuluh.
-Mama Livia, tetangga, Jakarta

Baca yg cover belakangnya aja lgsg ktawa. Qqqqqq.
-Umi Nurul, pegawai negeri, Semarang

Ada lucunya sedihnya. Bermanfaat (tiga jempol).
-Denti, english teacher, Jakarta

Semalem anak saya minta dibacain komiknya sebelum tidur. Bener2 mujarab, anak2 saya pagi2 sekali udah bangun katanya mau sholat subuh semuanya.. alhamdulillah. terlaksana mudah2an seterusnya.
-Bu Fitri, wali kelas Kevin di sekolah, Jakarta Timur

Aseli cekikikan sejak halaman pertama. Tapi walopun lucu, komik ini sarat dengan ilmu. Akidah, akhlaq, fiqh.. semuaa ada. Good job omsqu!
-Tituk, pegawai negeri, Bandung

Ya Allah komik ini bener2 baguuuuus. Ringan tapi padat ilmu. Semoga Allah melapangkan rejeki mas Squ dan keluarganya serta mbak elna yang kasih komik ini free buat aku.
-Melli, associate consultant, Jakarta   

Hwahahaha. Hwahahahaha.
-Jodi, temennya Kevin, Jakarta

 ***

Alhamdulillah, begitu lah sebagian tanggepan para pembaca yg sampai ke aku. Testimoni2 tersebut di atas adalah bagian dari promo buku, bukan bagian dari ujub dan berbangga2.
Eh iya beberapa temen komplen kok buku ini belum2 juga nangkring di Gramedia.
Jadi gini.
Dapet info dari penerbit katanya ada sedikit kendala teknis sehingga pendistribusian pun molor dari jadwal. Alhamdulillah minggu berikutnya akhirnya dapat kabar bukuku udah bisa diperoleh di Gunung Agung Bekasi, horeee. Lalu ada info lagi udah ada di Gunung Agung Jakarta, cihuuy. Susul menyusul berikutnya info berdatangan bahwa bukuku udah mejeng di rak2 buku Gramedia di luar jabodetabek. Alhamdulillah, udah nyampe Cirebon, Solo, Malang, Surabaya bahkan Palembang.


Sekian ceritaku tentang Aku dan Komik, kisah tentang mimpiku yang terwujud -biidznillah-.
Bagi temen2, teruuuuuuuslah berkarya, apa aja. Yang penting tekun, semangat, ikhlas karena Allah, gantungkan mimpi setinggi2nya di langit, berdoa dan ikhtiar, hingga kamu bisa mengenggam erat2 mimpimu kelak.

Oh iya kapan hari udah ngobrol2 ama penerbit, konon nih akan dibuat komik lanjutannya, insyaa Allah. Moga2 bisa terwujud. Mohon doa restu ya temen2.
Satu lagi, dalam tempo dekat akan ada kuis giveaway berhadiah menarik sehubungan dgn promo buku ini di twitter. Hadiah apa tuuh? Gimana kuisnya?, follow terus @pengenjadibaik yaaa.
Terimakasih atas perhatiannya udah mengikuti tulisan ini sejak awal. Moga2 tulisan Aku dan Komik ini bermanfaat dan bisa menginspirasi temen2 semua utk terus tekun berkarya.
Barakallahu fiikum.

2 komentar: