Selasa, 13 Mei 2014

Pengen Bisa Bahasa Arab Bingit

Pengeeen banget deh bisa belajar bahasa Arab. Kamu gimana? Pengen juga ngga? Pengen lah ya. Bukan cuma pengen, tapi pengen bingiiit. Umat muslim pasti pengen bisa bahasa Arab dong. Ya iyalah. Gimana engga. Bahasa Arab (lughah al arabiyyah) itu wasilah untuk memahami Al Qur'an dan Sunnah dgn benar dan melaksanakan ibadah2 kita sehari2 dgn benar, sebab rangkaian ibadah kita dilaksanakan dlm bahasa Arab.


Omsqu udah bisa bahasa Arab?
Beluuuuum. Haghaghag (terkekeh2). Kan tadi bilang baru pengen banget hihihi. Ini juga masih belajar. Di usiaku yang hampir kepala empat ini (tua amat) bahasa Arab yg kukuasai baru sekelas siswa madrasah Ibtida'iyah lho. Hihihi gapapa ah. Ngga malu kok (sambil ngumpet dibalik gorden).
Yang malu itu kalo ngga mau menimba ilmu!
Thalabul ilmi faridhatun alaa kulli muslimin. Hukumnya wajib! Kenapa malu?

Cuma aku nulis ini karena bermaksud untuk berbagi kabar bahagia aja bahwa kamu juga bisa!
Aku pengen menularkan semangat yg sama buat temen2 yg barangkali sampe sekarang baru pengen doang tapi belum juga belajar.

Hmppff? Ada gitu om yang pengen doang tapi belum juga belajar?
Buwanyak! Termasuk aku dulu. Mungkin termasuk kamu! Iya kamu!
Sebabnya belum juga belajar adalah karena:
1. Maleessss (cuma pengen doang, tp semangat belajarnya ngga ada), hayo ngaku! Yang males ngacung!
2. Takut ga sempat, ga ada waktu (maklum gan, kerja dr pagi sampe malem, sabtu minggu kan buat keluarga)
3. Ngga tau belajar kemana (cuma celingak celinguk doang, hiks aku dulu juga gitu)



Yuk dibahas satu2:
1. Maleessss.
Kalo pengen doang tapi males, do nothing, ini namanya mimpi kali ye. Ini berarti cuma memanjangkan angan2 belaka. "Ah pengen banget bisa cas cis cus ngomong Arab." Udah. That's it. Gitu doang ngga ngapa2in.
Tiga syarat berharap menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyyah adalah rasa cinta terhadap apa yang diharapkan, kekhawatiran tidak mendapatkannya dan usaha untuk memperolehnya. Tanpa tiga syarat itu, berarti hanyalah angan2 belaka.

Hayo akhy, ukhty, dibuang malesnya. Kita butuh bisa bahasa Arab.

2. Takut ga sempat, ga ada waktu
Iniiiii dulu juga yang aku khawatirkan. Ada waktu ngga ya untuk kusisihkan belajar bahasa Arab? Kerja tiap hari dari pagi sampe sore tuh. Sisanya malam hari ketemu keluarga di rumah, waktu sedikit sekali. Kalo hari Sabtu dan Ahad harus keluar lagi belajar bahasa Arab, gimana dong waktu bersama keluarga?
Ah ini mah bisikan was2 dari setan aja kali.

Waktu yang kita punya itu cuma sedikiiit, sementara terlalu banyak hal2 yg ga bermanfaat yg kita lakukan. Menimba ilmu (agama) itu hukumnya wajib

Dalam hadits riwayat Imam At Tirmidzi, disebutkan bahwa tidak akan bergerak kaki anak Adam pada hari kiamat dari sisi Rabbnya sampai dia ditanya dengan lima pertanyaan, salah satunya adalah tentang umurnya kemana dia habiskan.
Apakah dihabiskan dengan facebookan dan twitteran (balesin notification dan mention)? Udah taro aja dulu gadget nya kalo memang dirasa sangat mengganggu. Apakah dihabiskan dengan nonton tv? Berita politik adu domba, gosip artis, sinetron, tayangan joget2 ga mutu?

Kalo yg begitu2 kita pangkas, insyaa Allah kita masih ada waktu untuk disisihkan buat belajar agama.

3. Ngga tau belajar kemana

Ini gue banget. Hihihi. Aku dulu begini nih. Misalnya, kita males udah engga. Kuatir ga ada waktu juga engga. Sekarang pertanyaannya: mau belajar kemana? Oke, first of all banyak-banyakin berdoa kepada Allah Ta'ala, minta dimudahkan dalam memahami Al Qur'an, dan hadits. Berdoaaaaa aja terus jangan bosen2. Insyaa Allah akan diberi jalan keluar.

Di Mojokerto dulu, aku gatau harus belajar bahasa Arab kemana. Padahal semangatnya udah menyala2. Ibarat obat nyamuk tuh udah dinyalain, asepnya udah kemana2, tapi nyamuknya ga ada yg lewat. Lalu temenku Pak Musny hafidzahullah memberi file folder bahasa Arab untuk aku belajar sendiri. Isinya banyak. Ada berbagai file pdf dengan metode yg berbeda2. Maka kubukain satu per satu. Wah susah nih belajar sendirian tanpa guru. Apalagi soalan nahwu sharaf. Kaya grammar gitu di bahasa inggris. Ah, ga nyangkut ah.

Lalu Pak Musny memberi link di internet berupa rekaman pelajaran bahasa Arab. Ada ustadznya yang ngomong gitu. Aku semangat membara sodara-sodara. Tapi lagi2 patah semangat. Susah. Pelajarannya juga seputar nahwu sharaf. Apa memang sesulit ini ya?

Di forum masjid Shalahuddin di intranet DJP juga ada pelajaran bahasa Arab, dibimbing oleh temen2 yang udah mumpuni. Tapi di situ udah jago2 kayanya, udah level tinggi. Aku ga tau harus mulai dari mana ya buat pemula? Sigh. Minder. Aku cuma diem aja melongo melihat obrolan mereka di forum pelajaran bahasa Arab.

Tapi kemudian Allah Ta'ala memberi jalan keluar.
Berawal dari obrolan dengan Pak Anwar dan Pak Musny disepakati lah kami kemudian membuka kelas bahasa Arab di kantor dengan mendatangkan guru! Wow! Di kantor!!
Dalam kelas bahasa Arab ini, aku merasa kalo aku murid yg menengah ke bawah, hahaha. Dalam ruangan kelas ber AC dengan sebuah whiteboard di depan, kami belajar bersama menggunakan buku terbitan Saudi.
Yang paling deg2an bagiku adalah ketika namaku disebut oleh ustadz ku -Ust. Hari, Lc, MA semoga Allah senantiasa menjaga beliau-. Katanya, "Yak lanjutnya, Pak Ardian."

Deg, rasanya setiap namaku disebut.  Lemes lutut ini.  Lunglai bahu ini.
Mataku yg sipit pun berusaha membaca.
  Di buku itu ngga ada huruf latin nya sama sekali. Semuanya hurup arab, dan miskin harokat alias gundul. Udah gitu hurupnya kecil2, ampun deh. Akupun mulai menebak2 bacanya, terbata2 dan putus2. Sampai Beliau ngambil bantal trs ditinju, "Yaa salaam." Bikin ngakak2 temen yg lain hihihi. Cerita ini berkesan banget bagiku, seorang ustadz yang -konon- hafal 30 juz Al Qur'an melempar bantal ke udara lalu meninjunya gara2 geregetan ama muridnya yang menengah ke bawah ini, hihihihi, lucu.


Sayangnya baru tiga bulan aku harus dimutasi ke Jakarta. Ustadz Hari juga konon melanjutkan kuliah S3 nya di Sudan. Kelas bahasa Arab kami pun bubar. "Tetep semangat ya (di Jakarta) lughah arabiyyah nya." begitu pesan Ustadz Hari di-sms.


Di Jakarta aku pun hobi googling mencari tempat belajar bahasa Arab. Aku melirik ma'had ini dan itu. Lembaga pendidikan ini dan itu. Tapi belum nemu yang pas. Rata2 lokasinya jauh-jauh. Hiks. Jauhnya jarak, lalu membayangkan betapa banyaknya waktu yang harus disisihkan, lumayan membuat aku ngeper dan patah semangat. Tapi aku sih tetep berharap bisa belajar bahasa Arab lagi, entah di mana, sambil belajar2 sendiri semampunya (sedikit sedikit ya ada lah yang nyangkut alhamdulillah).

Kalo ada brosur pengumuman di internet tentang dibukanya kelas bahasa Arab, aku langsung unduh. Trs kuliatin, kutimbang2, kuangan2, dan ujung2nya terkendala jauh dan waktu. Heeehhh (hela nafas).
Selain itu aku juga kuatir Mama K ngga mengijinkan Sabtu dan Ahad keluar rumah belajar bahasa Arab meninggalkan keluarga. Aku kuatir dia akan bilang, "Mbok yo kalo libur ya kumpul ama keluarga..." Begitu yg kutakutkan hahaha. Akhirnya aku maju mundur, maju mundur.

Hingga tiba2 qadarallah, ga ada angin ga ada hujan, usai jamaah sholat Subuh di masjid komplek diumumkan bahwa mulai sekarang setiap hari Sabtu, ada pelajaran bahasa Arab, mulai dari awal bersama Ustadz Aldri, Lc (konon beliau lulusan LIPIA). Masyaa Allah. Ilmu yang kucari kemana-mana ternyata datang sendiri!
Alhamdulillah. Sedangkan buku yang dipake adalah fotokopian buku Durusul Lughah Al Arabiyyah jilid 1, persis seperti file pdf yang pernah dikirimkan Pak Musny kepadaku. Ini juga buku pelajaran yang dipakai oleh temen2 di forum Shalahuddin. Bedanya adalah, kali ini ada gurunya langsung!! Alhamdulillah.
 
Maka setiap hari Sabtu pagi, aku dan Kevin pun belajar bahasa Arab bersama. Gapapa belajar mulai dari awal lagi. Ustadz nya sabaaar banget, alhamdulillah. Banyak pesertanya bapak2 dan remaja, ada lah kalo sepuluh sampe lima belasan orang. Di awal2, Kevin masih ikut aktif tuh ditanyain ama ustadz-nya. Tapi semakin kesini semakin sulit pelajaran, mungkin Kevin juga mulai agak kendor semangatnya.

Biasanya tuh, kalo ada soal tanya jawab, maka Ustadz Aldri akan menggilir murid2nya satu persatu dari kiri ke kanan. Ketika mendekati waktunya Kevin, eh Kevin nya berdiri "Pa aku kebelet pipis."

Hahahaha selamat deh.

Yaa mungkin kebelet pipis beneran. Tapi setelah itu kalo ada bagian tanya jawab, Kevin udah ga ikut ditanyain, walau sebenernya dia tetep mengikuti pelajaran (kulihat dari coret2an pensil di bukunya).

Yah om mah enak udah ada gurunya.
Eiit, jangan berkecil hati dulu.
Tetep ya bagi temen2 yg pengen belajar bahasa Arab dan punya semangat yang sama untuk memahami Al Qur'an dan hadits, untuk terus memanjatkan doa dan rajin2 hunting lokasi2 kelas bahasa Arab. Sementara belum dapet tempat belajar yang terjangkau, ayo belajar sendiri!!!

Begini caranya:
1. Kalo tadabur Al Qur'an, pake yang terjemah per kata, lumayan lah bantu2 ooo jadi tau kata ini artinya apa, kata itu artinya apa. Kalo ngga punya, bisa pake quranterjemah dot com.

2. Belajar2 sendiri pake ebook2: "80% Kata Dalam Al Qur'an", atau belajar ebook "Al Mahir 6 Bulan Mahir Membaca Kitab", alhamdulillah kalo ada yg bisa melekat di kepala. Oh iya jangan lupa kudu punya ebook Durusul Lughah Al Arabiyyah jilid 1-3 ya. Googling aja di internet ttg ebook2 ini.

3. Nah ini nih, belajar dari Rekaman Kajian Durusul Lughah Al Arabiyyah Jilid 1 oleh Ustadz Hamzah Abbas, Lc dari Radio Rodja di sini. Beliau sabar banget dan jelaaas banget menerangkannya dari awal. Jadi temen2 bisa belajarnya di komputer, pasang earphone sambil ngadep ke ebook nya yg sudah diunduh. Insyaa Allah mudah. Serasa kita lagi ngaji di depan ustadz nya langsung lho! Serius. Jangan sampe ga cobain.
Rekaman kajian Jilid 2 dan 3 nya bisa diunduh di radiorodja dot com. Tapi nanti ajaaa. Sekarang yg penting yg jilid 1 dulu kita abisin.

4. Oh iya, belajar nulis juga. Selain ngerjain soal2 latihan di Durusul Lughah Al Arabiyyah Jilid 1, coba juga surat2 pendek di Al Qur'an disalin, sambil latihan nulis Arab sambil dihapalkan ayatnya.

Ini cuma tulisan wong bodo kok ya. Mohon maaf kalo kurang berkenan.
Seperti yang kujelasin sebelumnya, aku baru belajar juga bahasa Arab. Masih jauuuuh.
Cuma pengen berbagi semangat kepada yang lain sesama pemula atau kepada yg belum mulai belajar sama sekali, kalo kita bisa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar