Minggu, 08 Oktober 2006

Squ gondrong: Preman di SMA

Suatu hari di tahun 1991 (waktu itu aku kelas 2 SMA), aku dan beberapa temanku ditunjuk wali kelas untuk menghias mobil yg akan diikut sertakan dalam kegiatan pawai mobil hias di acara karnaval hari kemerdekaan 17 Agustus di kotaku. Sementara yg lain menghias mobil, aku otak atik patung orang lucu2an yg jelek banget (ga tau nih knp kok pake patung2an segala). Udah berhari2 ni patung jelek belum kelar-kelar juga. Susahh bgt. Tp aku jd sayang ama patung jelek itu. Yaah ibarat kata udh kaya sodara kembar hihi.

Lagi ati sumpek, badan capek, eh tiba2 ada serombongan anak kelas satu lewat. Salah satu dari mereka (sebut saja Paul) berbadan tinggi gede dan item, nyeletuk sambil ketawa2 "Waah patunge elek koyo sing nggawe." (waah patungnya jelek kaya yg bikin).


Sialan.
Nyolot juga nih orang.
Aku langsung berdiri, ngejar tuh Paul, diikuti temen2ku lain. Tangan kiriku dorong dadanya sampe dia tersudut di tembok, sementara tangan kananku bawa batu gede yg siap aku pukulin ke kepalanya, "Cangkemmu, njaluk ta kepruk ta ndasmu!!" makiku dengan sumpah serapah khas jawa timuran (mulut lo tuh, minta digetok pala lo ya).
"Gak mas gak mas, guyon kok." kata dia mengiba-iba. Padahal aku jg cuma gaya2an, mana mgkn mukul beneran pake batu.Tp ternyata si Paul bener2 ketakutan.

Tau ga sih, badannya Paul nih dua kali badanku. Gede dan item. Sementara aku kecil cungkring kurus. Aku cm modal berani, dengan rambut metal gondrong ala Kurt Cobain plus muka kusut jutek dan segerombolan temen2ku yg badannya gede2 yg selalu ada di belakangku.
kurt cobain


Di hari2 lain aku jg masih sering ketemu Paul di sekolah. Dan dengan gayaku yg sok nyolot, aku sering mengintimidasi dia. "Lapo koen!" bentakku (Ngapain Lo!) sambil sekedar dorong badannya kalo lagi berpapasan supaya dia minggir. Wah sok jagoan banget deh pokoknya.

Dua atau tiga tahun kemudian, ketika aku udah kuliah di Jakarta, aku pulkam liburan ke Jombang. Sore itu aku berangkat berenang ke kolam renang umum yg ga jauh dari rumahku. Kolam waktu itu sepi, cuma ada beberapa pengunjung saja. Tiba2 dari kejauhan aku liat ada si Paul. Cowok berbadan gede dan item ini (mgkn udah kelas 3 SMA) lagi berendam di air setinggi pinggangnya, menyandarkan punggungnya di dinding kolam.

Waduh!
Glek..
Sama2 sendirian nih.
Ga ada rambut gondrong. Ga ada temen2ku dgn tampang sangar di belakangku.
Deg-deg-deg.
Ga mungkin aku mutar badan, balik kucing. Kakiku terus melangkah menyusuri tepi kolam.
Semakin dekat ke arah Paul.
Deg-deg-deg.
Wah kayanya dia ngeliat kedatanganku dari pintu masuk.
Kayanya aku harus membayar dosa2ku di masa lalu nih.
Kayanya bakal berantem nih.
Satu lawan satu.
Tanganku mengepal. Alisku berkerut.
Gigiku gemeretak.
Huh, siapa takut. Gue ladenin lo Paul.
Deg-deg-deg.
Wah, dia bener2 melihat ke arahku!!!


"Mas ARDIAAAAANN.." teriaknya tiba2 sambil melambaikan tangan dari kejauhan, "Woii mas ardian!!" Mukanya ceria manggil2 namaku. Senyumnya lebar banget, kaya muka org yg bertemu ama idola nya gitu. Waks, apa2an nih?? Pake manggil2 segala. Ternyata dia masih mengenaliku (mgkn dia belum tau kalo aku udah ganti nama jadi squ hihihi).

Dengan muka masih kaku, tp diramah2in aku pun tersenyum jaim dan mendekat. Tapi dlm hati aku lega banget sih. Ga jadi berantem deh, hihihi, "Sendirian, Paul?"
"Iyo mas. Lagi liburan ya? Gimana STAN mas? waaah hebat sampeyan mas."

Ya ampuun tau gak sih, setelah ngobrol banyak aku baru ngeh. Dari obrolan2 dan pertanyaan2 nya, dia kaya begitu bangga dan kagumnya kenal ama aku. Squall yg di sekolah bandel, langganan masuk BP, gondrong, tukang berantem tapi kini kuliah di STAN. Si Paul begitu kagumnya karena selain di STAN aku juga ketrima UMPTN di Unair waktu itu (kok dia tau ya).

Emang di isi kepala anak2 kelas 3 SMA kaya si Paul penuh dengan harapan2 pengen kuliah di kampus2 negeri pujaan mereka. Dan bertemu dengan kakak kelas yg udah duluan bernasib baik mengenyam kuliah di kampus favorit (kaya aku) begitu, bagaikan kesempatan besar buat mereka bertanya2 dan menggali informasi sebanyak2nya.

Bahkan suatu hari ketika aku briefing tentang STAN dari kelas ke kelas di SMA-ku, adek kelas pada menatap dengan penuh kagum dan bangga. Bahkan ada yg teriak2 "Ini lho temenku: mas Ardian!" sambil diikuti tawa temen2nya yg lain.
"Dulu di sini duduknya!" yg lain nunjuk2 kursiku dulu.
Mgkn kalo dulu aku anak baik2, mereka jg segan teriak2 kaya gitu, hihihi.

Hiks,
Alhamdulillah sore itu semua baik2 aja. Ga ada baku hantam di tepi kolam renang. Yg ada malah jadi kaya idola buat Paul, hihihi.
Aku jd nyesel deh. Bukan nyesel jaman dulu kok sok intimidasi ama Paul (itu kan krn Paul duluan yg cari gara2). Aku cm nyesel kenapa ga bawa bulpen, kali2 aja Paul atau adek2 kelas yg lain pada minta tanda tangan, hihihi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar