Kamis, 13 Oktober 2011

BIJI SATUS (nilai seratus)

Eh aku salah nih ngajarin anak2 di musholla. Mmm.. ga salah sih.
E.. tapi ya salah juga *ama garuk2 kepala*
Hmmhhh...

Jadi gini ceritanya.
Anak2 kecil itu, murid2 ngaji, punya trik baru bermales2an kalo sholat jamaah d musholla.
Banyak anak2 kecil tuh kalo udah iqomah dikumandangkan, masih aja nongkrong2 di teras luar musholla. Ga buru2 masuk. Padahal sholat jamaah sudah akan dimulai.
Ketika kadang sholat udah mulai, barulah mereka wudhu berebutan ama ketawa2 ama becanda. Jadi mereka emang sengaja memasbukkan diri, menelat2kan diri supaya nanti kekurangaan rakaatnya bisa ditebus sendirian dengan cepat.

Duh gimana caranya menghadapi anak2 kecil seupil2 yg bandel2 ini.

Terus suatu hari aku bilang, ketika aku jadi imam sholat ashar waktu makmum ku sebagian besar anak2 kecil, bahwa yg sholat di shof paling depan adalah yang paling mulia.
"Paling mulia iku opo?" (paling mulia itu apa) tanya salah satu anak kecil.
Kujawab, "Paling mulia iku dibiji satus! (yg paling mulia itu dapet nilai seratus). Yang disampingnya biji 97. Yang disampingnya lagi 95. Tambah ngguri yo biji ne elek (semakin belakang ya nilainya jelek)."

Ada yang nanya, "Sing ngguri dewe entek ta Bah bijine, oleh enul?" (yang paling belakang abis ya Bah nilainya, cuma dapet 0)
Kubilang, "Ya engga..Dapet pahala juga 27 derajat. Tapi bijine elek dewe ketimbang sing nang arep (tapi nilainya paling jelek sendiri dibanding temen2nya yang di depan)."
Eeeeee
Akhirnya...
Mereka pun tiap jamaah sholat selalu berduyun2 berebut ke depan.
"Biji satus!!" kata yg bisa di belakang imam.
Kevin itu bagian yg nyelip2, mau nya selalu biji satus. Anak kecil lain didesak2. Kalo anak itu ga mau minggir, Kevin lgsg pasang muka manja ngambek minta tolong ama si Imam, "Pa aku Pa.." Hadeuuuh (_ _")

Oke, trik ku tentang biji satus, berhasil. Anak2 mulai terpacu untuk sebisa mungkin maju di shof terdepan, dan ga memasbuk2an diri lagi. Tapi ternyata aku baru sadar karena ternyata anak2 kecil ini lebih cepat menuju shof terdepan daripada bapak2.
Adddduuuuh gawat nih.
Jadi ga enak ama bapak2.
"Ini pasti ajar2annya Abah (squ) kaya gini ini."
"Shof depan jadi anak2 kecil semua berjejer desak2an."
"Bisa2 aku oleh biji enul." kata seorang2 bapak2 (dialog ngarang hihihihi)
Ya mgkn aja dalam hati mereka mikir gitu, hihihi. Jadi ga enak ati nih.

Akhirnya ketika anak2 mulai berebutan ke shof terdepan, aku pun mulai negur, "Stt..sst..heh..heh..bapak2 dulu.. bapak2 dulu yg di depan." Baru deh tuh mereka cengar-cengir dengan muka tersipu2 kaya mempersilakan bapak2 maju ke shof terdepan.
Begitu bapak2 yang ada di musholla udah berdiri lurus di barisan terdepan, baru deh anak2 kecil berebut lagi maju nyempil2 di sela2 mereka.
Aku cm bisa geleng2 sambil senyum2. Aku jelasin deh kalo bapak2 itu di shof paling depan, kalo buat anak2 kecil di shof kedua gpp udah biji satus.
"Ayo ayo lurusin shof nya." kataku.

Semoga istiqomah hingga kalian dewasa kelak.
Semoga selalu ole biji satus setiap sholat berjamaah.

3 komentar:

  1. Waaahhh... Ternyata ada yang lingkungan seperti itu di Jakarta, Om???

    BalasHapus
    Balasan
    1. @nihayah: sssst, km ga salah komen kah? kok agak ga nyambung hihihi. Ini ceritanya di mushola di jombang.

      Hapus
    2. Hohoho... kirain di jakarta, om...
      :)

      Hapus