Rabu, 19 Oktober 2011

Temen Positif dan Temen Negatif

Seorang ibu muda, sebut saja Y berteman akrab dgn ibu2 gaul lain di sebuah sanggar senam aerobik. Rajin olahraga, badan sehat dan bugar, bentuk tubuh pun jd lebih indah. Mereka pun kadang suka ikut lomba senam aerobik di sana-sini dgn busana2 sexy dan tampil erotis. Di lingkungan ibu2 gaul tersebut, ternyata ada trend bahwa ngga punya selingkuhan itu ngga gaul dan ngga keren.Bahkan mereka sudah memperkenalkan cowok2 yg tertarik kepada si ibu Y ini.
Si ibu Y harus keluar dari komunitasnya ini as soon as possible. Dia berada di lingkungan pertemanan yang salah, yg bukan mendekatkannya kepada Alloh tapi malah menjauhkannya dariNya.

Seorang teman yg hobi touring motor bercerita bahwa dia dulu gabung dengan komunitas / club motor. Berangkat beramai2, menempuh perjalanan jauh, berkenalan dengan lingkungan dan orang2 baru sungguh bermanfaat dan membuka wawasan. Namun ternyata touring motor gitu jd blagu, pake lampu rotator muter2, sirine meraung2, menyuruh pengendara2 lain minggir ngasih jalan, belum lagi yg motong jalan orang lain dr arah yg berlawanan. Bayangin berapa pengendara lain yg terkaget2 dipaksa minggir oleh barisan sepeda motor kaya gitu kan.
Si temen itu akhirnya keluar dr komunitasnya. Dia ngga suka cara semena2 dan blagu gitu, dan ia skrg memilih touring lintas pulau seorang diri (atau boncengan ama istrinya).

Misalnya ada seorang cewek ngekost di lingkungan kampus, pas dapet kost2an putri yg isinya cewek2 sexy yg gemar berpakaian seronok, berpenampilan serba mini2 juga udah biasa. Hampir tiap malam cowok2 pada ngapelin mereka dengan mobil2 bagusnya. Hampir tiap malem mereka ngafe, kongkow dan dugem sampe dini hari. Ortu di kampung halaman tentu ngga tau gimana pergaulan anak gadisnya.

Gimana caranya supaya dia ngga ketularan ikut2an begitu, kecuali sesegera mungkin pindah kost. Salah satu temen ada yg mengkuliahkan anak gadisnya di luar kota, dgn syarat tinggalnya tidak indekost, tp dititipkan di pondok pesantren. Ini mungkin bisa jd solusi yang bagus juga.

Kita yang memilih mau berteman ama siapa. Ada temen positif, ada temen negatif [1]. Temen positif mengajak kita ke arah kebaikan, mengingatkan apabila kita salah, menegur bila kita keliru, mendekatkan kita kepada Alloh. Sedangkan teman negatif adalah yang sebaliknya. Membiarkan kita berbuat salah, mendukung kita tersesat, bahkan mengajak kita berbuat dosa, na'udzubillahi min dzalik. Yuk udahan yuk yg dulu2, buruan deh pindah jalur.

Ayo diganti, dengan siapa kita bergaul sekarang. Dalam rangka pengen jadi baik, ayo ganti temen2 negatif dengan temen2 positif. Karena kalo masih di situ2 terus, ya kita susah untuk berubah jd baik.
Misalnya biasa nongkrong ama temen2 segank, trs minum2an keras. Kita ditawarin lalu menolak.
A: Segelas aja bro.
B: Engga, gue kagak minum2 lagi sekarang.
A: Ayo lah bro, segelas ajaaa, penghormatan lah buat abang kita nih.
C, D, E, F: ambil lah bro, ambil (maksa2)
Dipaksa2 terus tuh, sampe akhirnya si B kesel, trs ambil tuh botol mau dipecahin ke kepala si A, "Kalo gue bilang engga ya engga!"
Kalo udah gitu sih, aaah tinggalin aja udah. Tinggalin tinggalin temen2 yg begitu.

Lho apa ngga mutus hubungan silaturahim tuh. Ah engga ah, kan bisa tetep bertemen, kadang bertegur sapa, tidak putus hubungan sama sekali. Yang jelas, kita udah ngga kumpul2 kongkow bareng lagi kaya dulu. Ayo cari temen yg akan mengajak kita jadi baik. Bener ya salah satu lirik tombo ati bilang, "Wong kang soleh kumpulono."

Trs apa yg ngga soleh ga ditemenin, squ, dan dibiarin selamanya tersesat.
Ntar ntar, untuk saat ini dalam rangka kita pengen jadi baik, sebaiknya menyingkir dulu, soalnya imannya blm kuat. Takutnya kalo masih dikumpulin, kita keseret ke pergaulan yg dulu2 lagi.

Pinter2 deh milih temen.
Ketika ibu2 mengantar jemput anaknya ke sekolah, pasti akan berinteraksi dengan ibu2 wali murid lain di sekolah tersebut, berkenalan dan menjadi teman. Ada ibu2 yang ngajak ngobrol hal2 positif dan membuka wawasan baru. Tapi ada juga ibu2 yang senengannya ngegosipin orang laiiiin terus, sekalipun itu di bulan puasa. Kalo yg kaya gitu, sebaiknya langsung ganti topik, "Eh tadi malem sahur apa?" Beres. Kalo masih ngerumpiin lagi, nanya lagi, "Eh ntar buka nya apa?" Masih gosipin lagi, bilang aja, "Eh ntar tarawih di mana?" sambil jalan mundur2 terus menjauh.

Dulu nih ya, waktu aku ngantor di pamekasan, aku kumpul dengan temen2 yg pada gemar olahraga, fitness dll. Kami jogging pagi hampir tiap hari keliling lapangan alun-alun Arek Lancor. Menyenangkan sekali. Itu yg bikin bodyfatku sampe 18% saja. Tapi ketika pindah kota, ga punya temen lari, aku pun menggendut lagi, haghaghaghag.

Kini di mojokerto, alhamdulillah aku kumpul dengan temen2 yg soleh solehah. Temen2 musholla yg berjenggot, bercelana tidak isbal, yg sopan santun, ga banyak ketawa, menjaga pandangan dan tawadhu. Temen2 yg berjilbab syar'i, yang hanya ngomong yang penting2 dan bermanfaat aja.

Suatu hari, pita.ndut dan bunda ayas ngajak aku join di Forum Sholahudin. Terus terang aku takut, kuatir kalo posting di Sholahudin bakal dihajar babak belur ama ustadz/ustadzah nya kalo salah kata, hahahaha. Ternyata Subhanalloh, sambutannya hangaaat sekali. Apa yg kutakutkan dulu ga pernah terjadi. Kalo aku salah2 kata, pasti langsung ada yg menegur dgn baik dan akrab. Aku jd punya banyak temen2 baru.

Begitu pula dengan temen2 facebook ku. Ntah gimana temen2ku yg dulu suka komen ngakak2 porno, atau ce2 yg komen genit2 kok udah pada ngga ada (aku yg remove apa mereka yg meremove diri sendiri ya, ngga tau juga). Banyak temen2 lama ku (dan temen2 baru kenal) yg soleh solehah yg suka nulis status hal2 kebaikan, nasehat2 ringan atau link2 artikel yg bermanfaat.
Setiap hari ada aja postingan yg bermanfaat.

Alhamdulillah. Aku jadi kenal banyak orang2 hebat, ya akhi wa ukhti fillah, yang bukan cuma pinter ilmu agamanya tp juga mengamalkannya dengan berbuat banyak hal untuk umat. Subhanalloh, di sini lah fungsi teman yang sebenarnya, selalu menjaga, menegur dan menasehati saudaranya kalo ada salah. Temen2 sehari2 yg bisa kucontoh dan kuteladani kebaikannya.
Jazzakumullah khoiron katsiro.

=====
[1] Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: \"Sesungguhnya perumpamaan teman dekat yang baik dan teman dekat yang buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Seorang penjual minyak wangi terkadang mengoleskan wanginya kepada kamu dan terkadang kamu membelinya sebagian atau kamu dapat mencium semerbak harumnya minyak wangi itu. Sementara tukang pandai besi adakalanya ia membakar pakaian kamu ataupun kamu akan menciumi baunya yang tidak sedap.\" (HR Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar