Rabu, 16 Mei 2012

Bagaimana Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Alloh?

Tanya:
Bagaimana ya menjelaskan ke anakku yg bontot (4th) yg akhir2 ini nanya tentang 'keberadaan' Alloh Subhanahu wa ta'ala. Salah satunya: "Hari ini Alloh pake baju apa..??"
"Alloh itu gede atau kecil..??"
"Klo gede kok aku ga bisa lihat ya Ma..??
"Kenapa Alloh gak mau bikin orang hebat kayak Superman atau tokoh hero yg ada di bacaan/film??"
Ya yang begitu2 lah, squ
Gimana ya ngejelasinnya. Maklum anak kecil kan belum bisa klo diajak berpikir hal2 yg gak nyata dilihat/didengar. Maaf ya, squ. Mungkin pertanyaanku agak ndeso. Maklum, pengetahuan saya sangat terbatas. Makasih.


=====:

Jawab:

Hihihi lucu yaa.
Anak2 segitu emg banyak bertanya dan kritis2.
Kalo km terdesak ama pertanyaan yg sulit, coba km kabur aja, alihkan ke hal lain dulu, sambil menyusun strategi menjawab yg lebih mudah dicerna oleh mereka.

Pertama kukasih dalilnya dulu ya, karena pertanyaan seperti itu udah diajukan 14 abad yg lalu.
Pertanyaan ttg keberadaan Alloh udah dijawab sendiri oleh Alloh Ta'ala di Al QUran dalam surat Al Baqarah ayat 186: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran"

Dan di surat Qaaf ayat 16: "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya."

Dua ayat ini bisa jadi dasar buat kamu menyusun penjelasan.

Sebaiknya kita sbg orang tua itu mesti pro aktif, menjelaskan dulu bnyk hal ke anak sblm dia sempet bertanya. Jadi ketika kepalanya udh penuh dgn penjelasan, mudah2an udah menjawab pertanyaan2 yg mau dia ajukan.
So, kamu harus menjelaskan dulu bahwa Alloh itu berbeda dgn mahluk. Beda dgn kita manusia ini. "dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia." (QS. Al Ikhlas: 4).
Misalnya coba, apakah kursi sama dgn manusia yg membuatnya? Sangat jauh berbeda. Kursi benda mati, diem, ga bisa jalan, ga bisa ngomong. Sementara si pembuatnya (manusia) bisa sekolah, bisa makan dsb. Jadi ini konsep bahwa si pencipta sangat jauuuh berbeda dgn yg diciptakan. Udah beda level. Jadi jangan tanya Alloh pake baju apa, karena Alloh berbeda dgn kita2 ini yg pake baju, tidur, makan dsb.

Kalo ditanya Alloh besar apa kecil, jawab Alloh itu sangat besar. Bahkan Maha Besar (itu kan sering kita ucapkan Allohu Akbar). Sangat besar, bahkan saking besarnya mata kita ngga sanggup melihatNya. Contohnya, coba kamu ceritain ttg bumi, bisa kah kita lihat bumi yg kita pijak ini. Bisa, tp sedikiiit sekali. Karena kita ga sanggup. Mata kita yg ga cukup bisa melihat.
Coba liat matahari, sanggup kah kita liat matahari? Ga sanggup. Bisa buta mata kita. Padahal bumi dan matahari itu cuma ciptaan Alloh.
Kalo kpd Kevin, aku membandingkan matahari yg gueddeee ini dgn tata surya, lalu gambar bintang2 raksasa di langit yg ribuan kali lebih besar dari matahari (bisa googling foto2nya) dan itu mudah2an bisa menjelaskan betapa besarnya Alloh.

Tapi walaupun besaaaarr, Alloh itu ngga jauh. Malah sangat dekat. Lebih dekat drpada urat leher kita. Kita mmg ga bisa liat Alloh, tapi Alloh bisa liat kita. Karena itu kalo lagi sholat, ingatlah bahwa Alloh itu dekat. Dan posisi terdekat kita denganNya adalah ketika kita sujud dalam sholat. Maka perbanyaklah doa.
"Adek pingin apa sih? Yuk minta ama Alloh."
Gituuuuu.

Sekarang tokoh hebat dlm film, superhero dsb, ya km jelasin kalo itu semua cuma dongeng, cerita2 buatan manusia yg ga masuk akal. Misalnya superman, masa ada sih orang celana dalemnya di luar, apa ngga malu? Misalnya hulk, warnanya ijo, ih kasian, kalo sekolah gimana tuh, ga cukup lewat pintu. Misalnya spiderman, batman, ih kasian amat kemana2 pake kostum ketat2 gitu, apa ngga kesempitan?
Biasanya anak kemudian ketawa2 dan akhirnya menganggap bahwa superhero itu sungguh absurd, ngga sempurna dan ngga real banget.

Lalu gantilah ceritamu kpdnya tentang Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam.
Alloh ga perlu bikin superhero, karena Alloh udah menciptakan mahluk terbaiknya 14 abad lalu, namanya Muhammad.
Aku selalu mengisi hari2ku dan Kevin dgn menyampaikan crt2 ttg Rasulullah, betapa hebat dan baiknya beliau. Betapa mulia akhlaknya, dan contoh2 adab dan prilaku apa yg baik dalam kegiatan sehari2.
Akhirnya anak akan tau, betapa ayah dan ibunya sangat mencintai orang ini. Maka dia pun akan terbawa ikut terkagum2 dan mencintai beliau shallallahu alaihi wasallam.

Kira2 gitu yg bisa kujawab.
Lho kok pk minta maap. Ngga papa, km nanya apa aja boleh kok, dan ngga ada yg akan nganggep km ndeso hihihi. Namanya jg kita semua lg belajar, termasuk aku dan kamu.
Semoga bermanfaat ya.

1 komentar:

  1. postingannya sangat membantu..
    kebetulan anak q jg pernah nanya hal serupa, tp aq nya gak bisa jawab. hehe..
    thx squ..

    BalasHapus