Rabu, 13 Februari 2013

Dog's Tale

Tulisanku yang ini masih seputar anjing, seperti halnya tulisanku yang lalu berjudul Yaris Drifting Ngga Penting tapi ngga ada hubungannya sama sekali kok. Cuma sama2 bercerita tentang anjing2 di komplekku.

yok mrunu yok | yok yok
Kalo di kampungku dulu tuh ya banyak ayam  berkeliaran di jalan, bahkan ada yang naik2 ke mushola. Nah di sini ini yang berkeliaran itu anjing! Hiiii. Anjeeeng banyak bener. Maklum, banyak non muslim nya di sini yang pelihara guk guk.
Tetangga dua rumah sebelah kiri ada satu anjing galak yang gonggong2 kenceng banget kalo ada orang lewat. Untung diiket di dalem pager. Kadang aku suka berhenti nungguin reaksinya gonggong2. Iseng aja sih, paling ngga supaya dia kenal kalo aku tetangganya dan ga berisik kalo aku lewat.


black
Agak sanaan dikit ada si Black. Yup, dari namanya udah keliatan kalo warnanya oranye. Ya kan? Ngaco ah hahaha. Kok tau namanya Black? Soalnya yang punya suka manggil2 Black Black gitu. Mungkin nama lengkapnya bleki ya? Lebih pantes untuk nama anjing kalo bleki.

Tapi Black ini kasihan lho. Pernah gonggong2in waktu aku dan Kevin lewat, eeh digampar ama yang punya sama diomel2in, "Kan aku udah bilang, Black jangan berisik. Hayo black, diem kamu!!"
Dong dong dong. Black cuma melet2 aja abis digampar. Tega amat Pak.

grrhh wuff wuff

Di sebelah sanaan lagi ada anjing misterius yg ga pernah keliatan sosoknya (karena diiket di balik pager), tapi kalo jenggong kenceng banget wuufff wuuff wuufff. Dari suaranya keliatan kalo galak. 
Dan sayangnya, suatu hari si anjing galak ini keluar saat kami pulang dari masjid (naik motor Kevin di depan, lalu aku, baru Mama K bermukenah dibonceng di belakang).
"Paaa Paaaa Paaaa..."
Wuuff wuuff wuufff
Si anjing galak bener2 ngejar dan mau gigit kaki Mama K yang langsung panik dan spontan diangkat tinggi2. Weeeerrrr motor kukebut aja. Tapi Mama K yang ketakutan udah kram kakinya begitu sampe rumah. Kasihan amat.

snowy and his bone
O iya, di komplek ku sini ada anjing putih yang poninya gondrong, nutupin matanya. Lucu deh. Apa keliatan jalan ya kalo pandangan terganggu gitu? Tapi akhir2 ini poninya dipotong ama yang punya, jadi keliatan matanya. Penampilannya pun jadi mirip banget ama Snowy, anjingnya Tintin.
"Hei hei." panggilku waktu dia lewat dekat pagar rumahku. "Cieee, dipotong ya poninya?" sapaku dengan sok akrab.
Eh si Snowy ini malah melet2 menjulurkan lidah sambil mendekat, sok akrab gitu juga, kayanya dia ge-er.
Waduhh.
Eh makin mendekat lagi, makin dekat lagi, mau mengendus-endus.
Hiyaaaa panik.
Akhirnya kakiku pun langsung nendang2 biar dia pergi. Fyuuh.

Kevin pernah cerita, kalo anjing itu kan biasanya dilempar kayu ama pemiliknya, lalu si anjing berlari mengambilnya kembali.
"O iya biasanya emang gitu." kataku.
Tapi si Snowy ini beda.
Pemiliknya melempar gelas aqua, lalu si Snowy berlari mengambilnya, menggigitnya, dan membawanya pergi. Haghaghag. Ga sesuai banget ama di tv ya, K.

Sebenarnya bagaimana memperlakukan anjing sih, Om?
Well, anjing juga mahluk Allah. Jangan kemudian karena air liurnya najis lalu kita membenci dan memusuhinya. Justru kita harus menyayangi binatang. Banyak hadits2 tentang menyayangi binatang. Salah satunya adalah riwayat tentang seorang wanita pezina yang menolong seekor anjing yang kehausan, lalu dosanya diampuni. Cerita itu shahih, diriwayatkan oleh Imam Bukhari 1). 


Yang penting hindari terkena air liurnya, karena najis. Sedangkan untuk bulunya, ada ulama yang berpendapat najis, ada ulama yang berpendapat tidak. Tapi untuk kehati-hatian, aku lebih memilih untuk menghindari bulu2nya juga sekalian ^_^.

Dan umat muslim ngga usah ikut-ikutan memelihara anjing, kecuali dengan alasan menjaga hewan ternak, anjing (pintar) untuk berburu, atau anjing yang disuruh menjaga tanaman, atau setiap hari pahalanya akan dikurangi sebesar gunung uhud 2)


Nah lho! hayo, masih ada ya temenku muslim yg pelihara cihuahua?
kriik.. kriik.. kriik..

Catatan hadits: _________

1) Dari Abi Hurairah radhiallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam berabda, “Telah diampuni seorang wanita pezina yang lewat di depan anjing yang menjulurkan lidahnya pada sebuah sumur. Dia berkata, “Anjing ini hampir mati kehausan”. Lalu dilepasnya sepatunya lalu diikatnya dengan kerudungnya lalu diberinya minum. Maka diampuni wanita itu karena memberi minum. (HR Bukhari).

2) Dari Abi Hurairah radhiallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam berabda, pa memanfaatkan anjing selain anjing untuk menjaga hewan ternak, anjing (pintar) untuk berburu, atau anjing yang disuruh menjaga tanaman, maka setiap hari pahalanya akan berkurang sebesar satu qiroth” (HR. Muslim no. 1575). Kata Ath Thibiy, ukuran qiroth adalah semisal gunung Uhud (Fathul Bari, 3/149).

Barangsiapa memanfaatkan anjing selain anjing untuk menjaga hewan ternak, anjing (pintar) untuk berburu, atau anjing yang disuruh menjaga tanaman, maka setiap hari pahalanya akan berkurang sebesar satu qiroth” (HR. Muslim no. 1575). Kata Ath Thibiy, ukuran qiroth adalah semisal gunung Uhud (Fathul Bari, 3/149).
“Barangsiapa memanfaatkan anjing selain anjing untuk menjaga hewan ternak, anjing (pintar) untuk berburu, atau anjing yang disuruh menjaga tanaman, maka setiap hari pahalanya akan berkurang sebesar satu qiroth” (HR. Muslim). Kata Ath Thibiy, ukuran qiroth adalah semisal gunung Uhud (Fathul Bari, 3/149) dari muslim.go.id.

Barangsiapa memanfaatkan anjing selain anjing untuk menjaga hewan ternak, anjing (pintar) untuk berburu, atau anjing yang disuruh menjaga tanaman, maka setiap hari pahalanya akan berkurang sebesar satu qiroth” (HR. Muslim no. 1575). Kata Ath Thibiy, ukuran qiroth adalah semisal gunung Uhud (Fathul Bari, 3/149).



8 komentar:

  1. bener bener lucu anjingnya kerennn

    BalasHapus
    Balasan
    1. @timbangan: iya dapet gambar2nya dr google, tanpa ijin main sedot aja, haghaghag

      Hapus
  2. ah untung ane peliharanya kucing om, namanya kayak nama kucingnya nabi MUEZZA

    BalasHapus
    Balasan
    1. @masichang: hueee aku baru tau mas nama kucing Nabi begitu,
      ada dalilnya?

      Hapus
  3. hmmmm, afwan. dulu, aku sebelum memutuskan tinggal di suatu tempat, aku pastikan kalo ndak ada yg memelihara guguk atau minimal jauh ama rumah yg ada guguknya..... Karena emang kadang mengganggu, apalagi anak2 juga takut dengan binatang ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @edialisme: betul, mas, seharusnya begitu. tp aku menunjukkan ke kevin supaya ngga takut ama anjing, "mereka itu yg takut ama kita." kataku gitu.

      Hapus
  4. aku takut anjing mas.. tp kok anjing2 malah sering ngikutin aku.. huwaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @cova: pokoknya jgn sok akrab, ntar diikutin lho

      Hapus