Senin, 11 Juni 2012

Buku Misteri

"APA INI?!! MAU APA KALIAN!!" si Wajib Pajak ini baru keluar dari dalem langsung bentak2 ke arahku dan Pak Yosep, ketua tim ku.  Waktu itu baruuu aja kami berdua duduk di kursi ruang tamu di rumah Pak Dokter ahli bius yang kaya raya ini. "SAYA NGGA MAU KALO DIPERIKSA2" Mata nya melotot. Muka nya mengerikan. Suara nya kenceeeng banget. Tangannya sampe gemeteran saking emosi nya. Bahkan meja juga ditendang (pelan) ama tuh dokter.

Hei hei hei. Yoyo whussp bro. Baru juga duduk udah dimaki2. Jangan2 abis ini kami dibius ama pak Dokter yg emosian ini. Jangan2 ntar pasien nya ditepuk pundaknya aja lgsg pingsan, trs uangnya diambil (hihihi engga engga, kalo yg ini mah kalo ahli bius pake ilmu gendam).


Begini lah style Wajib Pajak dokter ini kalo diperiksa, marah2nya diduluin. Dan bagiku -yang udah lama ngantor di madura- yang kaya gini2 mah keciil se-upil (hoek nggaya banget sih). Yaaa maksudku masih banyak Wajib Pajak yg lebih kasar dari yg ini.
Saat itu, Pak Yosep yang asli Jogja cuma diem aja. Oke, biar aku yg hadepin Wajib Pajak begini. Aku pun mulai ajak ngomong tuh orang dengan nyante, ga pake emosi, tapi ngeliat lgsg ke mata nya. Diajak ngobrol aja enak2, sampe ujung2nya kami ketawa2. Pak dokter pun minta maap minta maap berkali2 sampe aku bosen. Alhamdulillah tugas kami hari itu berakhir dengan baik.

O iya. Baru2 ini Pak Dokter itu sms, "Apa ngga bisa meriksanya ditunda sampe abis lebaran aja? Kalo puasa-an gini biasanya saya emosian kalo urusan pajak."
"Lha wong ga ngapa2in kok emosi Pak. Ya udah abis lebaran aja." jawabku di sms.
"Alhamdulillah." katanya. Hihihi ada2 aja pak Dokter.

Itu lah suka duka kalo meriksa Wajib Pajak (WP).
Kebanyakan WP memandang negatif duluan ke pemeriksa sbg orang asing tak dikenal yang akan mengaduk2 keuangan mereka. Lain lagi ceritanya kalo ternyata si WP udah kenal duluan. Waktu aku meriksa penghapusan NPWP, eh si WPnya mengenaliku, "Kamu ini adeknya mbak Vivi bojone Ceper kan?" tanya dia. Lho kok bisa tau, tanya Pak Yosep. Si WP menjawab, "Iya soalnya wajahnya mirip ama Andre, kakaknya yang di BCA." Lho, lha kok tau kakak ku yg lain lagi? Wah wah wah jangan2 nih WP kenal ama semua anggota keluargaku.
"Kempir udah meninggal mas." kataku. Yaa, siapa tau dia kenal ama Kempir kucingku (kalo yg terakhir ini jelas ngarang, hahaha masa bawa2 kucing).

Oke next.
Pernah nih, lagi meriksa WP dagang komputer. Ternyata si direktur nya ini temen kakakku. Kata dia, "Saya ngga begitu ngerti soal pajak, yang ngurusin Ayah saya." Begitu Bapaknya muncul, ternyata teman ku haji satu kloter, dan ternyata temen nya Pak Yosep juga. Waduh kok jadi kaya reunian. Enak ketawa2, ngga pake dimaki2 segala, ngga pake dibius2.

Begitu pula waktu meriksa WP gudang beras. Ternyata dia temennya temenku anak ersoftgun. Ngobrol2 jd lebih akrab. Buku2 yg kami pinjam pun dikeluarkan. Buku2 yg bersih dan dikemas rapi. Hmmm keliatan buku2 baru semua neh. Selagi kami keliling gudang, Pak Yosep lalu berinisiatif jalan2 ke timbangan mobil yg keluar masuk. Diambillah dua buah buku besar tebal dan kumal yg merupakan catatan semua kendaraan yg keluar masuk. Bukunya nih mirip kitab2 rahasia yg pantesnya ditemukan oleh Indiana Jones di goa2 penuh jebakan gitu hihihihi.

Si WP ngga bisa berkutik krn buku itu kami pegang. Buku itu jelas lebih jujur daripada buku penjualan maupun buku pembelian yang udah dikemas rapi. Dari buku misteri inilah, akan ditemukan banyak sekali koreksi. Masalahnya.. ehem.. ehem.. masalahnya, tulisan nya ceker ayaaaam acak adut!! Angka angka angka angka ga jelas maksudnya apa. Cuma Tuhan dan si penulisnya yg tau. Penulisnya adalah bapak2 tua keturunan tionghoa, pake celana pendek. Konon, dia diusir dari rumah istrinya, dan kini hidup sebatangkara, lalu ditampung oleh WP tadi, dipekerjakan sbg pencatat buku misteri.

Fiuuuh, kayanya membaca buku ini sama sulitnya dgn memecahkan rahasia Davinci Code. Karena selain angka2, si penulis bercelana pendek itu juga nulis kata2 kotor dan maki2an disela angka2 itu. Cobaaa, apaaa maksudnya coba! Ngga tau deh buku ini bacanya dari kanan ke kiri apa dari kiri ke kanan ckckck.

Pertemanan mgkn terjadi antara petugas pajak dengan Wajib Pajak. Hubungan baik pun kudu dijaga karena kita adalah mitra yg bekerjasama membangun negeri. Tapi integritas dan profesionalisme, teteeep harus tetap dijaga.

2 komentar:

  1. kalo meriksa WP yg kerjanya agen asuransi sebaiknya nggak ngasih nomer hape,
    selesai pemeriksaan ditelpon2 terus suruh masuk asuransinya dia
    :D

    BalasHapus
  2. @hikari: wkwkwk alhamdulillah yg ini engga, agen asuransi senior sih, kayanya khusus menjaring perusahaan2 besar gitu

    BalasHapus