Rabu, 13 Juni 2012

Hafalin Al Qur'an for Newbie

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, "Jagalah Al Quran, Demi Dzat yang mana jiwaku berada di dalam genggaman-Nya, sesungguhnya Al-Qur`an sangat mudah lepas daripada seekor onta yang berada dalam ikatannya“ (HR Bukhari)

Beberapa hari lalu, seorang sahabat menyapaku di facebook. "Oom cara ngafalin Al Qur'an gimana ya?
Masyaa Alloh, terharu rasanya dada ini.
Emang sih aku belum pantas ditanyain begini, secara hafalan Al Qur'an ku juga cuma sedikit. Malu ah ama ustadz2, temen2ku yg hafalannya banyak dan tetep tawadhu. Mungkin pantesnya pertanyaan seperti ini ditanyain kepada yg lain, misalnya ustadzku yg udah hafal 30 juz. Maka kita pantes bertanya bagaimana kiat2nya kok bisa hafal seluruhnya begitu.
Tapi mgkn, temenku ini bertanya begitu karena justru dia tau kalo aku ini newbie (pemula), sehubungan dengan tulisanku yg dulu "Hapalan Yang Terbatas". Mungkin ngobrol antar sesama newbie bisa lebih ringan, nyantai, ngga terbebani dan ngga malu, Gan.

Karena itu lah aku nulis ini, sekedar berbagi2 pengalaman sesama newbie aja. Mohon maaf kalo ada kurangnya, mohon dikoreksi ya.


Pertama2, tentu aja kembali luruskan niat kita untuk mulai menghafalkan Al Qur'an dengan ikhlas hanya karena Alloh Ta'ala. Bukan buat gaya2an (idiih), atau dianggep lebih dari orang lain (ya ampuuun), atau buat yg lain (astagaa, maksudnya apa?), atau untuk (yaeelaaah).
Ini dari tadi idih idih ya ampun ya elah mulu :D

Oke, sob. Jadi gini.
Dengan menghafalkan Al Qur'an setiap hari, maka lidah kita akan basah dengan dzikrullah, everyday, everytime. Akhirnya, mudah2an, Insya Alloh, berkurang lah kegiatan buang2 waktu untuk hal lain yg sia2 dan tidak bermanfaat.

Kedua, ngapalin mulai mana? Ya yang pendek2 aja dulu. Misalnya surat2 dalam juz amma (juz 30) tuh. Kan surat2nya pendek2. Nah itu aja dulu diapalin. Misalnya hafalin mulai dari An Naas. Terus Al Falaq dst ke atas, sampe An Naba'.

Ketiga, ditargetkan. Karena kalo ngga ditarget biasanya jadi letoy lho. Misalnya dalam hati berniat dan bersungguh2, "Saya harus sudah menghafalkan juz 30, dalam tiga tahun ke depan!!!" Sambil mata melotot, gigit bibir bawah, dan tangan mengepal lurus ke depan.
Naaaah kalo gini sih berazzam sungguh2, tapi kelamaan boss.
Kalo bikin target tuh yg bersifat memaksa, tapi masuk akal disesuaikan dengan kemampuan, "Saya harus sudah menghafalkan juz 30, tahun ini!!!" Sambil melotot, gigit bibir bawah dan tangan mengepal lurus ke depan (tetep gayanya).
Ya begitu juga baik for newbie.
Barakallohu fiik.

Keempat, karena target dan obyek hafalannya udah kita dapet nih (misalnya, juz 30 dalam setahun) maka mulai deh persiapan. Yaitu kudu disiapin dulu mushaf yang selalu bisa dibawa2, dari situlah kita membaca dan menghafalkan. Kalo hare gene, semua gadget udah ada Al Qur'an nya kok. Antum bawa blackberry kek, android kek, semua udah ada Al Qur'an nya. Buat yg pake android, ada tuh aplikasi yg bisa diunduh namanya Al Qur'an Android. Keren, ada terjemahannya juga lho.

Kelima, jaman dahulu kala, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam membaca dan memperdengarkan Al Qur'an kepada sahabat2, karena itu sekarangpun kita kudu mendengar bagaimana bacaan murotalnya. So, unduh deh file murotal juz 30 dari qori' yg kita suka. Misalnya kalo yg bacaannya cepet ya murotal Syekh Suraim dan Syekh Sudais.
Kalo yg suka murotal mendayu2, dilagukan merdu bisa menyimak murotal dari Mohammed Thaha Al-Junayd atau Syekh Mishari Rasyid Al Asafy dll.

mohammed thaha junayd

syekh mishary rasyid al asafy

Keenam, tiap orang memang punya teknis sendiri2. Sesuaikan lah dengan kemampuan dan kebiasaan masing2. Ada yg baca diulang2, lalu sesekali mendengarkan murotal. Ada yg mendengarkan saja diulang2, sambil sesekali tengok mushaf. Ada yg menghafalkan per ayat, ada yg menghafalkan per baris. Macem2. Terserah aja.
Kalo aku niiih, misalnya suatu hari aku menghafalkan Al Mulk, maka aku akan baca dulu ayat mana yg hendak kuhafalin. Lalu murotal Al Mulk aku puter terus berulang2 (misalnya ayat satu sampe sepuluh aja, kupotong pake MP3 cutter) baik naik motor maupun naik mobil. Tanpa sadar, nada dan bunyinya jadi begitu familiar. Setelah bacaan dan lagunya terekam, maka kita ulang2 tuh ayat tsb selama 10 sampe 20x tanpa membuka mushaf. Selesai.
Besoknya lanjut ke ayat berikutnya, lalu kita ulang2 lagi ayat baru ini 10 sampe 20x tanpa membuka mushaf. Lalu dirangkaikan dengan ayat berikutnya 10 sampe 20x. Selesai.
Begitu terus setiap hari.

Ketujuh, jangan lupa dengan murojaah. Sisihkan waktu untuk mengulang hafalan. Bisa memilih waktu khusus, misalnya khusus kamis dan jumat untuk murojaah. Atau khusus mau tidur murojaah. Terserah lah. Kalo lupa ya buka mushaf lagi. Jangan lupa juga memasukkan hafalan kita ke dalam sholat2 sunnah kita, dibaca setelah Al Fatihah. Semakin banyak kita baca, semakin melekat dalam ingatan.

Kedelapan, berdoa. Ada doa yg bagus banget sehubungan dengan ini. Berdoa dan memohon dengan sungguh2 ya. Berikut aku lampirkan terjemahannya juga. Ada lagunya juga lho, biasanya suka dibaca saat khataman Qur'an, atau dibaca sebelum sholat Subuh dimulai di mushola2.

Allahummar hamna bil Quran
(Ya Allah, karunikanlah kasih sayang-Mu dengan Al Qur’an).
Waj’alhu lana imaamau wa nuurau wa huda wa rahmah
(Jadikan Al Qur’an sebagai imam, cahaya, hidayah, dan sumber rahmat bagi hamba).
Allahumma dzakkirna min...hu maa nasiina.
(Ya Allah, ingatkan bila ada ayat yang hamba lupa mengingatnya)
’Allimna ... Allimna ...Minhu maa jahiilna (Ajarkan bila ada ayat yang hamba bodoh memahaminya).
Warzuqna tilaawatahu (Dan karuniakan pada hamba kenikmatan membacanya).
Aana al laili wa aana an nahaar (Sepanjang waktu, baik tengah malam maupun siang hari).
Waj’alhu lana hujjatan (Dan jadikanlah AlQuran ini sebagai hujjah bagi hamba).
Yaa Robbal aalamiin (Wahai Tuhan Semesta Alam)

Kesembilan, ayo belajar bahasa Arab, Gan. Dengan bisa bahasa Arab kita jadi memahami apa yg kita baca dan otomatis kita akan lebih mudah dalam menghafalkan.
Yg ini memang ngga mudah, karena kesempatan bisa belajar bahasa Arab memang tidak semua orang punya.
Sama kaya aku dulu. Tapi kalo hati semangat utk kebaikan, semoga Alloh memberi jalan keluar Gan. Bukankah hampir tiap hari kita berdoa "Allimna ... Allimna ...Minhu maa jahiilna."
Ketika dulu aku begituuuu pengen bisa bahasa Arab (tapi ngga tau harus belajar kemana), aku dapet link El-Arabic.com dari temen di facebook. Ternyata ustadznya juga temenku sendiri Ust Pandu Daya Rahman. Wah sip ini. Kita bisa belajar bahasa Arab sendirian secara online.
Atau kalo tau link lain ya bisa juga belajar bahasa arab online yg lain.

Tapi ketika suatu hari aku mengusulkan ke temen2 kantor untuk buka kelas bahasa Arab, ternyata temen2 mushola banyak yg bersemangat. Maka disediakanlah kelas di lantai tiga, dengan Ustadz Hari Susanto, Lc sebagai guru kami. Beliau ini ketua Ikadi Mojokerto, lulusan Sudan dan Mesir. Kata temenku beliau ini hafal 30 juz. Masyaa Alloh. Alhamdulillah.
Nah kalo belum ada kesempatan belajar bahasa Arab gimana? Beli aja Al Qur'an dengan terjemahan per kata. Kan banyak kata2 yg diulang2 / sering kepake. Akhirnya kita jadi tau tuh, misalnya kalo min aina = dari mana. Tsumma = kemudian. Ya gitu2 deh. Lama2 juga bisa ngerti dikit2 walau ga sempurna. Cobain deh.

***

Begitulah sembilan tips menjawab pertanyaan sahabatku.
Ini bener2 jawaban seorang newbie kok yaaa. Jadi jangan diketawain hiihihihi (ketawa sendiri gpp).
Nanti kalo udah hafal, jangan lupa dites kepada Ustadz yg kompeten. Jadi kalo bacaan2nya salah bisa dibenerin. Ya kaya belajar tahsin gitu deh.
Trus kalo udah hafal banyak, ngga usah cerita2 udah hafal 5 juz, 10 juz, 20 juz, karena setauku mereka2 yg udah hafal ngga pernah cerita2 begitu. Bisa jadi lho begitu2 bikin kita jadi sombong dan merasa lebih dari orang lain. Ya kan?
Kalo ditanyain, bilang aja, "Masih dikit se-uprit kok hafalannya." (pdhl emang dikit hihihi).
Kalo pertanyaannya nodong, "Juz 30 udah hapal? Juz 1 udah hapal?"
Jawab aja , "Semoga, Insya Alloh."
Mudah2an bermanfaat yaaa. Mohon maaf kalo ada kurang2nya.
Ilal liqo'.

2 komentar:

  1. Subhanalloh om.. iya neh, saya seringnya matok target cuman realisasinya yg bolong bolong

    BalasHapus
    Balasan
    1. @wahyu: sama lah yu, kadang juga bolong2. semangaaatt!!

      Hapus