Jumat, 12 April 2013

Salah Kostum

"Ada undangan dari kantor pusat besok." kata temenku.
"Siapa aja yg dipanggil?"
"Semua ketua tim ama Supervisor."
Waduh, jangan2 kaya kemarin itu ke kantor pusat, pernah dipanggilin ditanyain tunggakan kerjaan. Ah ngga enak banget. Tertekan. Bayanganku di  hari itu nanti bakal diadili ama pejabat di sana. Kata "kantor pusat" entah kenapa akhir2 ini kaya momok yang menakutkanku. Aku emang ngga baca undangan yang dibaca temenku tadi sih. Itu salahku. Aku cuma baca Surat Tugas bagi ku sbg surat jalan untuk berangkat ke sana.

Maka hari itu, abis subuhan aku pun berangkat bawa mobil sendirian. Langit masih gelap. Untuk ukuran Jakarta, kita emang kudu berangkat sebelum keduluan matahari terbit. Kalo ngga gitu, bakal kejebak macet, atau kena 3in1 -sekalipun dalam kisah ku ini jam undangannya jam 9 pagi.


Inilah Jakarta di pagi hari. Lalu lintasnya yang mulai ramai. Sepeda motor dan mobil yang masih menyalakan lampu mulai padat, namun belum macet. Bahkan sebagian masih bisa melaju kencang.
Seorang temen di daerah bertanya, gimana sih menyikapi kerja di Jakarta soal sumpek, macet dan godaan materi?
Well, kalo soal sumpek, pasti lah ada sumpek. Maka anak istri di rumah menjadi pelipurnya. Saat berlelah2 otak dan fisik di kantor, maka terbayarlah semua jerih itu oleh sambutan keluarga di rumah. Sedangkan kalo sumpeknya di kantor, ya sempetin lah Dhuha. Sujud lah bentar, dua-empat rakaat barangkali.
Istirahatkan batin sejenak. Recharge batre lagi sebelum kemudian kembali bekerja.
Kalo soal macet? Awal doang stress. Lama2 juga biasa, rutinitasnya mmg begitu.
Kalo soal godaan materi? Belanja2 maksudnya? Ah biasa aja kalo itu. Yang belanja2 itu mgkn memang banyak duit kali. Sedangkan bagi yang ngga banyak duit mau belanja2 apa? Paling mikirin kebutuhan sehari2 aja kan? Belum lagi mesti mikirin untuk ongkos mudik dan kontrak rumah tahun berikutnya. Yang penting mah cukup dan ngga berboros2, ngga bermegah2. 

Kembali ke Jakarta di pagi hari.
Mas2 dan Mbak yang berdiri menunggu busway. Mas2 berhelm dan berjaket yang melaju di antara motor2 lain. Ada yang bawa botol aqua di ranselnya. Ada yang ditaro di laci motor matic nya. Ada yang naik mobil ber AC sambil denger radio. Ada yang naik mobil sambil sarapan kue bagelen. Semua berangkat ke tempat kerja masing2. Di mana saja.
Inget nasehat Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, "Lihatlah rejeki semut. Di manapun antum meletakkan gula, Allah mengabarkannya pada semut."

Sesampainya di kantor pusat, aku sengaja parkir di atas tanah (bukan di basement yang gelap), supaya kena matahari pagi, dan gelombang radio Rodja bisa kutangkep dengan jernih. Kantor pusat masih sepi. Ada beberapa orang lalu lalang memakai batik dan nametag. Batik? Kenapa banyak yg pake batik? Ini kan bukan hari Jum'at.

Sambil dengerin radio tentang fiqh muamalah kontemporer dan sarapan bubur ayam Salim, aku nunggu di mobil sekitar dua jam-an. Semakin tinggi matahari, semakin banyak yang datang. Makin banyak pula orang yg lalu lalang di depanku memakai batik. Whattha... Jangan2 nanti ini dresscode nya pada pake batik?? Sementara aku, berkemeja hitam garis2, lengan pendek pula. Fyuuh. Salah kostum ngga nih? Deg, deg, deg, makin tegang.

Jam delapan, aku pun turun dari mobil. Bismillah. Cuek aja ah (walau sbnrnya lebih tepat kalo bilang "kuat2in mental ah"). Ups, ternyata aku cuma pake sendal crocs kawe! Hiyaaa, buru2 deh nyari sepatu di bawah jok belakang. Deg deg. Deg deg. Beneran nih salah kostum. Di mana mana bergerombol undangan pake kemeja batik. Apa kemejanya kukeluarin aja ya, biar kaya yang pake batik? Hihihi.

Ya sudahlah. Dengan mimik muka dingin dan cuek, aku pun menuju auditorium, berdesak2an dengan ratusan orang berbaju batik. Alhamdulillah di dalem auditorium ternyata banyak juga yang pake jas jaket (itu lho jaket yang mirip jas, atau jas mirip jaket? Di DJP banyak nih yang pake beginian).
Jangan2 di balik jaket itu mereka sbnr nya salah kostum kaya aku.
Hahaha menghibur diri.

Alhamdulillah acaranya bersifat massal. Bukan model ditagih kerjaan kaya yg kemaren. Aman aman (sambil elus dada). Sepanjang acara, Pak Dirjen memberi pengarahan dan motivasi, aku pun ditagih oleh temen2 di Forum Shalahuddin untuk memberikan live report kejadian di auditorium. Aku pun ketikin live report isi kotak kue ku, hihihi.

Alhamdulillah lagi, di sini banyaaaaak ketemu temen2 lama, bersalaman, saling sapa dan mendoakan.
Itu jauh lebih adem dan menghibur daripada galau karena sekedar salah kostum. So, sahabat, jika kamu galau, sedih, ga enak ati, alihin aja.
Alihin segera ke hal2 positif yang menyenangkan. Dan salah satu hal yang menyenangkan hati adalah ketika kita bisa bikin orang lain seneng. Keep smiling guys ^_^





2 komentar:

  1. kamis ya om? sesi pagi sih sebentar...sesi siang sampe jam setengah tujuh tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wooooh, lama amat tung!
      iya yg pagi cm sampe jam satu

      Hapus