Selasa, 16 April 2013

Sempetin Dhuha

Dari Abi Hurairah radhiyallahuanhu berkata,"Aku telah diwasiatkan oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam untuk tidak meninggalkan tiga perkara : Tidak tidur kecuali setelah Shalat Witir, tidak meninggalkan dua rakaat Shalat Dhuha karena itu adalah shalat awwabin, dan tidak meninggalkan puasa tiga hari dalam sebulan. (HR. Al-Bukhari)

Dari hadits di atas ada tiga amalan yang disebutkan oleh Abi Hurairah radhiyallahuanhu. Soal witir dan tahajud udah pernah kubahas di sini. Soal puasa ayyumul bidh juga udah pernah kubahas dalam blog ini di sini. Sekarang tinggal satu yang mau kutulis, yaitu tentang Shalat Dhuha. Moga2 setelah ini kita bisa istiqamah ya mengamalkan wasiat dari Rasulullah di atas.
Emang kira2 alesan apa yg bikin kita ngga sholat Dhuha?



1. Ngga sempet, bwoss!

Emasa sih?
Sahabatku fillah, kita tau ya, kalo waktu untuk sholat Dhuha ini panjang. Range nya panjang terbentang sejak matahari terbit sampe sebelum tiba waktu sholat Dzuhur. Asal kudu hati-hati nih ama batasan awal dan akhir sholat Dhuha dengan waktu diharamkannya mengerjakan sholat 1). Masa dengan waktu segitu panjang bilang ga sempet sholat barang beberapa menit aja?

Biar aman -kalo pake versi bahasaku di sini- intinya kalo sholat Dhuha jangan pagi2 amat dan jangan siang2 amat. Pas2in aja sendiri mau shalat Dhuha jam berapa disesuaikan dengan kelonggaran waktu kita, saat anak unta dan kerikil di luar udah mulai panas 2). Mungkin sekitar jam delapan sampe jam sebelas gitu lah. Terserah aja. Atau kalo di tengahin lagi ya jam sembilan jam sepuluh gitu. Silakan sempet2in deh.




2. Lupa, Gan (soalnya lagi busy beud)

Biasanya sih jam segitu kita lagi sibuk2nya bekerja ya?
Lagi on fire.
Karena itu, jangan lupa pasangin alarm di hape. Boleh juga buat dua alarm. Jam sembilan pasang. Jam sepuluh juga pasang. Kasih tulisan "sholat Dhuha" gitu. 
Bisa juga ditambahin "udah sholat Dhuha dan sodaqoh belum?" Kali aja mau sekalian rutinin sodaqoh setiap hari. Terserah aja.
Ntar jam sembilan bunyi, berangkat deh ambil wudhu. Atau kalo lagi sibuk banget, masih bisa nunggu ntar alarm jam sepuluh. Kan ntar bunyi lagi ngingetin.
Atau kalo memang tahu jam sepuluh bakal ada janji ama orang, ya udah sholat Dhuha nya jam sembilanan atau diawali. Terserah aja, disempet2in gitu.
 
3. Ntar aja deh, bentar lagi, dikit lagi nih

Suka nunda2 ngga?
"Ntar lagi deh.."
"Nanggung dikiiit lagi."
"Gapapa deh ngga dulu, sholat sunnah ini..."
Akhirnya malah ga sholat Dhuha beneran hari itu. Yang begini ini sering banget kejadian.

Mending seingetnya langsung berangkat! 
Fungsi alarm itu kan ngingetin kalo lupa atau kalo busy. Kalo udah inget mah langsung berdiri aja, ga usah nunggu alarm nya bunyi. 
Kuatirnya kan kalo pas alarm lagi bunyi, eee kitanya lagi sibuk banget. Pas kerjaan ngga bisa ditinggal. Akhirnya bablas waktu, hilang deh kesempatan sholat Dhuha nya karena keburu Dzuhur. Sayang kan?

Sahabat fillah,
Meluangkan waktu sejenak untuk sholat Dhuha juga bisa menenangkan hati yang galau lho. Misalnya lagi suntuk ama kerjaan, lagi stuck, pening. Ya udah istirahatkan hati, istirahatkan badan. Itu beban di pundak dan di kepala ditaro dulu deh.
Sana ambil wudhu, trs sholat. Sujud deh di sajadah. Kaya fresh lagi. Kaya di-charge lagi. Ngga lama kok. Dua rakaat juga boleh 3). Mau banyak juga boleh. Setauku ngga ada batasan maksimal jumlah rakaat sholat Dhuha. 
Yuk ngademin ati sejenak. Ngga ngejar kerjaan dunia aja. Toh ntar juga balik kerja lagi kan?

Pernah lho dalam satu hari yang sama, aku liat Mbak tukang semir di depan sedang make mukenah mau sholat Dhuha.
Petugas cleaning service di kantor juga lagi sholat dhuha, kulihat sedang duduk takhiyat akhir.
Akang Officeboy di ruanganku juga tadi copot sepatu di masjid, kemungkinan besar juga mau sholat Dhuha.
Itu hanya sebagian kecil yang tampak di mataku. Masih banyak lagi sodara2 kita muslim yang ngga tampak di mataku, yang mungkin secara ekonomi mereka belum berkecukupan, namun jauh lebih dekat kepada Allah Ta'ala daripada kita. Kesulitan ekonomi, perjuangan hidup yang berat, biasanya lebih mendekatkan seseorang kepada Rabb-nya. 
"Tidak lah kalian ditolong dan diberi rezeki kecuali dengan sebab orang yang lemah di antara kalian." (HR Bukhari)

Seneng deh liat mereka sholat Dhuha gitu.
Salah satu faedah sholat adalah penyejuk bagi mata yang memandang.
Sempetin yuk. Insya Allah kita bisa. 


Catatan: ______________

1) Dari Uqbah bin Amir: “Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang sholat pada tiga saat: (1) ketika terbit matahari sampai tinggi, (2) ketika hampir Dzuhur sampai tergelincir matahari, (3) ketika matahari hampir terbenam.” [HR. Bukhari]

Telah bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: “Matahari terbit dengan diikuti setan. Pada waktu mulai terbit, matahari berada dekat dengan setan, dan ketika telah mulai meninggi berpisah darinya. Pada waktu matahari berada tepat di tengah-tengah langit, ia kembali dekat dengan setan, dan ketika telah zawal (condong ke arah barat) ia berpisah darinya. Pada waktu hampir terbenam, ia dekat dengan setan, dan setelah terbenam ia berpisah lagi darinya.” [HR. An Nasa’i]


2) “Shalat awaabiin (orang-orang yang kembali kepada Allah) adalah ketika anak-anak unta sudah merasa kepanasan”. Diriwayatkan oleh Imam Muslim, shahih.  
Dari almanhai.or.id tertulis bahwa di dalam kitab Syarh An-Nawawi, Imam Nawawi mengatakan : Ar-Ramdhaa’ berarti kerikil yang menjadi panas oleh sinar matahari. Yaitu, ketika anak-anak unta sudah merasa panas. Al-Fushail berarti anak unta yang masih kecil”

3) Dari Abu Dzar Radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda
“Bagi masing-masing ruas dari anggota tubuh salah seorang di antara kalian harus dikeluarkan sedekah. Setiap tasbih (Subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahtil (Laa Ilaaha Illallaah) adalah sedekah, menyuruh untuk berbuat baik pun juga sedekah, dan mencegah kemunkaran juga sedekah. Dan semua itu bisa disetarakan ganjarannya dengan dua rakaat shalat Dhuha”. [HR. Imam Muslim]


9 komentar:

  1. Bagaimana dengan memakan waktu jam kerja (di kantor misalnya) :

    Jawaban dari Ust Sarwat, "Shalat Dhuha' hukumnya sunnah, boleh tidak dikerjakan. Sedangkan bekerja dengan amanah hukumnya wajib. Maka janganlah kita mengejar ibadah sunnah sambil meninggalkan yang wajib.

    Kalau bisa dikompromikan, tentu akan lebih baik. Kita boleh shalat Dhuha' di tengah kesibukan kita, asalkan tugas dan amanah telah beres dikerjakan. Biasanya, atasan yang bijaksana akan berpikir demikian.

    Lagi pula yang namanya shalat Dhuha' itu tidak harus dilakukan tiap hari. Kalau pun dilakukan, tidak harus lama. Tidak perlu baca surat Al-Baqarah di rakaat pertama dan surat Ali Imran di rakaat kedua.

    Kalau mau shalat yang panjang, dengan surat yang panjangnya berjuz-juz, lakukan di waktu malam, yaitushalat Tahajjud. Silahkan lakukan sepuas-puasnya, terutama kalau besoknya libur. Tapi jangan shalat yang panjang di waktu Dhuha', apalagi sampai harus korupsi waktu.

    Itu namanya cari jarum kapak hilang."

    BalasHapus
  2. Subhanallah..
    Jd tambah ngefans ma om squ ckckck ^_^

    BalasHapus
  3. nek aku biasane abis absen jam 7 nana trus langsung ke mushola gitu kepagian ga yo om??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmm,, aku ga tau. Jam 7 di situ matahari udh tinggi kah? udah panas? Kalo di sini sih kayanya jam 8-an tuh baru terasa panas. Tapi ada temen2ku yg kaya km gitu sih, abis absen (sekitar 7.30) trs lgsg ke mushola.

      Hapus
  4. sembab mata saya mas, baca paragraf terakhir ... terima kasih sudah memberi tips dan sudah diingatkan. barakah umur dan ilmunya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, syukron support nya mas toni.
      wafiika barakallah.

      Hapus
  5. kalau dikangenin istri itu rasanya berbunga-bunga banget dan pasti ingin segera beremu. nah Allah itu sebenarnya kangen banget dengan umatNya di waktu pagi karena jeda waktu antara sholat Shubuh dan sholat Dhuhur agak lama. makanya ada sholat Dhuha. dibuat sunah lagi biar ga bebanin umatNya. Subhanallah baik sekali Allah (ga usah diperdebatkan kalimat ini).

    Begitu juga dengan sholat Tahajjud. Allah kangen dengan umatNya karena jeda antara sholat Isya dan Shubuh yang agak lama.

    klo dikangenin istri aja pengen langsung bertemu harusnya dikangenin Allah juga iya dong.

    Hanya perumpamaan sederhana aja semoga bisa memotivasi. yang nulis juga belum tentu udah istiqomah masih bolong2 apalagi sholat malamnya. Astaghfirullah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @agus: mudah2an dgn nulis dan baca, lalu termotivasi dan semangat lagi, mas, aamiin

      Hapus