Kamis, 27 Februari 2014

Sayap Patah Mama K

syairsiparapara blogspot
Semoga cerita ini bisa jadi pelajaran penting buat ayah bunda yang mengajak anaknya ke masjid.
Tadi malem, istriku yang unyu Mama K (baca: mamake) ikut shalat Isya' berjamaah di masjid. Jarang2 sih ikutan ke masjid, soalnya lebih afdhol muslimah shalat di rumah aja [1]. Tapi malam itu kami berangkat bertiga.
Sebelum shalat, Mama K lepas kacamatanya dan diletakkannya di atas lemari mukenah. Bukan diletakkan di karpet lho ya. Kadang banyak orang yg kutau meletakkan kacamata di dekat tempat sujudnya. Hati2 ini juga bisa mengganggu mata jama'ah lain lho. Jgn sampe semua isi kantongnya dikeluarin ditaro di depan. Hengpon ditaro, ada samsung tab, ada ipad, ada earphone ditaro numpuk di tempat sujud. Orang di kanan kirinya ngeliatin. Trs powerbank nya sekalian, trs kunci mobilnya, trs kacamata rayban, trs kunci rumah, kunci gembok pager dan kunci brankas uang. Trs jaket, trs tas koper, travelbag, selimut, bantal, guling. Fyuuh. Ga kebayang deh. Akhirnya orang di kanan kirinya ga konsen tuh ngelirik. "Itu arlojinya keren amat, merk apa sih? KW ngga ya?" Wah jadi ga khusyu' gara2 perabotan dikeluarin semua.


Oke lanjut.
Ternyata saat shalat, kacamatanya digondol (diambil tanpa ijin) oleh anak cewek kuecil umur 20 bulan yg diajak bundanya ke masjid. Wah nyampe juga ya ternyata. Tapi aku pernah tau juga lho dia ngambil kacamata jamaah cowok yg ditaro di karpet, dan dibawa entah kemana -_-"
Hahahaha bisa2 ngga khusyu' tuh shalatnya.

Usai shalat, Mama K nyari2 kacamatanya. Ternyata udah bengkok gagangnya, mlintir gitu (diapain ya sama anak itu). "Aduuh anak siapa ya ini?" keluh Mama K sambil memicing2kan matanya berusaha melihat dengan jelas. Ibu2 di sebelahnya lgsg nyahut, "Aduh Bu maap Bu anak saya itu aduh aduh, diganti apa."
Mama K cuma mesem kecut. Katanya ga jelas ini orang siapa.

Sampe di rumah kubenerin eh udah ga bisa, bagai sayap yang patah sebelah. Mama K mengeluh. Bagaimana nasibnya besok anter jemput Kevin sekolah. Sigh. Kubilang, "Ya udah ayo kuanterin nyari orangnya (untuk gantiin)." Sepertinya orangnya masih di masjid. Aku bilang lagi, "Daripada ntar orangnya jadi dzalim." Oke deh kami bertiga pun berdiri, dan bermaksud menuju masjid lagi.

Tiba2 saat buka pager, ada motor berhenti. Ada suami istri yg masih bersarung dan bermukena. Rupanya ini orangtua anak kecil tadi. Tampak si kecil duduk di depan ngeliatin polos, hahaha. Oalah rupanya mereka abis dari masjid lgsg nyariin rumah kami muter2. Kok yo alhamdulillah ketemu.
Intinya mereka ingin bertanggungjawab mengganti.
Alhamdulillah, mereka org yg mengerti utk menyelesaikan urusan ini di dunia. [2]
Bisa saja mungkin ada orang tua yg lari dari tanggungjawab, pura2 ga ngeh aja kalo anaknya baru saja berbuat salah. Nanana fufufu siul2 liat atas, tangan di saku, sambil mlipir pergi.

Tapi bapak ibu ini engga begitu. Mereka berniat utk mengganti biayanya.

Waktu itu sbnr nya udah jamnya mau tidur, almost setengah sembilan, tapi kami pun berniat untuk nyari kacamata buat mama K ke optik di Giant langgananku. Setelah mas dan mbak tadi pamit, kami pun skrg ke Giant. Eh hampir keluar komplek dicegat lagi ama pasutri tadi, "Maaf, kunci rumah saya ketinggalan di meja."
Howalah, akhirnya balik lagi ke rumah ngambilin kunci. Si ibu nya minta maaf minta maaf berkali2.
Lalu perjalanan pun dilanjutkan. Ngga lupa baca doa jika ditimpa musibah.
Sampe optik di Giant trnyata ga ada frame yg ukurannya sesuai ama lensa nya Mama K soalnya ukurannya kecil. Ada sih ditawarin yang pas, ada tulisannya transformers. Oalah kacamata anak2 hahaha. Jalan keluarnya adalah beli frame dan lensa baru lagi, dan harganya tentu saja mahal. Akhirnya untuk sementara kacamatanya dilem dulu, sambil mau mendiskusikan dulu dengan suami istri tadi. Kalo mau ya fifty2 biayanya. Kalo ngga mau ya udah gapapa :D

Pelajaran banget nih buat ayah bunda. Ngga usah ngajak anak2nya yang masih kecil ke masjid jika nantinya malah mengganggu dan merugikan hak sodaranya muslim yang lain. Lari sana lari sini. Gedor2 pintu kaca bang bang bang! Jambak rambut orang. Mukul punggung. Narik sarung. Nyolek pantat. Adaaaa aja ulah anak2 kecil di masjid.
Ayah bunda, ntar aja ya ngajakin nya, jangan sekarang. Nunggu kalo anaknya udah agak gedean aja, kalo udah ngerti dibilangin. Kevin dulu tiga tahunan lah ke masjid. Kira2 mulai usia lima tahunan lah baru Kevin menjalankan shalat lima waktunya rutin.
Mudah2an bermanfaat.

Catatan hadits: ______________
1] Ummu Humaid al-Sa’idi yang pernah mendatangi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, “Wahai Rasulullah sesungguhnya aku lebih suka shalat bersamamu.” Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjawab, “Aku mengetahui hal itu. Tetapi, shalatmu di kamar (rumahmu) lebih baik daripada shalatmu di masjid kaummu, dan shalatmu di masjid kaummu adalah lebih baik daripada shalatmu di masjid jami’.” (HR. Ahmad dan ath-Thabrani)

2] Dari Abi Hurairah (semoga Allah meridoinya) berkata, telah bersabda Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, “Barangsiapa pernah melakukan kezaliman terhadap saudaranya, baik menyangkut kehormatannya maupun sesuatu yang lain, maka hendaklah dia minta dihalalkan darinya hari ini, sebelum dinar dan dirham tidak berguna lagi (hari kiamat). (Kelak) jika dia mempunyai amal saleh, akan diambil darinya seukuran kezalimannya. Dan jika dia tidak mempunyai kebaikan (lagi), akan diambil dari keburukan saudaranya (yang dizalimi) kemudian dibebankan padanya.” (H.R. Al-Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar