Kamis, 24 Januari 2008

3 cerita: Aku lagi galak, grrhh hueheh huehehe

1. Penjual sate yang jutek

Suatu hari aku dan Mama K beli sate gule kambing di sebuah warung sate yg cukup rame di Jember. Pengunjungnya berjubel antri dan ga pernah sepi. Setelah Mama K duduk, aku lalu mendekati mbak nya yg jualan. "Mbak sate gule dibungkus ya." sambil aku meletakkan rantang di meja nya. Tp si Mbak diem aja, sambil sok sibuk meladeni pembeli lain sebelum aku, dia tetep pasang wajah super jutek. Bener2 diem, ga ngangguk, ga ngelirik aku. Hmppff lagi dapet kali.

Trs aku kembali ke mejaku sambil dari jauh ngeliatin si Mbak. Ternyata pembeli lain mendekat, pesen sesuatu dan lagi2 mbak itu diem dingin kaya patung. Pembeli lain dateng lagi dan lagi2 si mbak tetep dingin jutek, wajahnya judesss banget.

Aku sambil senyum2 bilang Mama K gini, "Nah yg kaya gini ini nih yg asyik dikerjain." Mama K diem aja. Trs aku berdiri, datengin si Mbak. "Mbak ini saya beli sate gule yg tadi, dibungkus." Si Mbak tetep aja cuek sambil sok sibuk.
"Mbak, ini rantang saya." Masih diem, pura2 ga denger.
"MBAAKKK!!!" aku lgsg bentak, kenceng banget.
Hwaaah kaget tuh si muka jutek. Muka nya asli kaget ga nyangka dibentak kaya gitu.
"Iya.." baru dia jawab pelan.


"Naaaah gituuu dong, jawab kalo diajak ngomong." kataku. "Kalo ga dibentak ga bilang iya."
Orang cina bilang sih, kalo ngga bisa senyum ga usah buka toko. Kayanya si Mbak belum pernah ikut diklat pelayanan prima deh.


2. Penjual bubur ayam dudulz

Suatu sore, Mama K mau buka puasa. Aku pun pulang kantor langsung menuju warung bubur ayam. Agak mahal untuk ukuran madura, tapi lumayan enak. Ternyata waktu aku sampe di situ, yg jual lagi ngga ada, tp warung tetap buka. Kata orang di situ, "Tunggu bentar ya, mas nya lagi keluar sebentar."

Ya udah aku duduk nungguin sendirian di warung situ. Berkali2 ngelirik jam di HP. Ga enak juga kalo sampe maghrib, Mama K di rumah kan nungguin buka puasa. Tapi si mas ngga dateng2 juga. Gak lama dateng pembeli lain, trs duduk pula nungguin di sampingku. Sebut saja namanya Pak YZ.

Setelah agak lama nunggu, brmmm brmmm dateng lah mas yg jual bubur ayam. "Woii Pak YZ, udah lama yaa." kata dia nyapa Pak YZ, ternyata udah kenal. Karena mas itu masih di motor, aku lgsg berdiri mendekat, "Mas saya beli bubur ayam dibungkus."
"Iya iya." kata Mas itu sambil parkir motornya. Tapi kemudian Mas itu nyamperin temennya si Pak YZ itu tadi.

Mereka pun ngobrol2, sambil Mas itu mendekati gerobaknya, mulai menyediakan bubur ayam dibungkus. Lagi2 aku mendekat, "Bungkus ya mas satu."
"Iya." kata dia sambil (tetep) ngobrol ama Pak YZ.
Ya sudahlah yg penting bubur ayam ku dijualin, dan aku pengen secepatnya pulang karena udah mau maghrib.

Bubur ayam pun dibungkus, dimasukin dalam tas plastik. Dan.. diserahkan pada Pak YZ. Hmmppfff... GGGrrhhhhh.... squall naik darah.. tangan mengepal, perut menggumpal hihihi. Selesai Pak YZ pergi penuh kemenangan dengan bubur ayamnya, Mas tadi baru inget aku, "Beli berapa bungkus? satu ya?"

"Kenapa yang dijualin Pak itu duluan?" tanyaku.
"Ya?" dia masih ngga ngeh. Dasar dudulz.
"Saya dateng duluan dari tadi. Nunggu mas ngga ada. Yang dijualin malah dia duluan."
Si mas mulai gelagepan, "Ah.. eh.. anu saya ngga tau, saya pikir."
"Sejak mas masih di sepeda motor kan langsung saya samperin, malah dua kali saya bilang, itu ngasih tau kalo saya mau dilayani lebih dulu karena saya yg dateng lebih dulu!" kata ku dgn wajah yg ya ampuuunn.. kalo aku ngaca pasti retak tuh kaca nya.

Si mas gelagepan pucet, "Iya iya maap maap mas."
Trs aku diem aja, sementara dia nyiapin bubur pesenanku. "Eh si anu anu anu anu ya mas?" tanya dia buat basa basi. Kebetulan dia tau aku kerja di pajak, karena dia kenal ama beberapa temenku di kantor.
"Udah jualin aja bubur ku!" kataku (ya ampun galak banget).
Trs setelah selesai, dia berkali2 minta maap. Dudulz, buat pelajaran lah buat dia.


3. Antri 5 jam di jamsostek

Suatu hari aku anterin Mama K ambil duit di jamsostek. Berangkat jam delapan pagi, dan letakkan formulir di loket nunggu dipanggil. Mama K kan dulu kerja, dan karena udah quit, maka dia mau ambil uang jamsostek nya, ya duit2 dia sendiri yg dipotong selama dia kerja dulu.

Waktu itu kantor jamsostek rameee banget. Bejubel deh orang2 yg mau ambil duit. Mana ruang tunggunya sempit banget, jd yg ga kebagian tempat duduk ya duduk2 di luar, di teras, di taman (panas banget pula), di trotoar, di parkiran, pokokknya dimana bisa didudukin di situ pasti ada orang.

Kalo Mama K nunggu di dalem, sementara aku ama Kevin main di luar. Kasian kevin kepanasan, tp untung dia ga rewel, main2 aja deket kolam ikan yg ijo jorok (eh malah sempet kecebur juga hihihi dasar). tapi ternyata setelah berjam2 kok ngga dipanggil2 juga, sementara orang yg baru dateng aja dipanggil? Mama K nanya ke loket sampe tiga kali, dan dijawab, "Tunggu aja Bu, silakan duduk."

Weks nunggu sampe kapan. Aku mulai ga sabar juga, mana Kevin udah tidur dipangkuan ku, trs kugendong, aku datengin Mama nya di dalem. Mama K sampe mau nangis, karena ga dipanggil2. Waktu itu udah setengah dua siang. Bayangin, dari jam delapan pagi lho? Gile aja.

Trs aku nanya Mama K, "Yang mana sih yg ngladenin?" Mama K nunjuk orang berkumis sendirian di loket. Mama K bilang bahwa punya dia disisihin ditaruh dibawah, karena Pak itu mendahulukan karyawan PT lain yg dateng kolektif. Sialan nih orang, ga prof banget.

Orang2 di kanan kiri istriku juga orang baru2 semua. Bahkan ada bapak2 yg bilang dateng jam 11 dan baru aja dipanggil. Gilaaaa... trs aku samperin deh si kumis mau nya apa sih. Aku lalu nanyain punya istriku.
"Ditunggu aja, Mas." kata Pak Kumis.
"Kami sejak jam delapan pagi, Pak. Yang baru dateng jam sebelas aja udah pulang dari tadi." kataku. Tapi si Bapak masih aja ngotot suruh nunggu, kerjaannya masih banyak lah bla bla bla lah.

"Nama mu siapa?" tanyaku dgn muka keji. Hihihi.
"Apa?"
"Bapak ini, namanya siapa?" tanyaku.
"Amir." jawab dia.
"Amir siapa?" tanyaku lagi.
"Amir aja." jawabnya.

Dan tau ga, efeknya si bapak itu ketakutan!!
Trs dia cariin punya istriku yg ternyata ada di tumpukan bawah. Tuh orang anjrit banget ga sih. Trs boss nya tau ada rame2 di loket langsung nongol, minta2 maap, dan punya istriku langsung dilayanin cuma 15 menit doang! Weeeh org2 dudulz gitu emg harus digertak ternyata. Mereka ini suka memandang rendah orang yg dateng ke jamsostek, dianggep buruh pabrik semua kali, padahal yg dateng kan emg mau ngambil uang2nya sendiri.

Trs setelah itu aku nelpon kepala kantornya, komplain soal pelayanan nya yg wtf merugikan banget. Kepala kantornya minta2 maap, ternyata emg bener Pak Amir mendahulukan karyawan PT lain yg dateng kolektif, punya bini gua disisihin, sial, apa2an nih. Aku pun bilang mau nulis ttg ini di Kompas, biar jamsostek ada perbaikan pelayanan. Si kepala kantornya melas2 bilang jangan. Masa karena satu orang aja satu kantor nanggung akibatnya. Yeeaaah ga tau deh, moga2 aku jg cuma emosi sesaat doang. Tp kalo ga digituin merugikan orang lain juga sih.

Tapi dr cerita2 ku ini, kita bs ambil hikmah nya ya, karena kita kan juga di pelayanan. Moga2 kita bs ngasih pelayanan yg bener2 prima buat WP, moga2 kita ngga kaya mereka2 yg aku ceritain di atas tadi.

6 komentar:

  1. Duh...galak amat bos? Lagi dapet ya? Atau kemaren nggak kebagian duren?
    Ngomong2 kalo mbak tukang sate diklat pelayanan prima, ntar dapetnya grade berapa dong?

    BalasHapus
  2. Wedew duren kmrn?dpt dikit,Tung.Waskon 1 kapan jalan2 lg,nitip oleh2 duren lg ya.

    BalasHapus
  3. Heran aku...
    kok sempet to dirimu nulis beginian.. waduh jadi ngiri..
    aku nyempetin sejam dua jam aja buat nulis kagak sempet..
    hik hik...

    gak kerjo yooooooooooo???
    o' o' ketauan...
    hehehe

    BalasHapus
  4. walah puasanya tinggal nunggu buka aja marah2...
    batal donk...

    BalasHapus
  5. windy>> kan bikinnya waktu di rumah
    andreas>> yg puasa mah si mama K bukan aku
    widi>> hihihi iya iyaa

    BalasHapus