Kamis, 01 Desember 2011

Uang Baru Uang Lama

Tiap daerah emang punya budaya macem2 yg unik2 yang mungkin ga ada di daerah lain, termasuk adat dlm hal pernikahan (atau lainnya). Ini ada sebuah cerita unik di pedalaman di kota berinisial J, (sebuah kota yg dekat dengan Banyuwangi). Halah2 pake inisial pdhl jg udah ketauan. Ini cerita ttg adat istiadat ketika kita memasukkan amplop ke dalam kotak dalam sebuah acara resepsi pernikahan. Mungkin sebagian desa di Jember masih memakai adat begini, tp mgkn jg udah ada yg meninggalkannya.

Biasanya kita ngga pengen tuan rumah (or anyone else) tau berapa sih uang yg kita masukkan ke dalam kotak itu. (walau bnyk jg yg nulis nama di amplop, supaya kedua mempelai tau "niih gw udah ngasih").
Kadang ada kok yg cuma masukin amplop kosong. Yaah positif thinking aja, mgkn lupa ngisi atau duitnya jatoh.


Ada juga yg turun dari mobil, pake batik keren, tampang ganteng, eh pas di depan kotak, dia malah nyapa temennya "Hei pakabar lo,,," trs lgsg masuk gedung deh. Halah halah pura2 lupa mas? cuma pengen makan gratis yak? gini ini nih yg bikin mbak2 pager ayu (yg biasanya terima tamu berdandan kebaya cantik2) jadi geregetan. Lain kali klo ketemu yg begini2 sambit aja pake konde!

Tapi, kembali ke cerita, justru di desa ini jumlah uang di dalam amplop tertutup itu bukan jadi rahasia, eh malah dibacakan keras2 pake speaker dan didengar banyak orang, bukan cuma tuan rumah dan kedua mempelai aja, tapi seluruh tamu undangan yang hadir (bahkan tetangga2) juga denger.
"Dayat.. tiga ribu rupiah, uang lama!"
"Sunyoto.... lima ribu rupiah, uang baru!"
"Maryadi.. tiga puluh ribu rupiah, uang lamaaa!"
"Haji Samsul... dua puluh ribu, uang baru!"
Nah lho...
Mampus kan!
Malu-maluin. Jd ketauan deh kalo tadi cuma masukin goceng doang! wkwkwkwk.

Eh tapi, btw, apa maksudnya tuh uang baru uang lama?
Ternyata bukan duit lecek disebut uang lama, sedangkan duit yg licin cetakan terbaru dari BI disebut uang baru. Bukan gitu. "Uang lama" itu berarti uang balesan. Si Maryadi (contoh di atas) duluuuu ketika punya hajat, pernah menerima uang 30ribu rupiah dari si mempelai yg sekarang. Jadi Maryadi sekarang membalas dengan memberikan uang yg sama besarnya.

Sedangkan "uang baru", berarti si Sunyoto memberikan uang yang nantinya suatu ketika, saat Sunyoto punya hajat, harus dikembalikan oleh si mempelai yg sekarang, begituuu.
Wowowow. Kalo udah dijadikan keharusan mengembalikan, ini kok kesannya jd kaya utang piutang ya. Karena ada juga org yg menyumbang sapi, dan kelak harus dikembalikan dlm bentuk sapi seukuran pula. Kalo ngga, wah, bisa cabut clurit boss!!

Nah kalo bagiku, pas dulu nikah, yg penting tuh bkn berapa kami bakal dpt amplop (duit) dr tamu undangan. Tapi "kehadiran" temen2ku di hari bahagiaku lah, yg bakal berkesaaaaaann bgt buatku smp sekarang. Walau pun jelas ga bisa ngobrol dgn temen2 saat itu krn mempelai pasti duduk di kursi penganten, tapi sebenarnya kedua mempelai itu liat lho satu persatu tamu yg dateng. "Ooo si anu dateng, alhamdulillah. Waah mas itu dateng pdhl jauh, alhamdulillah." Seneeeeng bgt.
Thanx ya buat temen2 handai taulan, sederek sedoyo, tonggos teparos, yg udah sempet2in mampir jauh2 buat dtg ke acara resepsi pernikahan sederhanaku dulu. Thank You.

Jadi yg diliat jangan nama2 di amplop dan berapa isinya. "Ooo reseh nih si anu cuma masukin lima belas rebu, padahal dulu aku ngasih amplopnya dua puluh rebu." Hmmmhhh.

Bapak ibu, adek2, ikhwatal Islam yang semoga selalu dalam rahmat dan lindungan Alloh Ta'ala.
Ada sebuah cerita di kampung. Ada anak kecil disunat, lalu orang tuanya bikin hajatan gede2an, menggelar panggung dangdut koplo asolole dengan penyanyi2 wanita yg sexy berpakaian seronok.
Semakin meriah sebuah hajatan digelar, semakin banyak tamu yg datang berikut uangnya. Bahkan utk bikin acara meriah begitu, ada sebagian orang yg punya hajat kemudian berhutang ke sana sini. Ntar deh dilunasi pake uang dari amplop para tamu yg datang.

Waktu itu aku nemenin si anak kecil ini merintih dalam kamar tidurnya, sementara di luar rumah suara berisik speaker gede2 memekakkan telinga. Musik dangdut bergema, bergema, bergema di udara. Duh kasian banget si anak kecil ini.
Siapa yg seharusnya dihibur coba? Ya yang sunat kan ya. Kalo kataku sih, dari pada abis uang juta2an malah bikin dosa, kan mending duitnya buat dipake nyeneng2in si anak yg disunat. Acara mah sederhana aja, syukuran berdoa bareng gitu. Trs si anak dibeliin mainan kek, sepeda baru kek, PS3 kek, atau leptop buat sekolah kek, atau apalah yg nyeneng2in si anak. Ya kan?

Kesimpulannya gimana?
1. Bagi tamu undangan
Mungkin, kalo memungkinkan ya, dibiasain aja jika kita diundang sebuah acara dan alhamdulillah bisa datang, ngga usah amplopnya dinamain. Bukankah kita bersedekah hanya karena Alloh. Karena ya Gan, (kata kakakku) nulis nama di amplop itu justru bikin si tuan rumah kaya punya beban tanggungan harus membalas di masa yang akan datang. Kasian kan?
Sementara kalo kita diundang oleh orang yg dulu pernah ngasih kita amplop (uang lama) ketika kita pernah mengadakan hajatan, bolehlah dikasih nama kalo mau. Yaaah sekedar untuk menghindari dianggep "tidak bales budi".

2. Bagi tuan rumah
Kalo mau nyatet2in nama di amplop yg masuk juga boleh2 aja. Misalnya catet Pak Lurah naro amplop seratus ribu, Pak Camat naro amplop dua ratus ribu. Trus, lain kali ketika Pak Lurah bikin hajatan, kita bales dgn jumlah yg sama atau lebih banyak. Dikasih nama juga boleh seperti yg kutulis di atas tadi.

Tapi, ketika kita tidak menemukan amplop atas nama si Fulan misalnya, kita jgn lantas bilang "ah reseh si fulan, dulu gua kasih amplop eh giliran gua punya hajat dia kagak nongol.". Positif thinking aja. Kita ngga berharap sedekah kita dulu kepada si Fulan dibalas lagi oleh si Fulan dgn jumlah yg sama. Rugi banget kan? Kalo sedekah dengan berharap hanya kepada Alloh balasannya dilipat gandakan, insya Alloh di dunia dan akhirat.
Lha ini dulu sedekah lima puluh ribu, eh berharap dibalikin si Fulan lima puluh ribu lagi. Adddduh rugi banget. Udah gitu, kalo harapan kita meleset, si Fulan kita anggep musuh baru. Naudzubillahi min dzalik.

Tulisan ini ngga menggurui ya Gan. Cuma sekedar sharing doang. Kalo ada baiknya ya monggo diamalkan, kalo ngga ada baiknya, barangkali ga cocok ya ga usah dipake. Wong cuma omongannya squ aja kok, monggo dikoreksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar