Kamis, 24 November 2011

Satu Jam Tersesat Di Lift

Ini salah satu cerita lain lagi ketika aku masih berada di Mekah. Kami rombongan jamaah haji Jombang tinggal di sebuah gedung tinggi besar menjulang yang terletak di kawasan Syaib Amir, yaah kira2 berjarak 2km lah dari Masjidil Haram. Kami tinggal di hotel situ bersama kloter2 lain dari berbagai kota di Indonesia.

Gedungnya masih baru, bersih, tapi aku lupa berapa lantai ke atas dan berapa lantai ke bawah. Dan ngga semua lantai ditempati jamaah haji. Masih ada beberapa lantai kosong. Di lobby di lantai bawah menjadi pusat berbagai pelayanan, tersedia poliklinik, ada restoran, ada layanan kirim paket ke indonesia dll. Agak masuk sedikit, terdapat lorong dengan berjejer2 pintu lift di kanan kiri. Banyak sekali.


Nah siang itu dari kamar aku hendak turun ke lobby. Aku pun sendirian masuk lift. Seorang bapak2 umur lima puluhan berdiri di dalam. Mukanya bingung dan gelisah gitu. Aku lupa siapa yg memulai pembicaraan kami, tp yg jelas si bapak bilang kalo sudah satu jam dia berada di lift itu, karena ngga nemu lantai yang mau dia tuju. Whatt? Satu jam di lift?

"Bapak mau ke lantai berapa?" tanyaku.
"Ke lantai 6." jawabnya, "Tapi kok lantai 6 ternyata kosong. Padahal seharusnya lantai enam penuh orang. Keluarga saya di situ semua." Si bapak ini tampak kebingungan, "Lalu saya coba dari lantai lain lewat tangga darurat, ternyata pintu yang ke lantai 6 dikunci."
"Oo.. berarti bapak mau ke lantai 9." kata ku sambil senyum2. Sepertinya aku udah faham masalahnya di mana, "Ayo saya antar." ajakku.

Bentar2, kok bisa sih tersesat gitu? Jadi gini.
Aku udh duluan menempati gedung ini. Cukup lama lah dibanding si bapak ini yang ternyata jamaah haji dari kota lain yang baru saja sampai di mekkah tadi malam.

Seperti yg kujelaskan di atas tadi, aku lupa gedung ini terdiri dari berapa lantai. Tapi ada perbedaan penulisan lantai di hotel ini. Yaitu antara yang ditulis oleh Petugas Haji Indonesia di tembok di depan lift, dengan angka yg tertera di display di dalam lift.

Misalnya ya ketika display kelip2 merah di dlm lift tertera lantai 4, maka ketika pintu lift terbuka, orang di dalam lift yg mau keluar akan melihat tulisan Lantai 7 terpampang di tembok. Nah tulisan yang ditembok itu ditempelin ama petugas haji kita. Ada selisih tiga angka ya (7-4=3). Nah untuk tombol2 di dalam lift pun udah ditempelin nomor2 baru sesuai lantai menurut petugas haji.

Emangnya kenapa sih, petugas haji Indonesia kok pake nempelin kertas di tembok gitu, bikin bingung jamaah aja.
Trs selisih tiga lantai itu apa? Ternyata ada tiga lantai di gedung itu yg ngga dipake, seperti basement, underground dan apa gitu satu lagi. Aku lupa.

Kembali ke awal cerita.
Jadi ketika si bapak tadi itu merasa kamarnya ada di lantai 6 (menurut display merah di dalam lift), sebenarnya dia itu harusnya menuju ke lantai 9 (menurut petugas haji). Si bapak merasa bingung karena seingetnya td malem itu angka di dalem lift tertera angka 6. Maklum ya, beliau udah berumur, malem2 pula baru dateng ke tempat asing. Berdesak2an dengan jamaah lain di dalem lift, sangat mungkin terjadi si bapak ngga liat tombol mana yang dipencet. Yg dia liat adalah display kelap kelip menunjukkan angka 6.

Dan walo sudah kujelasin berulang kali, ternyata si bapak ini keukeuh ngotot bilang bahwa seharusnya dia berada di lantai 6 (yg notabene adalah lantai 3 yang kosong tak dihuni). Aku jelas2in kok masih ngotot. Oke lah ayo aku turutin, kami pun menuju lantai 6 versi dia. Dan ternyata emang kosong melompong, gelap, dan agak2 angker. Bisa bayangin kan, ketika pintu lift terbuka, dihadapan kita ada lorong2 luas yang gelap dan sangat sepi. Horor banget suasananya. Kaya di film2 horor jepang gitu. Hiiii.

squ: ini lantai kosong pak, tidak dipakai.
bapak: tapi tadi malam ramai di sini!
-halah, tetep ngotot-

Pasti si bapak semakin panik panik dan panik dalam hatinya. Campur aduk ga karuan. Bayangin aja, baru semalem dia dateng di sebuah lantai yang ramai, keesokan paginya semua hilang menjadi lantai kosong.
Lalu aku memaksa si bapak naik ke lantai 9, tempatnya yg sebenarnya. Dia setuju. Lift pun bergerak naik. Tapi dia ga mau keluar dr lift begitu liat tulisan Lantai 9 di tembok. "Ini kan lantai 9, saya lantai 6 kok!" bentaknya dengan nada tinggi. Aku udh jelaskan panjang lebar tentang perbedaaan penulisan lantai, tp si bapak ini kok ngotot dengan agak2 marah2.

Dengan terus memberi penjelasan, akhirnya dia bersedia kuajak keliling lantai 9, bertanya sana sini dari kamar ke kamar, barangkali ada jamaah lain yg kenal dengan bapak ini. Kebetulan si bapak ini jg ga tau nomer kamarnya. Hmmh makin susah kan? Maka sambil menyusuri lorong, kami mampir dan bertanya pada kamar yg pintunya terbuka."Maaf mas, ini rombongan dari mana ya? Ada yang tau ngga yg dari kota xxx." tanyaku sambil menyebutkan nama kota asal beliau. Tapi hasilnya nihil. Satu lantai emg luas sekali dgn jumlah kamar yg sangat banyak, yg sebagian besar tertutup pintunya. Mgkn penghuninya sedang ke masjidil haram.

Lagi2 bapak ini marah2 ke aku. Ternyata dia tetep ngotot dia di lantai 6. Aku ajak keliling lagi di lantai 9, dia ga mau. Ya udah aku tanya2 sendiri, tp jadi ga maksimal krn dia ga bergeming, cuma berdiri di luar pintu lift, menatapku dengan jengkel. Beberapa jamaah lain yg melihat kami pun ikut kesel dan berteriak mencemooh.
"Udaah tinggal aja!"
"Suruh tobat aja tuh orang."

Hmm ini kan emang cobaan buat si bapak itu. Bayangin aja, udh sejam dia kaya gini, ga tau harus kemana, nyari2 lantainya. Nyari2 keluarganya.

Akhirnya aku putus asa juga. Bukan karena capek. Tp karena si bapak ini sebenarnya juga udh jengkel ama aku. Aku niat bantu2 tapi malah kaya dimusuhin. Lama2 aku menyerah juga.Trs aku bilang, "Bapak ke lantai satu aja, temui panitia maktab pake baju warna biru kaya saya gini, bapak tanya deh di sana." Trs aku tinggal pergi begitu saja. Ga tau deh nasibnya gimana.

Beberapa hari kemudian, aku lagi cari makan. Kebetulan di trotoar depan hotel banyak kaki lima penjual makanan Indonesia. Saat itulah aku ketemu lagi dengan bapak itu. Beliau tampak bersih. Ngga kucel kaya pas ketemu aku. Wajahnya sumringah cerah sekali ketika melihat aku.

Si bapak itu tiba2 lgsg meluk aku di depan bnyk orang. Dia minta maaf, karena ternyata aku bener, dia seharusnya di lantai 9. Petugas Haji yang mengantar dia hari itu. Berkali2 dia bilang terima kasih dan sekaligus minta maaf. Hehehe ya ya ya, alhamdulillah.

Aku ketawa2 aja sambil nepuk2 pundaknya, dengan gaya blagu hihihihi "Iya iya ga papa, yg penting bapak udh kumpul lagi ama keluarga."
Begitulah sepenggal cerita dalam perjalanan ibadah haji, ada suka ada duka, semoga ada hikmah yang bisa dipetik dan dijadikan pelajaran.
Setelah si bapak itu pergi, aku kembali milih2 makanan. Nasi putih satu real. Tempe satu real. Sayur satu real. Daging onta satu real. Lho itu apaan tuh? "Kadal mesir." kata yang jualan.
Woooh, ngga deh, ngga deh. Itu sih jamu buat pria perkasa.

2 komentar:

  1. beneran ente makan pake daging unta,squ???enak ga??-Nurfit-

    BalasHapus
  2. -nurfit: iya makan daging onta, dagingnya gede2 gitu, enak sih, tp aku ga begitu suka

    BalasHapus