Rabu, 25 Mei 2011

Hapalan Yang Terbatas

Setiap sholat sendirian atau sebagai makmum, surat pendek yg kubaca setelah Al Fatihah pasti hanya surat itu2 aja. Al Kautsar ama Al Ikhlas. Atau Al Falaq dan An Naas. That's it. Empat surat itu aja ga lebih. Dari hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun.Temen2 juga ada yg gitu? Sama kalo gitu kaya aku hehehee.
Kenapa hanya surat2 pendek itu aja? Soalnya keempat surat itu aja yg hapalannya udah melekat di dada.Istilah lain tuh, udah apal di luar kepala dan ga mungkin blank di waktu sholat. Sementara surat2 pendek yg lain, mmm.. bukan ga hapal, tapi udah banyak lupanya karena ya tadi itu, hapal nya jaman dahulu kala dan jarang dipraktekkan dalam sholat.Dan yang parah.. ga pernah ada terlintas sedikitpun niat utk menghapalkan lebih banyak surat Al Quran lagi. Menyedihkan ya? :(Yeah,, that' s me *menunduk malu*


Sampai suatu hari, dari musholla sebelah, kedengeran suara anak2 kecil ngaji hapalan surat pendek. "Innaaaaaaaaaaaa a'thoina kal kautsar..."Wew,,"Na" nya panjang to?
Trs aku nanya mama K.Kok selama ini aku bacanya pendek ya?
Hari itu lah aku baruuuu merasa disentil, kalo selama ini hapalan surat pendekku (yg menurutku udah hapal di luar kepala itu) ternyata jauh dari sempurna.


Aku pun mulai niat nambah menghapal surat2 pendek, dan mulai belajar menyempurnakan bacaannya di bawah bimbingan Mama K, dan kedua imam Masjidil Harom (di mp3 mobil). Masa kalah ama anak2 kecil? hihihi.Aku pun mulai mengingat2 lagi surat2 pendek yang dulu udah pernah hafal. Kuhapalin lagi. Kusalin di hape, kubaca berkali2 lalu kuapalin satu ayat demi ayat. Kuulang lagi kuulang lagi. Kalo udah melekat di dada trs kutandain dan mulai menghapal ayat berikutnya. Kalo udah satu surat penuh baru kupraktekkan dalam sholat.Again and again.Again and again.

Maklum aku udah tdk muda lagi, udah susah untuk menghapal, apalagi bahasa yg bukan bahasa kita sehari2, jadi untuk hapal satu ayat pun emang harus berulang kali berulang kali.Aku juga belajar artinya dari tafsir Al Qur'an, karena Kevin itu sewaktu2 langsung suka nanya artinya apa.

Belum lagi di tv, Ustad Yusuf Mansyur juga mengajarkan hapalkan satu ayat per hari. Beliau mengajarkan kita supaya menghapalkan Al Waqi'ah, Surat Maryam, Al Mulk dan lain2. Beliau juga mendirikan pondok2 Rumah Tahfidz agar makin banyak penghapal2 Qur'an.
Hmmh semakin merinding.Pengeeen bangettttttt.


Selanjutnya aku pun mulai menghapal dari surat2 pendek yg aku suka.
Yang kalo dengerin tuh ademm bener di hati.
Misalnya kaya Al Qaari'ah. Kalo denger surat ini dibacakan, perasaanku langsung melayang2 ke suasana di sekitar Masjidil Harom sana. Atau surat Al A'laa, yg membawaku ke jaman aku SMP ketika jamaah di masjid sekolah.Hadduuuh sejuuk bener rasanya.


Atau surat Al 'Aadiyaat yang sangat mengesankan ketika dibaca imam di masjid waktu di Jakarta. Itu surat apa ya. Aku pengen bisa. Karena udah suka duluan (walau belum tau artinya), aku berfikir pasti akan lebih mudah menghapalkannya.
Motivasi tiap orang emg beda2 ya. Macem2 jalan utk mendapatkan hidayahNya. Ada banyak temen2ku yg bisa hapal Al Qur'an lebih dari satu juz. Bahkan ada yang hafidz Qur'an.Sementara banyak juga yg kaya aku. Yang ngeremehin soal hafalin Al Qur'an. Yang baru pengen belajar di umur segini. Kemaren2 ane kemana aja ya, gan.

Malu? Iya malu karena terlambat. Tapi aku ga malu krn belajar.Dan mumpung aku masih hidup hari ini, aku ga akan berhenti belajar.Buat temen2ku yang tiap hari mulutnya ga pernah berhenti komat kamit belajar menghapal. Semangat ya! Semoga Allah ridho.


1 komentar: