Rabu, 17 Oktober 2012

Kami dan Masjid Komplek

Masih inget ceritaku dulu tentang masjid Ash Shalihin? Itu lho masjid dgn jamaah yg bermanhaj salaf, yg letaknya sangat dekat dgn tempat kostku dulu. Jamaah2 di masjid situ saat berjumpa sodaranya, mereka menebar senyum, berjabat tangan dan mengucap salam, "Assalamu'alaikum." Lalu berpisah usai sholat. Nanti saat ketemu lagi di waktu sholat yg lain, mereka saling begitu lagi. Begitu terus setiap berjumpa. Keren ya. Ah jadi kangen sholat di situ lagi.

Eh tapi kali ini aku ngga bercerita ttg masjid itu lagi. Karena ada bbrp orang yg menagih utk diceritain kelanjutan kisah2 setelah The Journey, maka here i am, akan bercerita tentang masjid komplek kami di bekasi sini. Namanya masjid Muhajirin. Berdasarkan googlemap, letaknya sekitar 260 meter dari rumah, bisa ditempuh 3 menit berjalan kaki (asal tanpa kayang tambah koprol trs ngesot ya).
Sayang suara kumandang adzan-nya ngga nyampe di rumah kami. Entah karena speakernya kurang kenceng, atau jaraknya terlalu jauh. Jadi selama ini aku cuma ngandalin suara adzan dari aplikasi Waktu Sholat di android. Baru kami berbondong2 kesana.


Masjidnya gede, berkipas angin. Terasnya luas. Halamannya berpaving dinaungi pepohonan lebat yg teduh. Sayang lantai tempat wudhunya digenangi air. Mgkn posisi lantainya ada yg lbh rendah di tempat yg tidak semestinya. Tiba2 saat wudhu, ada yg membersihkan genangan air tadi di belakangku. Siapa nih yg bersih2 rajin amat, batinku. Saat kutengok, ternyata Kevin yg lagi ngepel bersihin air menggenang. Howalah. Wajahnya tampak bersuka cita. Ni anak emang rajin atau emang seneng mainan pel dan air? Hihihi.

Belum banyak orang yg berbondong2 ke masjid di sini. Tetangga2 rumah kontrakanku di sini emang heterogen sih ya. Ada yg muslim, ada yg non muslim. Tapi aku ngga bener2 tau sih yg mana yg muslim yg mana yg non muslim.
Mgkn kalo rumahnya ada anjingnya gonggong2 di balik pagar itu bisa dipastikan non muslim ya? Ah tapi sometimes ada juga muslim yg pelihara anjing sih. Ada juga non muslim yg ga pelihara anjing *angkat bahu*
Emang ya, ketika kita ada di sebuah lingkungan baru, belum bisa langsung ketebak tuh yg mana tetangga/ teman baru kita yg muslim, kecuali yg perempuan berjilbab dan yg laki2 sholat jamaah ke masjid. Ya kan?

Tapi yg perlu diingat, beragama apapun tetangga kita, muslim atau bukan, dia tetep punya hak sebagai tetangga yg harus kita penuhi. Dinukil dari Hak-hak Tetangga dari Muslim.or.id  yaitu:

[1] tidak menyakitinya baik dalam perbuatan maupun perkataan;
[2] menolong dan bersedekah kepadanya (jika termasuk tdk mampu)
[3] menutup kekurangannya dan menasehatinya *)
[4] berbagi dengannya

*) karena ada hak tetangga non muslim kita untuk tahu tentang Islam dari kita sbg tetangga terdekatnya (dinukil dari Juniar Putri, pks-jepang.org)

O iya omong2 soal anjing.
Di sini emang banyak yg pelihara anjing. Kalo di jombang dulu kan banyak yg pelihara ayam, yg suka berkokok di sepertiga malam terakhir. Kalo di komplek sini mana ada. Yg ada anjing jenggong2.
Pernah suatu hari sepulang dari masjid naik motor, Mama K dikejar anjing. Spontan reflek kakinya diangkat mendadak menghindari gigitan, akhirnya sampe rumah kram deh, "haduuh haduuuh haduuuh" sambil meringis-meringis antara sakit dan tegang. Alhamdulillah hari2 berikutnya si anjing yg galak itu udah ngga ada lagi. Mungkin diungsiin ama yg punya.

Ya udah, kulanjut ya ceritanya.
Saat di masjid, kecuali Kevin, hanya orang2 dewasa yg sholat subuh berjamaah. Mungkin anak2 mereka sudah besar2 (sudah berumah tangga sendiri, mondok atau ngekost) dan sholat subuh berjamaah di masjid yg lain.
Kita mgkn kelak akan begitu juga lho. Bakal merindukan berjalan kaki dalam gelap bersama anak kita menuju masjid, menyambut panggilan Allah Ta'ala.
Ada momen yg spesial buat aku dan Kevin jika berjalan kaki menuju masjid di pagi2 buta, ketika langit masih gelap. Jalan kaki selama enam menit bolak-balik itu bisa jadi kesempatan bagi kami buat ngobrol tentang apa aja.

Jangan sia2in momen yg indah begini setiap pagi.

Pernah suatu pagi ada kejadian lucu yg terkenang sampe skrg. Suatu hari, ada mbak2 olahraga pagi yg berpapasan dengan kami. Si mbak bilang dengan mimik wajah super ramah dan hangat, "Selamat paaaaagiiiii..." sapanya sambil jogging.
Belum sempet kuucap balas, dia udah ngomong lagi, "Waah pinternyaaaaaa..." pujinya kepada Kevin. Aku dan kevin saling lirik sambil mesem2. Eeeh setelah agak jauh di belakang kami si mbak ramah tadi meludah, "Hoooweeekkkk cciiiuuhh!"
Astagaa. Jorok ih.
Akhirnya cerita di atas suka jadi gurauan kami di rumah.
Selamat pagiiiii, hoek cuh. (_ _")

Tapi nih ya, kalo sholat selain Subuh sih anak kecilnya bukan Kevin doang. Seperti sholat maghrib dan Isya', ada anak kecil lain juga beberapa. Ada yg rajin sholat jamaah, ada juga yg kadang2 ada, kadang2 ga ada. Ya namanya jg anak kecil.
Sebelum dan sesudah sholat mereka suka lari2an di teras masjid.

Suatu kali ada anak kecil yg termasuk rajin yg berwajah ramah dan sumeh (seneng senyum). Senyumnya lebar banget. Anak itu sering kuajak ngomong, dikit2 kucontohin wudhu yg bener gimana, walaupun kami belum kenal. Hafalannya banyak lho. Kapan hari dia ini ikutin bacaan surat surat Al A'la yg dibaca imamnya . Hayo di sini siapa yg belum hafal surat Al A'la?
Nah, ketika usai sholat, si anak kecil ini salamin tuh bapak2 di shof depan. Eh, pas giliranku, dia cium tangan. Lho? Waah lucunya. Yg lain kok engga dicium tangan? Kayanya nih anak kecil akan lebih hormat kpd orang dewasa yg mau sekedar menghargai kalo dia ada.

Suatu hari sepulang sholat Isya', aku anterin Kevin nyari dvd Naruto. Kebetulan di depan gerbang komplek ada orang jual dvd. Sementara lagi pilih2, aku pun ngeliatin film2 yg berjejer2 di rak. Ada film2 baru dan ada juga film2 seri tv. Tiba2 yg jualan udah berdiri di sampingku dan menyapa.
Setauku nih ya, si penjual ini selalu stay di pojok sendirian. Ntar pembeli yg menghampiri dia utk melakukan pembayaran sambil membawa dvd yg ingin dibeli. Nah tapi kali ini, tiba2 si penjual itu yg mendekatiku.
A: ini ada omar nih
Squ: eh?
A: ini, dvd omar nih, komplit sampe tamat (sambil nunjukin dvd di tembok yg sempat lepas dari tatapan mataku)
Squ: waaaah omar ya! (tatapan berbinar2)

Eh, tapi ntar dulu. Kenapa tiba2 aku ditawarin dvd omar? Kenapa bukan dvd film lain?
Ternyata aku baru inget, aku baru pulang dr masjid, masih pake baju koko dan kopiah putih.
Oooalaaah, ya ya ya. Pantetan aja. Jangan2 dikiranya aku kesitu kalo ga nyari film Omar ya mp3 lagunya Opick atau Maher Zein -_-"

Oh iya. Imam di masjid sini ada empat orang, suka ganti2an. Bacaannya bagus2, hafalan surat yg dibaca juga banyak beraneka ragam. Ketika si Imam mempersilakanku maju jadi imam, tentu saja aku menolak karena belum pantes. Di sini mah cocoknya emang jadi makmum aja. Alhamdulillah di sini juga ada kajian fiqh sunnah dan tafsir setiap hari minggu ba'da maghrib.

Culunnya aku, sbg orang baru aku ngga memperkenalkan diri ke jamaah2 masjid. Untungnya, alhamdulillah ternyata mereka yg ajak berkenalan satu satu. Kadang pak yg itu datengin, salaman, tinggal dimana bla bla bla. Lain hari bapak yg lain itu yg ngajak kenalan. Lain hari mas yg satu lagi yg ajak kenalan.

Suatu hari, marbotnya dateng mencegatku saat mau keluar masjid.
Marbot: assalamualaikum, kulo Mas Roni (hiyaaaaa nyapanya lgsg bahasa jawa)
Squ: waalaikumsalam, ardian (kataku memperkenalkan diri)
Marbot: tadz, barangkali bersedia jadi khotib? (panggilan tadz ini utk menghormati saja, karena kami baru kenal)
Squ: eh, apa?
Marbot: khotib?
Squ: apa? (barangkali salah denger)
Marbot: khotib
Squ: khotib jumat?
Marbot: iya
Squ: huwwaaaaa enggaaaa enggaaaaa, kalo muadzin sih gpp *nyengir malu
Ternyata mas Roni memang berharap masjid kita punya khotib sendiri dari dalem komplek.
Sayangnya ane masih belum pantes Gan, afwan. Masih jauh. Dari ilmu yg cuma sedikit ini, masih lebih sedikit lagi yg sudah diamalkan. Yah, maybe someday, i dunno.


Catatan hadits: ____________

[1] Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Tidak akan masuk surga orang yang tetangganya tidak merasa aman dari gangguannya” (HR. Bukhari dan Muslim).

[2] Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menghilangkan kesulitan sesama muslim, maka Alloh akan menghilangkan darinya satu kesulitan dari berbagai kesulitan di hari kiamat kelak” (HR. Bukhari). Beliau juga bersabda,”Sedekah tidak halal bagi orang kaya, kecuali untuk di jalan Allah atau ibnu sabil atau kepada tetangga miskin …” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah).

[3] Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Barangsiapa menutupi aib muslim lainnya, maka Allah akan menutup aibnya pada hari kiamat kelak” (HR. Bukhori).

[4] Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Jika Engkau memasak sayur, perbanyaklah kuahnya dan bagikan kepada tetanggamu” (HR. Muslim)

1 komentar: