Rabu, 06 November 2013

Kereta Malam

Pernah suatu hari di lift, ada orang yang lagi nelepon. Kami jadi ikut nguping.
"Ya.. iya.. ini udah mau La Piazza, iya iya, oke." kata orang itu berbohong. Lalu ponselnya ditutup.
Temenku mungkin gatel, langsung nyeletuk, "Lha wong masih di lift kok bilang udah di La Piazza."
Si orang tadi terkekeh2 malu.
Padahal posisi kami dengan La Piazza masih sekitar 5 km. Belum lagi kalo macet. Bisa jadi lima belas menit sampe setengah jam perjalanan menuju kesana. Kebiasaan banget gak sih.

atap stasiun jakarta kota
Paling sebel kan ama orang yang jam karet?
Kalo bisa nih, aku tuh pengennya selalu on time kalo janjian.
Kamu juga ya? Sama dong. Memang haaarruus itu.
Maka, kalo kita janjian jam sepuluh, kalo bisaaaaa diusahakan tiba sebelum jam sepuluh. Artinya, berangkat dari rumah jauh2 sebelum jam janjian, diperhitungkan waktunya, berapa lama perjalanan, ada kemungkinan macet atau engga. Supaya lawan janjian nya ngga menunggu, kasihan, menunggu itu ngga enak.


Efek buruknya datang di awal waktu adalah:
1. Kita yang nungguin, antung-antung, bengong, karena ternyata lawan janjiannya lah yang jam karet
2. Tuan rumah belum siap. Hihihi, sering nih. Undangan arisan keluarga jam sepuluh, eh setengah sepuluh udah di lokasi acara, tuan rumah masih sibuk menata ini itu hag hag hag, jadi malus. Biasanya itu terjadi karena perhitungan kita meleset tentang lamanya perjalanan. Yang diduga bakal macet, eh ternyata lancar.


Begitu pula dengan kejadian kemaren, saat aku harus mengantar ibuku tercinta naik kereta malam ke Stasiun Jakarta Kota, bersama bude2. Nama keretanya Gaya Baru Malam ekonomi AC jurusan Jakarta Surabaya. Jadwal keberangkatan jam 11.30, tapi jam delapan pagi kami udah berangkat dari rumah. Kuatir macet, soalnya kan jauh. Lebih baik sampe sana lebih awal.
Ih Om, masa ibunya naik kereta ekonomi?
Sebelum ada yg nanya gitu, kujawab duluan aja hihihi. ibuku memang lebih seneng naik kereta daripada naik pesawat. Pernah naik pesawat, mengeluh jalan kakinya jauh. Selain itu, ibuku pergi bersama rombongan sodara2, ada sepuluh orang, dan pilihan mereka jatuh pada kereta ekonomi AC ini.

Oke, kembali ke berangkat awal.
Kata ibuku, "Mending antung2 di sana, Yan." Iya, Mi, setuju. Kita berangkat awal. Mending nungguin di sana daripada ketinggalan kereta.
Bener aja, ternyata perjalanan super lancar. Cuma -mungkin- empat puluh lima menit perjalanan. Belum jam sembilan kami udah sampe di sana. Dan tiket kereta api ibuku ngga ada!

Jlebbb.
Ketinggalan!!!
Ndilalah, hanya ibuku aja yang tiketnya raib entah dimana. Kalo pulang lagi ke rumah, jelas ngga mungkin.

Ibuku langsung ambil keputusan, "Kita beli lagi aja."
Murah kok, kereta ekonomi AC cuma lima puluh ribuan. Untuk manula, malah ada diskon, jadi cuma empat puluh berapa gitu. Masalahnya, setelah antri di loket, ternyata tiket hari ini udah abis. Duh, sabar sabar. Akhirnya aku curcol di depan loket.
"Mbak ini sebenarnya ibu saya udah beli tiket, tapi ketinggalan, apa bisa dicetak ulang?"
"Wah tiket cuma bisa dicetak sekali. Coba tanya ke customer service aja." kata si Mbak dengan ramah.

Sampe di customer service, rupanya memang benar, tiket yang terbeli tidak bisa dicetak ulang.
Ama mas2 customer service, lalu dicek nama ibuku memang ada di data mereka. Lalu dibuatkan surat pengantar ke kantor polsuska, polisi khusus kereta api. "Ini coba ke kantor polisi minta dibuatkan surat kehilangan, lalu kesini lagi." Alhamdulillah ada jalan keluar.

Ibuku tampak tegang, mgkn takut ketinggalan rombongan hihihi. "Untung kita berangkat pagi ya Yan." katanya. Aku, Kevin dan ibuku lalu masuk menuju peron.
Wow, ternyata pintu masuknya baru ya, pake kartu gesek gitu.
Walau pun kami ngga punya card nya, tapi kami tetep bisa masuk karena ada kepentingan darurat.

ngetik apaan sih om?
Lokasi kantor polsuska nyempil, deket ama toilet. Kami pun dibuatkan laporan kehilangan (sebenarnya ketinggalan) oleh Mas Polisi yang ramah dan baik hati.
Rupanya mesin ketik nya yang jadul menarik perhatian Kevin. Sepanjang si Mas Polisi ngetik, Kevin duduk di sampingnya ngeliatin cara kerja mesin ketik itu.
Jleg jleg jleg, reeeeeeek, cling. Jleg jleg jleg, reeeeeeek, cling.
"Berapa mas biayanya?" tanyaku usai surat kehilangan dibuat.
"Oo ngga usah, ngga usah." katanya
"Waaah terimakasih yaaaa." Jazahullah khairan katsira.

Dari kantor polsuska kami pun menuju ke customer service lagi, masih menunggu agak lama sampe akhirnya dibuatkan lah surat jalan sebagai pengganti tiket ibuku yang ketinggalan. Alhamdulillah. Urusan beres.

Masalah berikutnya adalah aku kebelet pipis. Kevin juga. Sementara kamar mandi hanya disediakan di dalam peron. "Bentar, aku beli tiket dulu." Biar kami bisa masuk peron, sekalian anter ibu ke dalem.
Aku pun antri sejenak, beli tiga tiket Commuter Line jurusan depok. Tujuan sebenernya sih bukan depok, tapi toilet. Ya sekalian biar bisa masuk anterin ibuku dan pakde bude yang lain. Wah, karcisnya sekarang berupa kartu magnetik gitu kaya di pintu masuk kantorku. Kami pun bisa masuk ke dalam.
Lalu celingak celinguk nyari kursi kosong buat ibuku.
Eh ada kursi kosong, alhamdulillah ibuku bisa duduk. Sebelahnya ada kursi kosong juga tapi dipake naro barang. "Maap pak ini barang siapa ya, mau duduk nih." kataku.
"Oh iya iya." kata si bapak sambil mindahin barangnya. Sip, alhamdulillah.
Kursi itu memang buat duduk orang Pak, bukan buat naro barang.

Lalu aku celingak celinguk lagi.
Aku belum dapet duduk. Eh sebelahnya ada dua orang cowok. Item, serem, brewok. Dan salah satu dari mereka memakai dua jatah kursi dipake sendirian. Wah serem nih.
Tapi gapapa kucoba tegor.
"Mas misi mas, saya mau duduk."
Eh mereka mau geser duduk, walaupun tanpa senyum. Alhamdulillah.
Lalu salah satu dari mereka ngomong, "Gaya baru malam jalur berapa yo mas?" tanyanya dengan logat jawa medok. Hihihi, ilang deh kesan seremnya.
"Oo, jalur delapan atau sembilan, mas." kataku.
Lalu mereka melipir pergi.

Saat menunggu jadwal itu lah, aku melihat ada seorang akhwat mirip2 OSD yang seperti sedang protes dan debat dengan satpam di pintu keluar otomatis. Ada apa itu ribut2? Tapi aku ga perhatikan lagi, hingga kami kemudian menuju jalur sembilan saat kereta api akan segera tiba.

penalti lima belas rebu
Siapa sangka, usai antar ibuku ke dalam gerbong, saat kami bertiga hendak pulang, eee dicegat satpam2. Persis seperti yang terjadi pada mbak2 mirip OSD tadi, cuma bedanya aku cengar-cengir doang ga protes. Lho lho emang dicegat kenapa?
Ooo.. jadi rupanya, kami yang sudah memegang tiket ke Depok ini, kok masih di sini-sini aja lebih dari satu jam. Ini niat naik Commuter Line ke Depok apa engga sih? Ya engga lah, wong cuma anterin ibu doang. Hihihihi.

Akhirnya kami kena denda lima belas rebu. Oalah, naik Commuter Line sekalipun belum pernah, eeeh udah kena denda duluan. Gapapa deh buat pelajaran nih, lain kali jangan sampe lebih dari satu jam di dalem peron kalo niatnya mau nganterin doang.

Usai keluar dari peron dengan selamat, kami pun makan siang di sebuah restoran fastfood di dalem stasiun. Ternyata ada toiletnya. "Pa, Pa, lain kali kalo kebelet pipis ngga usah ke peron, mending ke toilet sini aja."
Hihihihi ya iya kalo beli. Kalo pipis doang ngga pake beli makan, bisa2 ketauan trs ditegur deh ama yang jualan. Gawat dong, malu-maluin ah.
"Eh mas, main pipis aja dimari, situ beli makan di sini ngga?" tegur pihak restoran, misalnya gitu.
Langsung aja jawab, "Anu.. ng.. ini.. ini juga mau beli french fries satu, ukuran reguler, trs ama soft drink satu yang jumbo, ngga usah es."
(namanya juga raja ngeles hihihi)

Dan peluit kereta api pun berbunyi, tuut tuuuuut.
Hari yang seharusnya biasa, menjadi tidak biasa ya.
Terimakasih buat semua pihak dari PT. KAI, mbak loket yang ramah, mas2 customer service yang helpful, mas polisi baik hati, mas2 satpam yang ramah. Semoga Allah Ta'ala membalas kebaikan kalian dengan kebaikan yang banyaaaaaaak, aamiin.
Selamat jalan, Mi, hati2 di jalan.


Pernah sekali
Aku pergi 
Dari jakarta 
Ke surabaya 
Jug ijag ijug ijag ijug
Kereta berang-[jeng jeng jeng jeng] kaaat!
Jug ijag ijug ijag ijug
Hatiku gembiiraaaa 

2 komentar: