Kamis, 22 September 2011

Meninggalkan Jejak Dengan Tulisan

NB: eh.. sebenarnya sih NB itu singkatan dari 'nongol belakangan', dan posisinya seharusnya ada di urutan paling bawah sebuah tulisan. Tapi berhubung NB yg ini harus ditulis duluan, maka jadilah nongol duluan, dan dgn semena-mena diplesetkan menjadi NB 'nongol buluan' (tp kok jadi ngga enak ya bacanya) *tepok jidat*. Anywey, agan2 sekalian, sebelum mulai baca yg ini, mau ngasih tau dulu kalo sekali lagi, ini tulisan orang biasa. Ngga menggurui sama sekali, cuma cerita doang.

***
Tulisanku yg ini tentang dunia tulis menulis ya. Ada sebagian orang yg diberi bakat sangat pandai menulis merangkai kata menjadi sesuatu yang enak dibaca dan mudah dicerna. Ada juga yang memilih satu kata aja susahnya bukan main. Tuk tuk tuk tuk spacebar dipencet2 ngga tau mau nulis apaan.
Yeah, itu semua emang anugerah Alloh. Sama kaya ada orang ganteng ada orang jelek. Ada orang pesek ada orang mancung. Makanya jgn bangga kalo bisa nulis bagus, dan jgn minder kalo ga bisa nulis bagus. Tapi bagus atau engga, intinya sih semua orang bisa nulis. So, kenapa ga mulai nulis skrg?
"Ngga bisa nulis, squ."
Oya? Lha itu update status facebook atau ngetwit tiap hari, atau komen postingan di kaskus, kalo dikumpulin kan udah jadi berhalaman-halaman tuh. Udah jadi buku tuh.
"Yeee, tapi kan ga ada isinya."
Kalo soal isi sih tergantung masing2 orang mau nulis apa. Bener sih kata facebook "whats on your mind." maksudnya keluarin aja ide, pikiran mu dalam bentuk tulisan.
Tentu aja kalo bisa yg masih bermanfaat buat orang lain, walau sedikit.


Ada orang yg nulis status misalnya "Anjing! Kampret lo semua!" maka yang didapet adalah nol besar. Maki2 gitu hanya akan merendahkan dirinya sendiri di depan semua orang dan menyakiti perasaan orang lain.
Tapi coba, dengan kata yang sama, tapi nulisnya "Anjing dan kampret adalah dua hewan yang memiliki pendengaran ultrasonik di atas 20.000 Hz" maka yang didapet adalah ilmu pengetahuan yg bermanfaat bagi yg baca.

Atau ada yg menulis makian dlm bahasa jawa, "Oo, utekmu utek telo." (otakmu isinya ketela = sangat bodoh). Padahal dengan kata2 yang sama dia bisa menulis, "Ketela mengandung provitamin A dua setengah kali lebih besar dari rata2 kebutuhan manusia, berguna bagi pertumbuhan otak janin dan fungsi otak pada umumnya." See? beda kan? Yang pertama nol besar. Yang kedua jadi sharing ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Jadi kenapa ga mulai menulis?
Aku masih inget banget ama mesin tik Brother ku jaman SD dulu. Modelnya portable, warnanya putih/krem gitu, ada tutupnya item, bisa dibawa2 kemana2. Beda ya ama anak skrg. Kalo dulu aku nenteng2 mesin tik berat, anak2 skrg nenteng nya notebook yg kecil dan ringan.

Kalo ga salah sejak kelas IV SD aku nulis banyak cerita2 silat, gituuuu aja terus. Clak clak clak clak, criiing, rrrrrrrrr. Clak clak clak clak, criiing, rrrrrrrrr. Trs kujepret, kujilid, kukasih cover dan ilustrasi sendiri, kaya buku beneran. Trs yg baca siapa squ? Yg baca ya sodara2ku, ya temen2. Trs skrg mana? Ya ilang, karena ga diarsipkan, ga dlm bentuk file kaya skrg o_O ngek ngok.

Dan begitulah. That's why sejak jauh2 hari orang2 dewasa di sekitarku nyaranin aku ntar kalo gede supaya kuliah di publisistik (kalo skrg ya Fakultas Komunikasi). Dan alhamdulillah ketrima di Unair,tp tetep STAN juga yg kupilih ^_^

Trs nulisnya berenti? Engga, tetep nulis. Dulu pernah coba ngirim2 artikel,tp selalu ditolak, hahahaa, mgkn emang bukan jodohnya kesitu ya, ngga bisa jadi penulis2 beneran seperti Asma Nadia, Helvy Tiana Rosa dan yg lain. Mungkin gaya tulisanku yg jauh dari pangsa pasar. Bahkan penerbit yg menolak naskahku menyebutkan (kalo ga salah) kata2nya kurang halus hihihihi. Iya sih, gaya nulisku emang kaya orang ngomong. Ga pake pakem apa2. Kaya aku kalo lagi ngobrol ama temenku :D

So jadilah mulai 2005 kalo ga salah aku mulai nulis di blog. Waktu itu sih sekedar menuangkan unek2, what's on my mind. Berbagi cerita2 keseharianku (ttg aku, Kevin dan Mama K) yang lucu2 dan ancur2 buat sekedar menghibur. Dan makin kesini aku mulai meluruskan niat, tujuanku nulis untuk apa.

Aku pengen nulis sesuatu yg bermanfaat, buat aku sendiri dan buat orang lain. Semoga Allah ridho dengan niatku utk amar ma'ruf nahi munkar melalui tulisan. Mencoba mengamalkan ballighu annii walau aayah. Semakin banyak yg baca alhamdulillah. Makanya kalo suka dan bermanfaat, tolong ya dibantu ebook nya dibagi2in ke keluarga dan temen2 yg lain, supaya semakin bermanfaat buat banyak orang. Bukan utk hebat2an karena semua ilmu punya Alloh. Bukan utk populer dan terkenal. Buat apa sih kalo terkenal di dunia tapi ngga dikenali penduduk langit. Siapa sih yg ga pengen ketika kita meninggal, lalu roh kita diangkat ke langit, baunya harum, kemudian malaikat-malaikat ramai membicarakan "Oo itu yg meninggal si Fulan bin Fulan itu." Subhanalloh.

Aku juga pengen, ketika aku meninggal ada yang kutinggali buat keluarga di rumah, tulisan2 sederhanaku masih ada dan siapa tau masih bisa dibaca dan diamalkan. Siapa tau, insya Alloh, bisa jadi ilmu yg bermanfaat yang pahalanya terus mengalir hingga di alam kubur. Aamiin.

Jadi kenapa ga mulai menulis?
Mulai lah menulis di notes2 fb mu. Mulai lah bikin blog, dan nulis di situ.
"Kalo ngga ada yg baca gimana? Kalo ngga ada yg komen, ngga ada yg jempolin?"
Nggak papaaaa.
Ngga ada yg komen ngga ada yg likes ngga papa.
Kalo niatnya ibadah, udah dicatet tuh ama malaikat2 di kanan kiri kita.
Lagian kan komen dan jempol itu bentuk apresiasi orang lain. Kalo ngga dijempolin sedih. Kalo banyak yg jempolin seneng. Itu berarti berharap dari orang. Cukuplah berharap kepada Alloh. Karena apa yg kita tulis dan share akan jadi ibadah kita kepadaNya.

"Apakah harus nulis ilmu agama?"
Nulis apaaa aja deh. Yang penting bermanfaat, dan bernilai ibadah. Misalnya ada seorang dosen di sebuah universitas Islam yang selalu kesulitan mencari buku pegangan bagi para pengajar karena begitu banyaknya kitab2 yg ada.Maka beliau kemudian menyusun buku pegangan yang ternyata kemudian jadi best seller dan dijadikan acuan di banyak negara.

Atau seorang pendidik di sebuah lembaga kursus bahasa inggris, yg merasa buku2 diktat bahasa inggris yang beredar di pasaran kok tidak seperti yg dia butuhkan, maka ia pun menyusun sebuah buku pegangan sendiri yang mudah2an kelak juga bermanfaat buat banyak orang.
Dan lain-lain.

"Ilmu agamaku ngga tinggi, squ."
Yeaaah, me too. Emang sih ya, ada ribuan hadits Rasulullah yang belum kita baca dan belum diamalkan dgn baik. Ada ribuan ayat2 Al Qur'an yang belum kita hapal dan amalkan dengan baik. Tapi masa iya satu aja ga ada yg nyangkut? Kan sabda Rasulullah tadi, sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat. Walau hanya satu, lho. Sampaikanlah. Karena itu lah, wajib bagi kita utk terus belajar menimba ilmu, mengamalkan, dan menyampaikannya.

Kalo dalam hal ini, tentu aja maksudku adalah menyampaikannya berupa tulisan. Dalam bentuk apa aja, artikel resmi, cerita sehari2 yg lucu, fiksi, cerpen, cerbung, novel. Asal bermanfaat. Dalam media apa aja, status fb, notes, blog. Trs kalo udah ngumpul banyak, jadiin dalam bentuk ebook. Trs share kemana2. Syukur2 ketika naskah tadi dikirim ke penerbit dan bisa jadi buku beneran dan beredar luas di toko2 buku.

Atau kalo ngga pede, kuatir ditolakin mulu, ya pake caraku ini, hehehehe yaitu nerbitin sendiri via selfpublishing. Mampir aja di leutikaprio.com, atau nulisbuku.com atau inibukuku.com dan lain2nya.
Semoga ada manfaatnya ya Gan. Sejak ada era selfpublishing, bikin buku bukan cm mimpi.
Ayo menulis. Kutunggu hasil karyamu yg bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar