Rabu, 11 April 2012

Belajar Kultum (Ngga Harus Ngustadz)

Pernah aku baca artikel2 tentang ngustadz (menjadi ustadz-pen) di internet. Yang paling berkesan sih yg ditulis oleh dua orang ustadz yg kepada keduanya aku selama ini udah banyak belajar dari buku2 mereka. Walau ga kenal, dari ustadz yg satu aku belajar fiqh, dari ustadz yg satu aku belajar tentang habbits. Inti tulisan2 itu sih -yg bisa kupetik- adalah tentang lagi maraknya ustadz2 tampil di media massa (terutama televisi). Tampil di depan publik berpenampilan seperti ulama, sementara sepertinya ilmu mereka belum cukup tapi begitu mudahnya berfatwa ketika ada yg bertanya, kemampuan bahasa arab juga (mungkin) pas2an, sudah mematok harga pula dsb. Dan itu memang memprihatinkan.

Emang ya ngga sembarangan bergelar ustadz. Kalo baca artikel yg kumaksudkan di atas, huiii ternyata syaratnya banyakkk banget kalo mau jadi ustadz beneran. Harus menimba ilmu dulu bertahun-tahun. Bukan anak kemaren sore kaya kita2 gini. Dan yg pasti sih, penjelasan nya bisa bikin kita minder, menciut nyalinya, merasa makin kecil dan sangat ngga berhak ngustadz.

Bener sih.
Jangan sampe tau ilmu agama sedikit langsung ngaku ustadz. Kelihatan sholeh dikit langsung berbangga2 hati. Kalo menukil dari kajian Ustadz Badrussalam, Lc, bahas kitab Ad Daa'u Wad Dawaa' nya Syekh Ibnul Qoyyim ane dapet quote yg kira2 isinya begini, "Ada org yg merasa bangga dgn segala amal sholehnya, lalu meremehkan ketaatan orang lain." Hiyaaaaaaa. Nah lho. Jleebb 3x.
"Ada orang yang menampakkan kesholehan, tp dalam hatinya menyembunyikan harapan mendapat pujian dari orang lain." Fiiuuh *seka keringet*


Huayooook deh akhi, introspeksi lagi. Ngaca lagi. Jangan sampe kita merasa pendapat diri sendiri yg paling bener, yg lain salah. Seakan2 ga mau nerima masukan dari orang lain, "Kalo ngga suka ama pendapatku, sana pergi. Ngga usah baca2 tulisanku lagi. Ngga usah like fan page ku lagi." dsb. Atau, ada juga yg memblokir akun facebook orang lain yg beda pendapat dgn dia. Gemar sekali berdebat dan menyalahkan orang lain. Ketika ada yg berbeda sedikit, langsung dikatain "Bodoh.Jahil."
Hmmmhh (menghela nafas).

Ilmu agama yg tinggi sekali pun kudu dibarengi akhlak yg baik. Karena jika tidak, maka penyampaiannya jd arogan, merasa yg paling baik dan benar sendiri, lalu menghina dan meremehkan orang lain. Padahal pendapat dirinya sendiri jg belum tentu bener, lha wong manusia biasa aja lho, tempatnya salah dan khilaf kan? Jangan sampe termasuk dalam definisi sombong: menolak kebenaran dan meremehkan manusia. Dan ngga masuk surga org yg dlm hatinya ada kesombongan walaupun sgt kecil. Fiiuuuh. Na'udzubillahi mindzalik.
Padahal kalo disampaikan dgn lembut, kebenaran bisa nyampe lho.

Ok back to topic.
Sebenernya sih kata "ustadz" itu dari bahasa Arab yg artinya guru. Bener ya?
Jadi, memang kadang kalo ada orang yg kita anggep lebih berilmu dari kita, kita banyak menimba ilmu dari beliau, kita banyak berguru dari orang tersebut, maka kita pun panggil beliau ustadz, "Jadi begini nih, tadz." Gitu ya? Padahal ternyata, mgkn saja beliau ini ga mau dipanggil begitu. Beberapa kali aku ditegur ama temen2 yg sungguh merasa keberatan dan ngga mau dipanggil ustadz karena beliau merasa belum pantas.

"Jangan panggil ustadz, oom, ane cuma tholibul ilmi." demikian jawabnya. Ada juga yg memakai trik: kalo ada orang manggil ustadz, maka dia akan bales memanggil orang tsb dengan sebutan ustadz juga,
"Ane mau nanya nih tadz." | "O iya silakan, ustadz mau nanya apa?"
Ngek ngok. Pernah tau ya yg kaya gini? :D

Lha kita ini emang bukan ustadz. Kita ini para penuntut ilmu, yg selalu aja belajar pengen jadi lebih baik, walau kadang masih aja kesandung2 dan kepleset2 mulu. Karena itu, pertama2 ya kudu wajib belajar agama yg bener. Nah setelah belajar dan mengamalkan, maka fase berikutnya adalah menyampaikannya kepada yg lain, dalam rangka mengamalkan perintah Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, "Ballighu 'annii walau aayah" (sampaikanlah ilmu dariku walau satu ayat).
Dan ga harus bergelar ustadz kok untuk menyampaikan nasehat yg baik. Kenapa? Soalnya ga semua orang lho Gan tersentuh ustadz. Banyak jg orang2 yg "Ogah ah denger pengajian". Ga pernah baca buku agama. Malah ada yg ga pernah jumatan sama sekali. Ya kan?

Nah yg deket dan bersinggungan langsung ama mereka ya kita2 ini. Kalo nunggu jadi ustadz beneran seperti syarat2 di atas, ntar malah ga nyampe2 dakwahnya kepada mereka.

Dan pengamalan "ballighu annii walau aayah" tadi, salah satunya adalah dengan bikin acara kultum (kuliah 7 menit) di mushola. Pembawa materi nya ya gantian aja di antara jamaah mushola. Ga usah dipaksa2. Siapa yg mau aja, yg ikhlas mengharap ridho Alloh Ta'ala. Tujuh menit aja kok, kan cuma sebentar. Ngga usah grogi lha wong ngadepin temen2 sendiri aja. Baca doang gapapa, nyontek dikit2 gapapa, sekalian latihan public speaking, tapi bermanfaat dunia akhirat.

Begitu pula dgn temen2 di mushola kantor. Bergantian kami maju ke depan, setiap hari senin ba'da sholat Ashar berjamaah.
Ada yg sudah begitu pengalaman dalam menyampaikan materi, karena di luaran memang sudah sering memberi tausiyah. Ngiri euy kalo ama yg begitu pintar dan menarik dalam menyampaikan nasehat. Ada juga temen yg sudah biasa jadi mc acara kawinan, biasa "ngujubno". Alhasil ketika menyampaikan nasehat, beliau menggunakan bahasa jawa kromo inggil (bikin roaming yg ga ngerti, dan mengundang tawa). Ada jg temen yg ternyata biasa khotbah jumat. Ada jg yg biasanya cm ngadepin anak2 kecil doang. Ada juga yg begitu fasih dan menarik penyampaiannya, tapi ternyata belum pernah mengisi kajian di mana pun selain di mushola kantor. Keren kan?
Ada juga yg suka kabur ngga nongol ketika tiba gilirannya kultum. Tapi ada juga temen yg bener2 pemula, "Ini pertama kali dalam seumur hidup saya kultum." Sebulan kemudian ketika tiba gilirannya, maka dia bilang lagi, "Ini kedua kalinya bagi saya." Dan terus begitu, dihitung setiap kali dia dapet giliran kultum di depan jamaah.

Sebagai penutup, ane nukil nasehat salah satu temen ketika dia kultum, "Kalo kita umat muslim kalah dalam perang yg sesungguhnya (fisik), maka kita akan syahid, Insya Alloh. Tapi kalo kita kalah dalam perang pemikiran (ghazwul fikri), maka kita bisa terseret ikut pemahaman musuh2 Islam. Dan akhirnya, menjadi kafir, na'udzubillahi mindzalik."

Ayo berdakwah! Kembali amalkan balighu annii walau aayah. Sebarkan kebaikan dgn apapun kemampuan yang kita bisa! Kalo bisa public speaking ya ngomong, kalo bisa nulis ya nulis. Kalo ngga bisa apa2 gimana squ?
Cukuplah dgn memberi teladan yg baik buat lingkungan kita sehari2.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar