Rabu, 14 November 2012

Cerita Cukur Rambut Di Depan Komplek

harga murah at Giant
Aku bosen ama potongan rambutku belah pinggir begini. Agak aneh sih. Setipe2 rambutnya Wiranto menurutku :D
Kaya bapak2 yg udah berumur. Padahal emang udah berumur sih. Tahun depan aku udah 38 tahun lho, hampir empat puluh ya. Kata orang barat, life begins at forty. Astaga telat amat kalo baru mulai umur 40 tahun, lha kemaren2 kemana aja -_-"

Dan karena aku bosen ama rambutku harus dibagaimanain lagi, maka kuputuskan untuk menghabiskannya jadi gundul a.k.a cepak alias rata semuanya. Ini lah yg disebut azas pemerataan.

Kenapa aku pengen cukur cepak?
Coba sejenak kuajak mengenang masa2 dulu rambutku sejak muda. Pernah gondrong Kurt Cobain, trs jadi merasa kaya personil nya Kreator. Pernah model polem alias poni lempar, maksudnya ala Aaron Kwok atau Tommy Page di jaman itu (astaga). Pernah model mohawk beberapa tahun terakhir ini waktu jaman aku masih langsing. Eh ujung2nya sekarang gundul (cepak) juga.


Intinya sih menurutku jangan kebanyakan gaya di masa muda dengan berganti2 hairstyle. Coba kita tengok Ahmad Dhani. Rambutnya berganti2, mulai dari gondrong, dikelabang dua kanan kiri, diukir2, ujung2nya GUNDUL plontos. Coba lihat Deddy Corbuzier, rambutnya diukir kaya kaisar ming, trs dibotakin lancip, endingnya sekarang GUNDUL plontos. Coba kita lihat David Beckham, rambutnya dimohawk, diacak2, dikuncir, ujung2nya juga di-GUNDUL cepak. Ya kita tunggu aja Syahrini kelak (hihihi).

Maka tibalah aku di kios Pangkas Rambut Asli Garut yang terletak di pinggir jalan depan komplek. Si Abangnya masih muda, rambutnya mohawk, kanan kirinya dicukur tipis dan diukir2 gitu. Gaya preman deh pokoknya. Tapi ternyata orangnya halus dan sopan -khas sunda-. "Potong cepak begini, A' ?" tanya si Abang dengan logat sunda sambil nunjuk foto David Beckham berambut cepak yang dia pasang di tembok.
"Iya begitu, tapi ngga usah dikasih ukiran." kataku menegaskan.
"Ya iya, Aa'." katanya lagi. Maka alat pencukur listrik itu pun bekerja, "Zzzttttt zzztttt zzzsstttt."

Dan 15 menit kemudian, taddaaaaa mirip potongan nya Gayus!

Huh. Mana Beckham nya nih? Ngga sesuai foto di tembok.
Hahahaha.
Eh tapi gapapa kok. Jangan minder ya kalo situ ngaca terus keliatan jelek.
Coba deh sekarang kamu ngaca, yg keliatan apa? Wajah ganteng? Cantik? Manis? Biasa? Lumayan lah? Standard? Atau termasuk jelek?
Naah, alhamdulillah nih, kita ngga dinilai dari bagusnya rupa.
Dari sahabat Abu Hurairah radhiallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada penampilan-penampilan dan harta benda kalian. Akan tetapi melihat kepada kalbu dan amal kalian." (HR Muslim dan Ibnu Majah, shahih).
So, jelek ya jelek aja gapapa. Disyukuri udah jelek, karena dikasih wajah bagus juga kalo ngga amanah ujungnya juga dipake maksiyat. Ya kan?

Oke lanjut.
Jadi ini lah aku dgn rambut cepakku.
Ya setidaknya sekarang aku jd irit ga perlu minyak rambut Brisk dan ga perlu pake nyisir2 lagi di depan kaca.
Dan serunya satu lagi, si Abang Garut ini menyediakan servis pijet (pundak leher dan kepala) setelah selesai dicukur. Mangstaabb. Enaak. Aku pun mempromosikan ke Kevin, "K, enak K potong rambut di situ, pake dipijitin!" Kevin tertarik dan lapor Mama nya.

Maka beberapa hari kemudian, Kevin pun kuajak kesitu.
Sayangnya pangkas rambutnya antri tuh. Waktu itu, di situ lagi ada orang yg dicukur cepak juga sama kaya aku, dan ada satu lagi orang yg antri, mas2 pake kacamata. Orangnya berpenampilan (maaf) sederhana. Badannya tinggi kurus, dengan tersenyum ramah dan lebar dia menyambutku.

Ternyata saat lagi antri potong rambut sambil liat tv, eh Kevin tiduran di pangkuanku.
Trus ketika si orang tadi selesai dipotong, maka tiba lah giliran si mas2 pake kacamata tadi yg maju untuk dipotong. Tapi dia ngga berdiri. Tiba2 aja dia bilang, "Adek ini aja yang duluan. Udah ngantuk tuh." katanya.
Masyaa Allah.
Hal biasa?
Ngga, itu ngga biasa. Itu mencerminkan akhlak yang baik yang mungkin kita sendiri ngga kepikiran sejauh itu. Ternyata, banyak ya orang2 baik di sekeliling kita. Ayo, doain orang2 yg begini di sekitar kita.
Doain. Doain.
Kalo kita belum bisa mendoakan kebaikan bagi orang2 yg berbuat buruk kepada kita; yaaaa paling ngga kudu bisa lah mendoakan diam2 orang yg udah berbuat baik kepada kita.
Doa diem2 begini mustajab lho, saat mereka yg kita doakan ngga tau. Dan semoga malaikat2 pun kemudian mendoakan kita dengan kebaikan yang sama, aamiin aamiin ya Rabbal aalamiin.


Hanya sayangnya, setelah selesai dipotong keren model mohawk, Kevin ngga dipijet ama si Abang. Mungkin untuk anak-anak ngga ada servis pijet nya.

1 komentar: