Rabu, 06 Maret 2013

Geting Nyanding

Geting Nyanding; ini istilah bahasa jawa. Bukan bahasa inggris.
Kalo bahasa inggris sih jadinya Getting Standing hahaha apaan sih. 
Kalo ini beda. Huruf e pada kata geting dibaca sama seperti huruf e pada kata gelas, yang artinya kira2 "Awalnya benci (geting), akhirnya berpasangan / bersandingan (nyanding)." 
Yang awalnya sebel, benci, najong, njembeki eeeh ujung2nya malah suka. Ini emang cuma mitos Jawa sih, tapi sebenarnya udah banyak kok yang kejadian kaya gini.

Duluuuuuu aku benci ama film India. Norak abis.
Temen2ku anak Jombang di kampus pada demen nih, duduk2 depan tv nobar film india. Dan aku pun dengan buas menghina dina mereka. Apaan tuh.
Yang aku inget nih, si tokoh jagoan berantem ama penjahat di tepi jurang. Di saat yang bersamaan, di pengadilan si tersangka yang ngga bersalah akan segera divonis hakim. Huii penonton dibuat tegang. Tiba2, setelah berantem dan si jagoan menang, mendadak si jagoan udah ada di ruang pengadilan memberi kesaksian bahwa si tersangka tidak bersalah.
Sakti amat? Tau2 pindah lokasi cepet banget O_o


Belum lagi di film India yang lain, si tokoh utama sedih menangis, lalu lagu mengalun, dan di belakangnya muncul penari2 latar berbaju sari yang banyak banget. Mereka itu siapa? Ada orang sedih malah joget?
Dan ternyata, calon istriku -yang sekarang jadi Mama K- senengannya film India. Huwaah. Temen2 kuliahku pun ngakak2 gulung2 salto dan koprol. Mereka bahagia sekali.
Sebagai suami yang baik, aku pun mulai ikut lah nemenin kalo dia nonton India. Yaa walaupun ngga banyak juga yang kutonton. Paling Har dil jo pyaar karega, Kuch kuch hota hai, Dil se, Maan, Dil to pagal hai, Mohabbatein, Chori chori chupke chupke, Kalho na ho, duh apa lagi ya, ngga apal sih. 

Masih belum percaya soal Geting Nyanding? 
Buat penggemar F4 pasti tau tuh di cerita Meteor Garden, betapa dulu San Chai dan A Tse musuh bebuyutan eh lalu jadian. Atau film Full House, antara Yong jay dan Ji eun. Kalo di Indonesia bisa tengok sinetron FTV di SCTV, isinya tuh kaya gitu mulu. Awalnya berantem berantem, eeh abis itu jadian. Tiap nengokin FTV pasti begitu. Pernah nonton FTV di ruang tunggu Toyota (kalo lagi service) ceritanya begitu. Vino Bastian dan Marsya Timothy berantem2, eeh akhirnya jadian. Malah sekarang mereka jadi pasutri beneran ya?

box vs rice cooker
Tapi sebenernya, ceritaku kali ini soal box utility pada motor.
Itu lhooo yang di belakang motor itu, yang bentuknya kaya rice cooker. Tau ngga? 
Dulu aku sebel kalo liat motor ada box nya itu. Apaan sih kemana2 bawa rice cooker. 
Coba bandingin ama rice cooker deh.
box vs happycall
Atau kalo lagi dibuka kok jd mirip ama alat masak happycall. Tau kan? Yang kalo anda pesan sekarang juga, anda dapat dua. Tunggu apa lagi. Pesan sekarang juga. Dapat dua! Bisa dipake pingpong untuk anda dan suami anda. O_o

Pokoknya aku suebbel deh ama box ini.
Tapi ternyata geting nyanding, sodara2.
Aku kan kalo ngantor naik motor tuh, bawa ransel isinya laptop, kabelnya, jaket jas hujan, pernik2 dan lunchbox. Itu lumayan berat lho, bikin punggung dan pundakku capek tiap hari bawa beban kaya gitu. Apalagi motor cowok kan naiknya agak bungkuk ke depan, maka makin tambah berat lah punggungku menanggung beban derita.

Akhirnya, lama2 kepikiran lah aku buat punya box juga.
Aku pun nanya2 ke tetangga dan temen yg udah duluan make. Mereka bilang merk yang bagus itu Givi atau Kappa. Konon Givi lebih mahal daripada Kappa. "Jangan beli yang buatan korea, cepet rusak." begitu kira2 nasehatnya kala itu. Maka aku pun mencari bengkel motor terdekat di depan komplek.

Yang jualin mbak2 gemuk.
"Mbak mau nyari box yang buat motor." kataku.
"Wah kita adanya yang mahal punya, merk kappa." jawabnya. Ih nggaya banget wkwkwk. Mungkin wajahku yang ndeso ini dianggep mau nyari box yang murah2 aje hohoho.
"Saya nyari Givi kok." kataku. 
Tapi karena adanya Kappa ya udah beli Kappa aja.
Ternyata untuk masang box itu ke motor, butuh besi penyangga yang disebut breket (bracket). Stock nya abis, lalu ama orang bengkel dicariin lah breket seadanya (ga bermerk). 
Eee sehari dipake kok melengkung? Astagaaa. Ane shock!
"Apaan nih masa kaya gini dijual sih." kataku protes.
Akhirnya dituker deh ama breket merk Kappa juga.

So, sejak hari itu, motor vixion ku udah ada rice cooker nya dibelakang. Kapan2 deh kupasangin stiker2 biar kaya biker beneran hahaha.
Alhamdulillah punggungku jadi lebih ringan, cukup bawa laptop doang. Sedangkan jas hujan, kabel laptop, dan lunchbox masuk ke dalam kotak.

Yuk ambil hikmahnya yuk.
Ternyata bener ya, jangan terlalu benci2 deh, siapa tau yg kita benci itu malah sebenarnya baiiik (abaikan contoh2 di atas tentang film india hahaha).
Nih ada contoh lain. Ada tetangga ngatain tetangga sebelahnya begini begitu. Tapi saat si keluarga yang ngatain itu kesusahan, justru keluarga yang dikatain itu yang pertama kali menolongnya. Tuh kan. Sering nih nemu yg kaya begini.


Allah Ta'ala berfirman di Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 216 (yang kita semua tau ini adalah dalil tentang hukum perang namun sepertinya pas juga kalau dihubungkan), 
"...Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu  menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. "

Moga2 ada manfaat yg bisa dipetik ya.
Ilal liqo'







5 komentar:

  1. jangan jangan dulu sama mama K kejadiannya sama nih? huekekkee

    BalasHapus
  2. Setuju Om Squ, pengalaman soale.. Awalnya benci, eeh ga taunya jd sesuatu hihi.. ^_^
    Semua ada hikmahnya krn Allah tau yg terbaik..

    BalasHapus
  3. @mas ichang: hahaha engga kok mas, lgsg cinta kalo itu
    @ukhty ayun: pengalaman jg ya, bener kan ya, hohohoh
    @fatika: halah, km kan senengane korean

    BalasHapus
  4. kirain emak-emak aja yg doyan K-drama, hahhh ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @orange blossom: fufufu fufufu (siul2)

      Hapus