Senin, 11 Maret 2013

Taekwondo dan Kumon

yeop chagi
Dulu aku suka pengen Kevin ikut les ini itu. Mungkin banyak ortu yg begini juga. Yaaaa buat nambah2 skill "kebisaan" dia, sekaligus supaya waktunya jadi lebih bermanfaat drpada main mulu ama temen2nya di kampung. Tapi sayangnya, Mojoagung cuma sebuah kecamatan kecil di timur Jombang. Ngga ada apa2 di sana. Padahal waktu itu aku punya mimpi, aku pengen lesin Kevin Taekwondo dan Kumon.
Hah?
Kenapa dua itu?

Kalo Taekwondo sih karena dulu jaman kecilku dulu aku pernah ikut Taekwondo beberapa hari doang.
Hiks :( karena terlalu kecil, akhirnya hanya kakak2ku yang boleh nerusin. Agak sakit hetong sebenernya. Mereka suka pamer tendangan begini begitu. Dan walaupun aku ga kesampaian nerusin, tapi aku juga suka niruin tendangan2 mereka. Jadi ini seperti obsesi ku yang belum kesampaian, dan biar deh Kevin yg nerusin. Tentu aja kalo Kevin nya mau ya. Aku ngga maksa kok.


Kalo Kumon, well, aku tertarik ama logo nya!
Iya itu aja alesan nya, hahaha.
Kayanya kok keren banget, lucu, imut, eye catching. Aku berharap kapan ya bisa lesin Kevin di Kumon. Ternyata, anak2nya temenku di kantor mojokerto juga les matematika di Kumon. "PR nya banyak." gitu kata temenku.

Dan ga nyangka aja, ketika kemudian aku ditempatkan di Jakarta, setelah enam bulanan, baru aku nemu ama dua mimpiku tadi untuk Kevin: Taekwondo dan Kumon.

1. Taekwondo
rehat abis jogging
Ketika tinggal di sini, aku merasa di sini bakal ada banyak sarana olahraga yg aku mau buat Kevin. Aku sempet sih tengok2, nanya sana sini. Olahraga apa ya yang sip gitu buat Kevin. Bulu tangkis? Tennis? Futsal? Renang? Apa ya. Tapi mimpiku soal Taekwondo memang masih ada, terpendam dalam hati.
Siapa sangka Mama K ngobrol2 ama ibu wali murid yang cerita kalo anaknya ikut Taekwondo di Pasar Modern. Wow, Mama K semangat. Kami pun lalu ikut nonton latihan mereka di Pasar Modern.

Pasar Modern ini pasar masih baru, bersih, banyak area terbuka. Di situ juga ada senam aerobic gratis, jadi rame sekali. Banyak orang olahraga kalo pagi, joging lah senam lah, bulu tangkis lah. Makanan juga banyak, ketoprak, mi ayam, ayam bakar, dan -uhuk- bubur ayam kesukaan ane. Di Pasar Modern situ lah latihan Taekwondo digelar. Orang yang lalu lalang suka ikutan ngeliat dan biasanya jd berminat daftarin anaknya juga.
Aku sebenarnya jg pengen ikut, cuman kok udh bapak2 dan ndut, malu ah. Ntar giliran nendang kepentok perut gimana? Lagian masa musuhnya anak2 kecil?
Akhirnya Kevin aja deh yang ikut. Aku jogging aja. Mamanya senam aerobik gratisan sekali seminggu.


girl's fight @pasar modern
Ternyata Taekwondo seru juga. Nama club nya Racata (Rameni Amatir Club Taekwondo). Muridnya ada sekitar dua puluhan lebih. Hampir tiga puluh anak. Seneng liat anak2 kecil jago2 gitu. Tendangannya tinggi2 gitu, kenceng2 pula, jbbaakk jbook suara kaki kena body protector yang mereka pakai. Nendang tinggi2 dan kenceng gitu jadi biasa mereka lakuin. "Tendang lima puluh kali!!" teriak Sabeum (pelatih) nya.
"Haa ! Haa! Haa!" mereka serentak nendang2 sambil berteriak semangat. Keren bgt.
Konon anak2 kecil ini memang disiapkan untuk jadi atlit, bukan sekedar olahraga dan rekreasi biasa. Beberapa anak malah udh bnyk yg dapet emas di sini.

Sampe hari ketiga latihan Kevin masih pake kaos dan celana training karena belum dapet jatah dobok (seragam putih2 itu). Ngeliat temennya yg udah jago2 gitu, semoga Kevin ga jadi minder, soalnya temen2 nya yg anak baru juga banyak. Senior2nya di situ juga baik ngajar2in Kevin yg masih kagok.

Di akhir sesi, biasanya ada duel nya. Tiap murid akan diadu dengan murid lain yang selevel. Dipakein pelindung badan dan helm. Jbaak jbook jbaak jbook. Rata2 kaki2 kecil itu pada ngincer kepala lawannya. Fyuuuh, mantap bener. Semua harus fight, termasuk Kevin yang anak baru. Lucu sih liatnya, kejar2an tendang2 gitu. Hohoho. Anak dilatih jadi pede dan berani ngadepin lawan siapapun.

whitebelt newbie
"Kamu kenapa K kok tadi nendangnya kurang kenceng?" tanyaku.
"Sakno (kasihan), Pa. Kalo kenceng2 nanti nangis gimana." katanya. Hadeuh ngeles aja K -_-"
"Kalo di situ ya kudu kenceng." kataku memberi semangat. Ngga lupa aku dan Mama K selalu jempolin dan support dari pinggir.
Tiga jam-an anak2 itu berlatih, nendang nendang nendang berulang2.
Alhamdulillah di latihan berikutnya Kevin udah berseragam seperti yg lain, dengan sabuk putihnya yg susah bener, pada belum tau gimana ngiketnya.
Di rumah pun Kevin kuajarin gerakan2nya yg masih salah. Dia rajin banget nendang2. Jadilah bapaknya sasaran tendangan mulu.




2. Kumon
Mungkin karena aku sering bilang kuman kumon kuman kumon, Kevin jd merasa bahwa itu bagaikan "janji" ku kepadanya buat ngelesin dia di situ. Tapi janji tinggal janji. Udah kususuri komplek ini, ngga juga ketemu Kumon nya di mana. Padahal dari website nya, ada dua Kumon di komplek deket rumah. Ah ya sudah lah, memang belum jodoh mungkin. Hingga suatu ketika Kevin laporan, kalo di deket sekolahnya ternyata ada Kumon. Wow, wow. Serius? Bahkan ternyata si Kumon ini sering kami lewatin tiap hari.

Maka Mama K pun mendaftar untuk coba gratis les matematika di situ. Aku pun diundang oleh Ibu Pembimbing (kaya kepala sekolahnya) utk menghadiri pertemuan antara pihak Kumon dengan calon wali murid. Di situ lah aku makin tertarik dengan sistem belajar di Kumon yang memang beda ama tempat les lain. Di Kumon, anak dikasih PR setiap hari, dimulai dari yang mudah2, terus naik level naik level. Anak bener2 diajarkan kebiasaan menyelesaikan soal matematika dengan cepat dan tepat, tanpa bantuan apapun. Tanpa alat, tanpa jari, dan tanpa trick2.Bener2 basic.

Wah ini cocok nih.
Aku sering cerita ama Kevin saat aku kelas tiga SMA aku lumayan -uhuk- jago lah matematika nya (walaupun saat kuliah bego lagi, yah namanya juga roda kehidupan selalu berputar). Guru matematika ku malah pernah memuji di depan kelas, "Ardian kaya jet, yang lain kaya bekicot!!" Fyuh, jlebbbb banget kan?

"Rahasianya apa K?" tanyaku saat menasehati. Lalu kujawab sendiri, "Papa selalu latihan soal-soal. Makin banyak soal matematika yang kamu selesaikan, makin jago kamu."
Dan Kumon seperti itu!
Apa anak ngga stress tuh dibebani PR tiap hari?
Cuma tiga belas menit kok Kevin menyisihkan waktunya buat ngerjain soal Kumon. Memang masih level mudah. Tapi kan anak berkembang, insya Allah dilatih terus dan jadi terbiasa. Alhamdulillah, hingga saat ini Kevin enjoy ikut Kumon.

***

Kalo kata Ustadz Felix Siauw, orang hebat bukan karena dia pinter, tapi karena memang sudah habits (kebiasaan), yang dilahirkan dari ayah Latihan dan ibu Repetisi. Latihan-latihan-latihan, diulang-diulang-diulang. Sejak kecil lebih bagus. Saat sudah menjadi kebiasaan maka reflek akan dihadapinya secara otomatis.Nanti kelak misalnya diganggu orang jahat (na'udzubillahi mindzalik), maka insya Allah orang yang terbiasa beladiri (Taekwondo, dalam hal ini) reflek kakinya akan menendang jbak jbuk jbak jbuk.
Kelak misalnya ujian dengan soal-soal yang baru dan banyak, maka si anak Kumon insya Allah akan lgsg reflek mengerjakan dengan cepat dan tepat seperti halnya saat di kelas Kumon.


9 komentar:

  1. om, sabeumnya namanya siapa?
    kalo dari belakang kok sekilas kayak sabeum deny...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @nienna: namanya sabeum revino, tp nama lengkapnya aku gatau

      Hapus
  2. Pasar Modern itu dimana lokasinya? Bisa tau nomor HP sabeumnya. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Irvan, Alumni ISTN teknik sipil angkatan '96. Saya pernah latihan dan ngajar bareng dengan sabeum Revino. Sabeum Revino juga Alumni ISTN sipil tapi angkatan 95.

      Hapus
    2. tulis email nya mas irvan aja di sini,
      ntar saya infokan via email

      Hapus
  3. Tolong info lokasi latihan taekwondo nya di pasar modern mana dan nomor HP nya kalo ada. Soalnya sabeum revino ini kayaknya temen saya waktu latihan di kampus ISTN Jakarta. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. minta emailnya aja mas irvan,
      ntar saya email in nomer hp sabeum revino,
      beliau nya udah kuhubungi dan seneng bisa sambung silaturahim lagi dgn mas irvan.

      Hapus
  4. Latihannya hari apa aja dan jam berapa? Thanks.

    BalasHapus