Kamis, 16 Mei 2013

Ini Cuma Soal Care

Siapa suka makan? Ngacung!
Wah sama dong aku juga suka makan. Dan karena semua pada suka makan, maka berbagi makanan sama dengan berbagi suka. Insya Allah termasuk amalan sholih dan berpahala. Maka jangan ragu2 untuk berbagi makanan.

Kalo ada kue (jatahku) di kantor, kadang kubawa pulang buat orang rumah. Yaa mungkin akan ada yg komen, "mending beli sendiri".
Ya gpp komen gitu.
Ini cuma soal care. Bukan soal pelit ga mau beli sendiri.
Saat ada makanan enak di depan kita, lalu kita mikir: ah yang di rumah kayanya bakal suka nih, maka kita bagi dengan yg di rumah. Itu aja.


Sama juga misalnya ketika di sebuah acara, lalu saat acara usai maka tuan rumah menyediakan plastik buat ibu2. "Nih ayo dibungkusin aja. Sayang masih banyak begini." serunya. Maka ibu2 tamu pun pada berkerumun untuk bawa oleh2 ke rumah.  Tentu saja yg dibawa pulang adalah memang yang kita berhak membawa pulang ya. Jangan sampe nih belum dikasih ijin ama tuan rumah, ibu2 lgsg pada berebutan gubrak gubrak gubrak tau2 piring2 pada kosong. Padahal di dalem masih ada ibu2 lain yg sejak pagi bantu2 ternyata belum kebagian.
Mereka pun mengelus dada, "Tamu ne wong sugih2, kalung e rante, tapi koyo ga tau eruh panganan."
(tamunya orang kaya2, kalung emasnya kaya rantai, tapi kok kaya ngga pernah tau makanan). Ini misalnya aja lho ya.

Pernah suatu hari dapet nasi kotak dari kantor, ngga kumakan.
Lalu temenku nanya kok ga dimakan. Aku cerita, pas tadi kubuka eh lauknya ikan goreng. Aku lgsg inget Kevin (dan mama nya), ini kan senengan dia. Maka nasi kotak kubawa pulang.
Langsung deh beliau tadi cerita2 kemana2, dgn becanda lebay mendramatisir, bergaya terharu hihihi, "Seorang bapak.." katanya. "Yang letih letih bekerja,.." temen2 di ruangan memperhatikan dia memperagakan ceritanya.
"Pas mau makan, kotak udah dibuka, eh tiba2 inget anak." Dia geleng2 kepala, sambil menarik nafas dalam-dalam. "Ini kalo jadi sinetron, penontonnya bakal berurai air mata."
Hiyaaaa pada ngakak deh tuh orang2 hahahaha.

Tentu aja mereka tertawa bukan mengejek aku yang bawa pulang makanan ke rumah. Mereka mentertawakan jokes temenku yang lucu tadi.
Ini memang sekedar cerita soal care berbagi aja ama keluarga di rumah. Kalo kita mau semua makanan yang ada di depan kita bisa kok kita hap hap hap abis, muas2in nafsu, karena mulut emang ga mau berhenti mengunyah kecuali perut kekenyangan. Padahal dalam hadits shahih yang diriwayatkan Imam Bukhari, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, "Hidangan makanan untuk dua orang seharusnya cukup untuk tiga orang dan makanan untuk tiga orang cukup untuk empat orang." 

O iya, ada cerita satu lagi yang masih berhubungan dengan care.
Suatu hari di Gramedia, ada seorang temen beli buku sudoku.
"Suka main sudoku?"
"Ngga." jawabnya. Ternyata dia mau beliin buat temennya di kantor yang dalam keadaan stroke, mau pensiun 2th lagi dan istrinya baru aja meninggal, namun walau begitu si bapak ini masih tetap semangat bekerja. Ga pernah keliatan sedih, katanya. "Beliau suka sudoku, jadi aku pengen beliin aja buat dia."
Hmmm.
Owkay, noted. 
Satu lagi pelajaran sederhana tentang care.  

Moga2 ada manfaatnya ya.
Ilal liqa'. 

3 komentar:

  1. Hmm... kalau lagi makan siang di kantor, suka tiba-tiba inget anak-anak.. pada makan apa ya mereka siang ini? Seenak yang kumakankah? Atau tidak? Beliin jangan ya? Kalo dibeliin dimakan gak ya? Akhirnya sih lebih sering gak kubeliin hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mama neyou: hahaha akhirnya kok ngga dibeliin sih?
      ya mgkn hari itu ga dibeliin, tp next day kalo ada rejeki, ajak kesitu makan bareng sekeluarga

      Hapus
  2. [IMG]http://i68.tinypic.com/13zzl3s.jpg[/IMG]


    AGEN DOMINO Terpercaya di Indonesia VIPQIUQIU99.COM Merupakan Situs dengan Server Terbaik serta Permainan yang Fair dan Nyata,

    200%(NOROBOT). Proses Transaksi Deposit & Withdraw Tercepat dengan Tingkat Keamanan Terpercaya. VipQiuQiu99.com juga Menyediakan 6

    Games yang dapat Dimainkan hanya Menggunakan Satu ID :
    - Play Domino99
    - Play AduQ
    - Play BandarQ
    - Play Poker
    - Bandar Poker
    - Capsa Susun
    - Sakong
    Untuk Deposit & Withdraw hanya Rp,20.000
    Member juga bisa mendapatkan Bonus yang sudah kami sediakan yaitu :
    - Bonus Refferal 10%+10% Setiap Jum'at
    - Bonus Turnover 0,3% Setiap Senin
    Untuk Keterangan Lebih Lanjut Atau Jelasnya Silahkan Hubungi Kami Melalui :
    - Live Chat
    - No.Hp (+85570931456)
    - Bbm (2B48B175)
    - Fecebook (VIPQIUQIU99)
    Buruan Bergabung Bersama kami Di VIPQIUQIU99.COM atau Klik Link Kami : https://goo.gl/pAGgYe dan Nikmati Berbagai Permainan Serta Promo yang telah Kami sediakan untuk Para Pecinta Judi Online!!!

    BalasHapus