Senin, 27 Januari 2014

Say Hi

say Hi
Ada sebuah rumah di komplek yg sering kulewatin jalan kaki. Kalo ada orangnya, kusapa, "Mari Pak." dan orangnya diem aja. Tapi istrinya menganggukkan kepala dan senyum ramah. Lain kali ketemu lagi, kusapa lagi, "Mari Pak." dan lagi2 orangnya cuek, dingin, tapi istrinya tetep menganggukkan kepala dengan ramah.
Apa orangnya ga ngeh kalo disapa? Tapi kok istrinya tau?
Tapi memang setiap kusapa selalu si lelaki ini dalam posisi tidak memandangi, kaya sibuk apa gitu atau kadang membelakangi. Silakan kita beri udzur yg banyak, yg baik2.

Lain hari ada orang itu dan bapaknya lg ngobrol, kusapa lagi dan dua2nya cuek. Hihihihi. Mangcab banget deh. Aku suka senyum2 sendiri, menyabar2kan diri kalo gini sambil elus dada. Sabar sabar. Next time kucoba lagi. Hingga akhirnya pas banget kami berhadap2an. Dia lagi di motor dalam posisi menghadapku, ga mungkin nengok mana2. Nah lho. "Mari Pak." sapaku.
"Iya." katanya sambil menganggukkan kepala.
Alhamdulillah ternyata ramah.
Besok2nya udah sering kusapa.



***

Di deket rumah kontrakanku sini ada anjing coklat gede yg galak. Suka keluar dari pager dan ngejar, bikin orang lari terbirit2, termasuk Mama K pernah jadi korban dikejar.
Suatu hari, si anjing gede ini papasan ama aku.
DEG!
Lgsg aku diem berdiri, pasang kuda2, dalam posisi dua tangan siap jotos. Kenapa malah diem om? Karena kalo aku lari pasti dikejar. Kalo dia nyerang, tinggal pukul kepalanya sekalian tendang perutnya sekenceng2nya. Dan ternyata anjing itu diem di tempat, cuma menggeram grr grr. Lalu aku pergi perlahan-lahan.

Di hari lain, si anjing ini nongol lagi. Kali ini, malah aku yg lari kenceng ngejar ke arahnya dengan kaki menghentak2 bikin bunyi kenceng. Gantian dia yg kabur ama gonggong2.
Lain hari ketemu lagi, dia kusapa baik2, tangan kuangkat. Ternyata si anjing udah ngga ganggu lagi, cuma melet2 doang. Mungkin merasa udah kenal.


***

Tadi siang jalan kaki sendirian mau ke ATM. Di belakangku ada suara anak kecil,
"Pak kok sendiriiiian Pak?"
"Pak kok sendiriiiian Pak?"
Eh lucu banget suaranya. Nyapa siapa sih? Pas aku nengok eh ada anak kecil cewek lagi nyapa kucing.
Hahaha rupanya bukan cuma aku doang yg suka nyapa binatang.

***


Suatu hari sehabis nyapa satpam di gerbang komplek, aku ketawa2 sendiri.
K: kenapa Pa?
Aku : engga, itu tadi, satpam nya kusapa tapi diem aja
(cuma ngeliatin dingin dan ketus)
K: emang gitu Paaa, gapapa, godain aja
Aku: Hweh?
K: Aku juga sering digituin, terus kugodain aja muka lucu2, melet2in gitu, akhirnya orangnya juga ketawa.
Gapapa, Pa, emang begitu (orangnya).
-Kevin menasehati serius, hahaha. Lha moso aku yo niru melet2in satpam, K-

***


Ada mas2 berkopiah haji dan jenggotan, celananya cingkrang, selalu ke masjid bawa anak kecil belum dua tahun. Anaknya lucu, kadang ditidurin di depannya.
Walau selalu ketemu di masjid, tapi udah almost enam bulan di sini belum pernah bisa kusapa, susah beradu pandang dan dia agak menyendiri.
Akhirnya kemarin papasan juga ama dia di jalan. Dia lagi duduk di motor parkir, aku pas jalan kaki bersama K dan mamanya.
"Assalamualaikum." kataku. Dia bales, "Wa'alaikumsalam."
"Eh Abang.." katanya nyapa Kevin.

Lho..
Sst K, kok (orang itu) udah kenal ama kamu?
Kata Kevin, "Iya, lha wong omong2an kok ama aku.
Dia itu guru ngaji Pa, ngajar di sana dan di sini, rumahnya deket pasar sana, ada gang kecil belok."
"Emang siapa yang nyapa duluan pertama kali?" tanyaku penasaran.
"Aku." jawab Kevin, "Aku yang nanya nama anaknya siapa? Umur berapa?"
Hihihihi ternyata Kevin lebih supel daripada aku.

***

Senyum, sapa, dan salam.
Bagian dari sedekah yang mudah sebenernya, kalo kita mau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar